Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Euis samsiah

Menumbuhkan Rasa Empati terhadap Tanaman

Guru Menulis | Sunday, 28 Aug 2022, 15:49 WIB

MENUMBUHKAN RASA EMPATI TERHADAP TANAMAN

Tanaman merupakan salah satu ciptaan allah yang bias hidup dan mati. Tanaman juga memiliki arti sebagai tumbuhan, tanaman sangat berguna bagi manusia karena tanaman dapat menghasilkan oksigen yang berguna untuk kita bernafas, dan sebagai bahan makanan.

Namun banyak anak yang belum mengerti tentang tanaman , bukan tidak mengerti akan jenis tanaman nya. Karena jika kita Tanya tentang jenis tanaman mereka pasti tau yang mana tanaman sayuran, tanaman buah-buahan, dan tanaman hias. Tetapi mereka tidak mengerti apa sih arti dari tanaman untuk kita dan apa yang harus kita lakukan terhadap tanaman.

Dari masalah di atas saya mulai mengajarkan kepada anak didik saya di PAUD tentang tema tanaman. Yang pertama yang kami bahas di tema tanaman ini yaitu apa itu tanaman. Saya pun muali berdiskusi dengan anak-anak dengan cara Tanya jawab seperti, “apa itu tanaman” meraka pun menjawab ada yang menyebutkan bahwa tanaman itu pohon, ada yang menyebutkan tanaman itu bunga dan banyak lagi yang mereka sebutkan.

Mendengar mereka menyebutkan tanaman di atas saya tersenyum, dari sini saya menyimpulkan bahwa mereka itu sudah tau tentang jenis tanaman.Namun mereka belum tau apa itu arti tanaman bagi manusia. Lalu saya mulai menjelaskan bahwa yang mereka sebutkan tadi adalah jenis tanaman, dan saya menjelaskan bahwa tanaman itu makhluk hidup sama dengan kita, bisa bertumbuh dan hidup, bisa juga mati.

Mereka mulai berpikir dan bertanya “ ibu memangnya tanaman bisa hidup dan mati “ saya menjawab “ ya tanaman bisa hidup dan mati teman-teman” lalu saya mengajak anak untuk keluar dari kelas dan melihat tanaman di sekitar sekolah.Setelah kami berada di halaman sekolah saya mengambil salah satu tanaman yang hidup dan salah satu tanaman yang mati, lalu saya bertanya “ coba kita lihat dua tanaman ini ada yang hidup dan ada yang mati, kenapa yaa.. tanaman yang ini bisa hidup, sedangkan yang ini mati “ ucap saya sambil menunjukan tanaman tersebut, semua anak terdiam mereka memperhatikan tanaman tersebut.

Kemudian saya kembali menjelaskan tentang tanaman yang hidup. Tanaman ini bisa hidup kerena kita rawat dengan cara di siram setiap pagi lalu tidak lupa juga di beri pupuk agar tumbuh dengan subur. Kemudian saya kembali bertanya kepada anak-anak tentang tanaman yang mati “ coba sekarang ibu mau Tanya kenapa tanaman ini bisa mati” dengan penjelasan tadi meraka mulai mengerti dan menjawab bahwa tanaman yang mati itu karena tidak disiram sehingga jadi kering.

Selanjutnya saya mulai menjelaskan juga apa kegunaan tanaman bagi manusia dan kenapa kita harus merawat nya. Kegunaan tanaman bagi manusia itu selain menghasilkan buah dan sayur untuk dimakan tanaman juga berguna untuk manusia karena tanaman adalah sumber oksigen yang kita hirup. Kita bernafas itu menghirup oksigen dan oksigen itu berasal dari tananam.

Maka dari itu kita sebagai manusia yang sangat membutuhkan oksigen Kita tidak boleh merusaknya tatapi harus merawat nya. Selanjutnya setelah saya menjelaskan hal tersebut saya kemudian mengajak anak untuk menyiram tanaman tersebut dan membersihkan halaman sekolah. Selain itu saya juga mengajak meraka untuk membersihkan tanaman yang sudah mati dan mengganti nya dengan menanam tanaman yang baru.

Mereka sangant antusias sekali dalam melakukan kegiatan tersebut. Selain mengajak mereka untuk menyiram dan menanam saya juga mengajak mereka untuk bernyanyi lagu tentang merawat tanaman

“ biji di tanaman, tumbuh tunas,

tunas di siram tumbuh akar

akar disiram tumbuh batang

batang disiram tumbuh daun

pohon di pupuk dengan teratur akan tumbuh berkembang

makin lama makin besar..tumbuh bunga menjadi buah”

Teman-teman sekarang sudah paham kan kenapa kita harus merawat tanaman dan tidak merusaknya. Yuk kita sayangi dan rawat tanaman agar bumi kita selalu indah dan segar karena jika kita tidak merwat tanaman maka udara yang kita hirup akan menjadi tidak sehan dan tercemar. Terimakasih teman-teman karena sudah mau merwat tanaman yang ada di sekolah, dan jangan lupa juga untuk merwat tanaman yang ada di rumah teman-teman yaa dengan cara menyiram nya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image