Umar Bin Khathab Manusia Yang Ditakuti Masuk Islam Karena Mendengarkan Alquran

Image
irman muhammad ridwan
Eduaksi | Sunday, 28 Aug 2022, 07:54 WIB
oleh : Irman Muhamad Ridwan,SHI,MPdI

Kisah Umar Bin Khatab Manusia Yang di Takuti Masuk Islam Karena Mendengarkan Alquran

Umar Bin Khathab sebelum masuk islam manusia yang sangat keras dan kejam menentang dakwahnya Rasulullah SAW, dia sangat ditakuti oleh orang-orang pada zamannya namun setelah masuk islam berbalik sepenuhnya mendukung dengan garda terdepan membela dakwah Rasulullah SAW sehingga Rasulullah SAW merasa aman karena Umar Bin Khatab telah masuk islam, ternyata beliau masuk islam karena mendengar Alquran sebagai mukjizat sehingga Umar Bin Khatab masuk islam.

Umar bin Khathab adalah premannya masyarakat quraisy pada waktu itu. Orang-orang quraisy mendengarkan namanya saja sudah takut apalagi bertemu dengan orangnya. Umar sebelum masuk islam kebiasaannya mabuk-mabuk, membunuh, bahkan pernah mengubur hidup anak perempuannya.

Kebiasaan masyarakat quraisy adalah minuman keras. Minuman keras seperti biasa saja seperti minuman biasa saja, setiap perkelahian selalu dimenangkan oleh umar dan paling parah adalah ketika mempunyai anak perempuan merasa hina sehingga anak perempuan yang baru lahir selalu dikubur hidup-hidup.

Menyembah berhala adalah peribadatan musrikin qurais, mereka itu percaya kepada Allah SWT namun berhala tersebut itu sebagai perantara peribadatan kepada Allah SWT. Jumlah berhala 365 berhala rajanya berhala diantaranya Manat dan Hubal. Umar adalah pendukung berat sebagai penyembah berhala sebelum masuk islam terkenal ganas membenci Rasululullah SAW dan menghalangi dakwah Rasulullah SAW berkeinginan untuk membunuh Rasulullah SAW.

Suatu ketika umar berencana ingin membunuh Rasulullah SAW. Rasulullah selalu berdo’a kepada Allah SWT supaya umar bin khatab diberikan hidayah supaya masuk islam. Masyarakat quraisy sering berkata-kata mustahil sekali kalau umar akan masuk islam.

Dalam perjalanan diberitahukan oleh msyarakat quraisy bahwa saudara sepupu dan adiknya masuk islam. Umar bin khatab setika marah, mukanya memerah sehingga darahnya memanas mencari saudara sepupu dan adiknya.

Pulanglah umar ke rumahnya untuk mencari adiknya dan saudara sepupunya. Ketika sampai dirumah terdengarlah lantunan Alquran dengan merdunya dibacakan oleh adiknya yakni surat Thaha. Adik perempuannya bernama Fatimah dan suadara sepupu atau anaknya paman bernama sa’ad.

Umar tidak percaya saudaranya dan adik perempuannya masuk islam namun ketika adiknya melantunkan Alquran dan umar mendengarkan diluar rumah betul bahwa adiknya itu masuk islam.

Kemudian umar mengetuk pintu, adiknya sangat ketakutan sekali lalu umar masuk. “betulkah kamu sudah masuk agamanya Muhammad?” umar sambil nada bersedih dan telah turun hidayah dari Allah SWT membalikan hati umar berkeinginan masuk islam. “ Betul aku telah bersyahadat dan Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah SWT dan Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah SWT” kata Fatimah adiknya umar bi khatab.

Antar aku untuk menemui Rasulullah SAW. Berangkatlah umar dan adiknya untuk menemui Rasulullah SAW. Ketika Sampai ke rumah Rasulullah SAW. Umar menemui Rasulullah SAW dan kemudian bersyahadat dan masuk islam.

Setelah umar masuk islam berbalik asalnya menjadi penentang Rasulullah SAW sekarang menjadi garda terdepan atau bekingnya Rasulullah SAW. Umar adalah salah satu sahabat setia Rasulullah SAW.

Umar adalah salah satu khalifah pengganti Rasulullah SAW menjadi pemimpin yang disegani dan dicintai oleh masyarakatnya kerena keadilan dan kecintaannya kepada Rakyatnya. Setan pun menyingkir kalau umar berjalan dijelaskan dalam keterangan hadis Rasulullah SAW. Selain disegani dikalangan manusia di takuti oleh bangsa setan karena kesholehan dan ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Demikian pemaparan kisah umar bin khatab manusia yang ditakuti oleh masyarakat quraisy sebagai penentang dakwah Rasulullah SAW namun berbalik ketika masuk islam mendapatkan hidayah karena mendengarkan Alquran yang dibacakan oleh adiknya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pastikan Dapur Dalam Keadaan Bersih, Lapas Purwokerto Lakukan Inspeksi Hygiene Sanitasi

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Menelaah lebih dalam mengenai Konsep dalam Bisnis Syar'iah

Image

Tambahan Pelunasan Utang Karena Ta'widh dalam Ekonomi Syariah apakah Termasuk Riba?

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Rori Perwira Jadi Calon Kuat Ketum Imarindo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image