Kampanye Secangkir SemangatKu untuk Indonesia Kopi Kapal Api
Info Terkini | 2022-08-22 22:29:55Kisah lahirnya Kapal Api dimulai pada tahun 1920. Seorang imigran Tionghoa bernama Go Soe Loet tinggal di Hindia Belanda bersama dua orang bersaudara, Go Bie Tjong dan Go Soe Bin. Ia memulai bisnis kopi bubuk Hap Hoo Tjan di Jl. Pasar Pabean, Surabaya. Penjualan kopi bubuk dilakukan dengan sepeda keliling desa dan pelabuhan Tanjung Perak. Pelanggan utama mereka adalah para pelaut dan masyarakat sekitar pelabuhan. Karena itu, muncul sebuah inspirasi Soedomo untuk memulai sebuah perusahaan kecil pembuat kopi yang logonya adalah kapal api yang mencerminkan harapan baru, semangat juang dan kemajuan teknologi. Pada saat itu, kapal api merupakan bukti kemajuan teknologi dengan segala penyempurnaan sehingga harus dianggap sebagai kemewahan. Kapal sendiri merupakan alat transportasi yang dipahami membawa harapan baru bagi dunia perdagangan.
Tumbuhnya kopi Kapal Api di Surabaya justru membuat Go Soe Loet dan saudara-saudaranya memutuskan kemitraan. Akhirnya, aset bisnis harus dibagi. Go Soe Loet sendiri juga memiliki pabrik penggorengan kopi. Go Soe Loet memiliki 5 anak: Indra Boediono, Soedomo Mergonoto, Singgih Gunawan, Lenny Setyawati dan Wiwik Sundari. Untuk melanjutkan perdagangan kopi, ia juga mengundang Indra dan Soedomo. Meski Kopi Hap Hoo Tjan berhenti beroperasi, Soedomo tetap membangun PT Santos Jaya Abadi pada 1979.
Kopi Kapal Api adalah kopi instan dalam bentuk kemasan yang dapat diseduh langsung dan menghemat waktu. Kapal Api Menggunakan 100% Kopi Murni dikemas secara kedap udara. Terbuat dari biji kopi pilihan untuk menghasilkan kopi bubuk berkualitas. Kapal Api dikemas dalam kemasan kedap udara untuk mempertahankan rasa dan aroma terbaik sehingga bisa mendapatkan kesegaran dan arom-aroma kopi.
Di Indonesia, sudah menjadi kebiasaan untuk mengkonsumsi produk Kapal Api mulai dari kalangan muda hingga kalangan yang sudah tua. Kopi kapal api biasa dikonsumsi saat pagi hari untuk memulai hari yang panjang, dan saat sore hari untuk membantu agar tetap segar untuk menjalani hari.
Kampanye yang dilakukan bertepatan dengan dirgahayu Republik Indonesia ke-77 menggunakan pendekatan spokesperson karena menggunakan endorser, yaitu Fajar Alfian, Ayu Gani, Rendy Pandugo, Taufik Noor, Aly, Erpan Wiguna, Firman Istanto. Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang kampanye “Secangkir SemangatKu Untuk Indonesia” Selanjutnya, menggunakan pendekatan demonstration karena dalam iklan tersebut menunjukan keunggulan dalam produk atau cara menkonsumsinya. Sedangkan, menggunakan pendekatan Emotional Touch karena iklan dapat mempengaruhi emosi dan perilaku dari yang melihat maka faktor ini penting untuk di pertimbangkan.
Karena dengan bertepatannya dengan dirgahayu Republik Indonesia ke-77 Kapal Api termasuk perusahaan yang membuat iklan dengan jenis iklan taktis atau Tactical ad yang digabungkan dengan iklan layanan masyarakat atau public servixce marketing.
Iklan taktis memiliki penawaran khusus jangka pendek agar konsumen dapat memberikan respon pada hari yang sama. Iklan taktis hanya tayang dalam periode tertentu/jangka waktu tertentu .
Sedangkan iklan layanan masyarakat terdapat unsur kampanye didalam iklanya yang mengajak, bertanya, atau menghimbau masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan sebuah tindakan untuk melakukan atau tidak melakukan untuk kepentingan umum atau merubah perilaku dan pola pikir dari yang tidak baik menjadi baik.
Tagline yang digunakan #SecangkirSemangatKu ini sangat bagus untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk semangat dalam kesehariannya. Karena jika dilihat dari kejadian sebelumnya dimana Indonesia yang terkena wabah Covid-19 dan sekarang mulai bangkit kembali untuk menjadi Indonesia yang lebih hebat.
Dikutip dari postingan pada akun instagram @kapalapi_id “ Teman ngopi, ayo tunjukkan semangatmu dengan ikutan “Secangkir Semangat untuk Indonesia”.Dan mencari audiens dengan mengadakan sebuah event berhadiah untuk ikut serta dalam meramaikan suasana dirgahayu HUT RI ke-77 dan tidak sedikit yang mengikuti event berhadiah itu untuk meramaikan suasana.
Menggiring afeksi konsumen sangat lah penting karena sumber yang atraktif cenderung bisa menambah perhatian yang lebih tinggi maka dari itu Kapal Api menyisipkan kata-kata yang memiliki kredibilitas yang tinggi pada iklannya .
Dikutip dari postingan lain pada instagram @kapalapi_id, “Indonesia itu kita, tempat kita menoreh cerita. Siapapun Kita, latar belakang dan mimpi kita, mari membuat Indonesia jadi lebih hebat. Secangkir semangat kami, untuk Indonesia.”Bila dilihat terdapat pesan-pesan yang disampaikan dari pihak kapal api yang ditujukan untuk seluruh rakyat indonesia yang menggunakan sosial media, Bisa disederhanakan menjadi walaupun ada perbedaan, semangat kami hanya untuk Indonesia menjadi lebih hebat.
Sekarang ini kapal api sudah banyak memberikan sebuah invosi baru seperti rasa yang baru, dan produk baru seperti produk kapal api signature yaitu produk siap minum dalam kemasan botol sehingga lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.
Tujuan dilakukannya kampanye ini yaitu untuk meningkatkan awareness pada publik kepada produk Kapal Api itu sendiri dan memberikan ajakan kepada seluruh kalangan untuk tetap semangat dengan pesan-pesan yang baik.
Dari beberapa penjelasan diatas kita dapat mengetahui seberapa besar pengaruh iklan bagi perusahaan dan juga bagi konsumennya. Iklan dalam Youtube memberikan sebuah video, yang meniggalkan kesan realistis bagi yang melihatnya. Berbeda dengan media cetak yang hanya memperlihatkan gambar saja saat membuat iklan tertentu.
(Penulis merupakan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.