Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Imigrasi Muara Enim

Imigrasi Muara Enim Peroleh Kenaikan PNBP dari Paspor

Info Terkini | Friday, 26 Aug 2022, 11:56 WIB

Pagar Alam - Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel kembali bertambah. Peningkatan jumlah PNBP ini diperoleh salah satunya melalui penerbitan paspor pada Layanan 3 In 1 "SI MAMAT" (Imigrasi Manjakan Masyarakat) yang diselenggarakan pada Kamis (25/08/2022) di Kantor Badan Kesbangpol Kota Pagar Alam.

Petugas Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel melayani pemohon paspor pada kegiatan Si Mamat di Pagar Alam (Dok. Humas Imigrasi Muara Enim)

Layanan Inovasi 3 In 1 "SI MAMAT" ini merupakan layanan paspor yang dilaksanakan secara jemput bola di lokasi yang bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Saat ini Kanim Muara Enim telah melaksanakan Layanan Si Mamat di 4 kabupaten dan kota yang berada di Sumatera Selatan, yaitu Kota Pagar Alam, Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Rawas Utara, dan Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha menjelaskan Layanan Si Mamat di Kota Pagar Alam kali ini berlangsung dari pukul 08.00 - 16.00 WIB dan telah melayani sebanyak 39 permohonan. "Dari Si Mamat kemarin, ada 33 permohonan paspor baru dan 6 permohonan paspor penggantian habis berlaku."

Made Hepi menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Layanan Si Mamat ini adalah sebagai langkah progresif dalam upaya peningkatan jumlah penerbitan paspor dan penerimaan PNBP di tengah masa pandemi Covid-19.

Latar belakang diadakan kegiatan Layanan 3 In 1 Si Mamat adalah untuk mengakomodir pemohon yang tidak terjangkau oleh Kantor Imigrasi Muara Enim dikarenakan jarak dan pandemi Covid-19.

"Seperti yang kita ketahui, semenjak pandemi Covid-19 jumlah permohonan paspor ini menurun dikarenakan adanya pembatasan bepergian dan keluar masuk wilayah Indonesia. Dengan menurunnya jumlah kasus aktif saat ini dan sudah dibuka kembali perbatasan dan penerbangan internasional, jumlah pemohon paspor semakin meningkat terutama yang bertujuan untuk ibadah umroh. Kita adakan Layanan Si Mamat ini untuk mengakomodir permohonan yang melonjak ini." jelasnya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus mengatakan Layanan Si Mamat sudah diadakan selama hampir 1 tahun dan telah berkontribusi dalam kenaikan PNBP dan pemulihan ekonomi nasional. "Layanan Inovasi 3 In 1 Si Mamat ini adalah salah satu inovasi yang mengantarkan Kanim Muara Enim meraih WBBM. Saya sangat bangga bahwa pada tahun 2021 Kanim Muara Enim merupakan satu-satunya UPT di bawah Kanwil Kemenkumham Sumsel yang mendapat predikat tersebut dari Menpan-RB." ungkapnya.

Dalam kesempatan terpisah Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto mengapresiasi Layanan Si Mamat di Kota Pagar Alam kali ini. Lebih lanjut Harun Sulianto berkomitmen jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel siap memberikan pelayanan publik yang efisien, cepat dan tepat sesuai SOP yang telah ditetapkan dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku.

Sumber: kanimmuaraenim.kemenkumham.go.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image