Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Islam Syarifurrahman

Butuh Dukungan Keluarga untuk Kesembuhan Pasien

Edukasi | Sunday, 28 Aug 2022, 16:57 WIB

Saat ini marak ditemukan pasien-pasien yang ditinggalkan keluarganya karena memiliki penyakit kronis maupun pasien yang mengalami gangguan kejiwaan. Banyak anggota keluarga yang enggan untuk merawatnya karena beranggapan bahwa penyakitnya akan berlangsung lama dan pesimis terhadap kesembuhan. Mengapa terjadi demikian padahal supporting utama untuk mempercepat kesembuhan pasien adalah dari keluarga.

Sebuah penelitian yang dikutip dari laman Psychologi Today menyebutkan, manusia adalah makhluk sosial, jadi tidak mengherankan jika kita terhubung untuk membantu satu sama lain, salah satunya adalah saling memberi dukungan antarkeluarga. Ilmu juga saraf telah menunjukkan bahwa memberi adalah cara yang ampuh untuk menciptakan lebih banyak kegembiraan pribadi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dukungan keluarga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pasien. Salah satu faktor pendukung keberhasilan pelayanan keperawatan adalah dengan melibatkan keluarga pasien. Dukungan keluarga yang dimaksud berupa dukungan informasional, emosional, pengharapan dan dukungan harga diri.

Hasil studi di Amerika Serikat terhadap sejumlah pasien dengan penyakit gagal ginjal kronis, didapat bahwa dukungan keluarga dapat meningkatkan kesehatan pasien yang sedang menjalani terapi hemodialisa dipengaruhi oleh faktor geografis, status sosial ekonomi dan kebudayaan pada pasien gagal ginjal kronis.

Dukungan yang dimiliki oleh seseorang dapat mencegah berkembangnya masalah akibat tekanan yang dihadapi. Seseorang dengan dukungan yang tinggi akan lebih berhasil menghadapi dan mengatasi masalahnya dibanding dengan yang tidak memiliki dukungan.

Dukungan keluarga juga sangat berkaitan dengan kualitas hidup seseorang. Hal ini dikarenakan kualitas hidup seseorang merupakan suatu persepsi yang hadir dalam kemampuan, keterbatasan, gejala serta sifat psikososial hidup individu baik dalam lingkungan budaya dan nilai dalam menjalankan peran serta fungsi seharusnya.

Dukungan keluarga yang baik dapat membuat pasien merasa lebih nyaman, dan tenang sehingga mencapai proses adaptasi, faktor lingkungan terdapat hubungan pada keluarga yang menjadi stimulus dan dapat mengurangi tingkat kecemasan pada pasien kanker melalui dukungan yang telah diberikan.

Tanpa dukungan keluarga pasien akan sulit sembuh, mengalami perburukan dan sulit untuk bersosialisasi. Dukungan keluarga sangat memainkan peran yang bersifat mendukung selama penyembuhan dan pemulihan anggota keluarga yang sakit.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image