Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ayu Andriasih

Emas Menyelamatkan Uangmu

Edukasi | Sunday, 28 Aug 2022, 11:40 WIB

Emas Menyelamatkan Uangmu

Sadarkah anda semakin hari harga-harga bahan pokok kian melambung, uang 100 ribu tahun lalu bisa kita gunakan untuk membeli beberapa bahan pokok seperti beras, gula, teh, minyak goreng, telor dan kebutuhan pokok lainnya, namun sekarang uang 100 ribu seakan tak ada nilainya lagi. lebaranTahun 2021 uang 50 ribu rupiah masih bisa kita gunakan untuk membuat parsel lebaran. Dengan uang sebesar 50 ribu rupiah kita telah mendapatkan 1 kilo gula pasir, 2liter minyak goreng, 1 kotak teh tubruk, dan sekaleng kue kering. Sudah sangat pantas untuk berkunjung ke keluarga atau saudara kita di hari raya. Namun untuk tahun ini apakah kita bisa membeli semua barang tersebut dengan jumlah uang yang sama? Tentu tidak, semua harga bahan pokok telah melambung tinggi. Uang 50 ribu rupiah yang tahun lalu bisa kita gunakan untuk membeli parsel lebaran untuk keluarga maupuun saudara kita sekarang tak cukup lagi.

Kemanakah nilai uang kita? Ya inflasi

Inflasi sangatlah nyata. Lalu bagaimana kita yang memiliki uang lebih. Bagaimana nasib uang yg kita simpan? Bayangkan saja jika kita telah menyimpan uang selama 5 tahun. Katakanlah kita telah menyimpan uang 10juta sejak tahun 2017. Apakah uang itu masih sama nilainya? Tentu tidak. Pada bulan agustus tahun 2017 dengan uang senilai 10 juta rupiah kita sudah dapat membeli emas murni kurang lebih 16 gram. Sedangkan di tahun 2022 ini dengan uang 10 juta tersebut kita hanya dapat membeli emas murni sebanyak 11 gram saja. Jadi harga emas yang naik atau nilai uang kita yang berkurang? Tentu kita sudah mendapatkan jawabnnya ya.

Tak heran jika banyak org kaya dan investor yang menyimpan emas. Sudah sejak berabad-abad lalu emas telah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai save heaven atau alat untuk melindungi aset. Waktu telah membuktikan bahwa emas merupakan pilihan terbaik untuk berinvestasi jangka panjang. Selain sebagai simpanan, emas yang kebal terhadap inflasi emas juga dapat digunakan untuk berhias yaitu dalam bentuk perhiasan. Ada beberapa bentuk emas yang ada di pasaran, seperti: Emas batangan, emas perhiasan, emas granule, dan koin emas.

Dikalangan masyarakat Indonesia perhiasan masih menjadi pilihan terbanyak dalam menyimpan emas sebab perhiasan dapat digunakan untuk berhias, bahkan masih banyak orang yang beranggapan bahwa semakin banyak perhiasan yang dipakai maka semakin kaya pula orang tersebut. Banyak pilihan perhiasan yang dapat di beli seperti gelang, kalung, cincin, giwang atau anting, bahkan pada masa pendemi ini tidak sedikit toko emas yang menyediakan tali masker yang terbuat dari emas. Sempat menjadi trand di akhir tahun 2020 sampai saat ini masih ada yang menggunakan tali masker dari bahan emas tersebut.

Begitu banyak ragam dan bentuk emas perhiasan dengan berbagai kadar akan semakin menambah pilihan kita dalam menyimpan uang kita dalam bentuk emas. Kadar emas yang sering kita temui di pasaran antaralain : 24k (99%), 23k (95,8%), 22k (91,6%), 21k (87,5%), 20k (85%), 18k (75%) 16k (70%), 10k (41,9%), 8k (37,5%), 6k (30%). Harga perhiasan tententu akan sangat variatif sesuai dengan kadar dan juga sesuai modelnya.

Beberapa tahun terakhir ini sudah mulai banyak masyarakat yang menyimpan emas dalam bentuk batangan. Selain PT. ANEKA TAMBANG milik Negara, ada beberapa perusahaan swasta yang memproduksi emas batangan. Dengan desaign yang semakin unik. Seperti PT. UNTUNG BERSAMA SEJAHTERA, PT. HARTADINATA, Dan masih banyak lagi. Gramasinya pun kian banyak pilihan mulai dari 0,01gr. Sejak menjamurnya gaya menabung dengan emas bahkan tak banyak generasi milenial yang menggunakan emas sebagai gift atau hadiah. Semakin unik bentuk dan desaignnya emas batangan semakin menarik pula minat masyarakat untuk membeli dan menyimpan emas batangan, maka sudah menjadi hal yang wajar jika kitamendapati kado dari orang terkasih kita berupa emas batangan.

Emas menyelamatkan uangmu. Ya, judul ini penulis ambil dari beberapa fenomena di sekitar penulis yang kehilangan nilai uang yang telah disimpan selama bertahun-tahun. Apapun bentuknya emas yang anda simpan, beberapa tahun kedepan nilainya tidak akan tergerus oleh jaman. Jadi, sudahkah anda menyelamatkankan uang anda? Bijaklah dalam menggunakan dan menyimpan uang. Jangan sampai kerja keras kita hanya akan habis tergerus inflasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image