Melalui IDX Incubator Bursa Efek Indonesia Dorong UKM Go Public

Image
Hamdani
Bisnis | Sunday, 28 Nov 2021, 13:28 WIB
Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Aceh, Dr. Thasrif Murhadi, MM. (Dok DPMPTSP).

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Aceh, Dr. Thasrif Murhadi, SE, MM menyebut Indonesia Public Offering (IPO) bukan hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar, namun juga bisa untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Justru, dengan IPO UKM tersebut berpotensi untuk semakin maju dan bisnisnya bisa scale up.

Banyak manfaat yang diperoleh oleh perusahaan yang ingin go public, diantaranya; pendanaannya tidak terbatas, dapat meningkatkan kinerja, meningkatkan citra perusahaan, profesionalisme dan loyalitas karyawan, likuiditas untuk pemilik karyawan dan investor, mempercepat penerapan GCG (Good Corporate Governance), menciptakan kemandirian perusahaan, insentif pajak, mendapatkan mitra usaha strategis, meningkatkan nilai perusahaan, dan menjaga keharmonisan perusahaan keluarga.

PT BEI sejak tahun 2017 agresif mendorong agar lebih banyak perusahaan di Indonesia yang dapat mengajukan IPO di pasar modal. Guna mewujudkan hal itu, BEI telah membentuk IDX Incubator untuk membantu perusahaan atau UKM yang ingin go public.

IDX Incubator merupakan program yang diinisiasi oleh BEI untuk mendukung sekaligus mengembangkan perusahaan dengan skala kecil dan menengah agar menjadi bagian dari Perusahaan Tercatat di BEI.

Beberapa program yang akan diberikan di IDX Incubator berupa pelatihan (training), bimbingan (mentoring), akses pendanaan (funding access) serta penyelenggaraan acara (event) yang berkaitan dengan startup.

Sedangkan tahapan pelatihan dari program IDX Incubator antara lain Idea Validation di mana peserta akan memvalidasi ide atau proyek yang sedang dirintis menjadi ide atau proyek yang dapat dikembangkan menjadi suatu produk yang memiliki prospek bisnis.

Setelah itu, memasuki Product Development, di mana peserta mengembangkan ide atau proyek yang telah divalidasi menjadi produk yang siap diluncurkan kepada masyarakat, serta tahap Business Development di mana peserta akan diberikan pelatihan untuk membangun bisnis, mengembangkan bisnis, dan pengetahuan tentang Go Public.

Data IDX per tanggal 17 Februari 2021, total binaan IDX Incubator sebanyak 114 binaan yang berasal dari beberapa kota besar di Tanah Air. Rinciannya, sebanyak 52 binaan berasal dari Jakarta, 24 dari Bandung, dan 28 berasal dari Surabaya.

Guna menjalankan program IDX Incubator, Bursa Efek Indonesia bekerjasama dengan beberapa pihak profesional yaitu konsultan hukum, venture capital, kantor akuntan publik, dan lain-lain. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suara Rakjat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

5 Destinasi Wajib Dikunjungi Saat Pariwisata Pulih

Image

Bapas Kelas II Musi Rawas Utara Gelar Pelatihan FMD

Image

YTMP3: Download YouTube Jadi MP3 Converter Terbaik 2022

Image

Jadwal Balapan MotoGP Italia 2022 Pekan Nanti, Ada Free Practice, Kualifikasi, Hingga Race

Image

GB Whatsapp Pro Apk Terkini Tempelkan Link Download (GB WA) Di HP Android

Image

Download YouTube MP4 to MP3 Paling Populer di Y2Mate

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image