Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rini Novita Sari

Ini Dia Fungsi Jantung dan Cara Memelihara Kesehatan Jantung

Gaya Hidup | Sunday, 21 Aug 2022, 19:49 WIB

Tahukah Anda bahwa penyakit jantung menjadi penyumbang kematian terbesar kedua setelah stroke? Penyakit ini tidak hanya diderita orang tua saja, banyak anak muda juga rentan karena pola hidup yang tidak sehat. Karena itu Anda harus tahu cara memelihara kesehatan jantung dengan baik.

https://pixabay.com/id/photos/stetoskop-ekg-elektrokardiogram-4820535/

Organ vital di dalam tubuh ini memiliki beragam fungsi kehidupan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup setiap orang. Hal itu terlihat dari fungsi utamanya sebagai sistem pusat dalam peredaran darah. Sedikit saja fungsi dari jantung terganggu, maka akan berpengaruh terhadap seluruh aktivitas organ tubuh lainnya.

Nah, simak pentingnya fungsi dan cara merawat kesehatan jantung yang tepat berikut!

Fungsi Jantung Terhadap Tubuh

Peran penting jantung terhadap tubuh ini terlihat dari fungsinya sebagai pusat peredaran darah. Dimana darah sendiri berperan dalam mendistribusikan oksigen dan semua nutrisi ke seluruh tubuh. Sehingga setiap sel dan jaringan bisa bekerja secara normal sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Jantung mengalirkan oksigen yang dibawa dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jantung pula yang membersihkan hasil dari metabolisme dan membawanya untuk dibuang melalui jaringan paru-paru. Hasil metabolisme tersebut dalam bentuk karbondioksida yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh.

Jantung juga bekerjasama dengan sistem pencernaan untuk mengambil setiap nutrisi yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi. Nutrisi tersebut akan dibawa darah dan dipompakan ke setiap sel tubuh yang membutuhkannya.

Namun, ketika fungsi jantung mengalami gangguan, maka akan menimbulkan gangguan terhadap fungsi tubuh lainnya. Seperti ketika terjadi infeksi otot jantung, penyempitan pembuluh darah, meningkatnya tekanan darah, dan lain sebagainya akan menimbulkan banyak masalah terhadap tubuh.

Penurunan fungsi jantung tersebut dipengaruhi oleh banyak sekali faktor. Mulai dari pola makan, pola tidur, stress, usia, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah Anda harus tahu cara memelihara kesehatan jantung dengan baik. Sehingga jantung Anda akan selalu sehat, dan bisa bekerja sesuai dengan fungsinya yang sangat vital terhadap tubuh.

Cara Memelihara Kesehatan Jantung dengan Tepat

Untuk menjaga kesehatan jantung sebenarnya tidaklah sulit. Anda cukup menjaga pola makan, pola tidur, olahraga, menghindari stress, dan mengkonsumsi makanan nutrisi sehat.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki faktor risiko yang besar, perlu untuk mengkonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan jantung. Suplemen ini akan memberikan efek positif pada fungsi jantung.

Nah, apa saja suplemen untuk kesehatan jantung tersebut?

Resveratrol

Resveratrol adalah salah satu jenis antioksidan dalam bentuk polifenol yang bisa menjaga tubuh dari radikal bebas. Beberapa makanan yang mengandung resveratrol ini seperti anggur, beri, cokelat hitam, hingga wine. Zat ini berada di bagian kulit dan biji dari buah-buah tersebut.

Namun, zat ini lebih efektif digunakan dalam bentuk suplemen. Karena dalam bentuk ini, resveratrol memiliki jumlah konsentrasi yang lebih tinggi.

Adapun manfaat dari resveratrol adalah sebagai berikut:

- Mampu menurunkan tekanan darah.

- Menjaga kesehatan otak karena faktor usia.

- Menjaga kestabilan kolesterol dalam darah.

- Mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

- Meningkatkan kinerja insulin yang bisa mencegah diabetes.

Koenzim Q10

Zat ini merupakan cardiovascular protective atau zat yang melindungi sistem peredaran darah dalam bentuk antioksidan yang bisa ditemukan di setiap sel tubuh manusia. Q10 ini seperti vitamin yang membantu pertumbuhan, pemeliharaan, dan perlindungan terhadap sel-sel tubuh.

Namun, semakin bertambah usia, jumlah Q10 ini semakin menurun. Untuk memenuhi kebutuhannya sebenarnya ada di beberapa jenis makanan, seperti ikan, kacang-kacangan, dan daging. Hanya saja jumlahnya sangat sedikit dan tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan zat ini harus dikonsumsi dalam bentuk suplemen koenzim Q10, atau biasa disebut ubiquinone.

Suplemen ini banyak digunakan untuk pasien yang menderita penyakit jantung. Terdapat hubungan yang sangat baik antara suplemen ini dengan meningkatnya fungsi jantung.

Itulah fungsi dan cara memelihara kesehatan jantung dengan tepat. Jantung memiliki fungsi vital terhadap organ tubuh lainnya, bahkan untuk keberlangsungan hidup seseorang. Jadi, atur pola makan, tidur, olahraga, dan minum suplemen yang tepat agar jantung Anda tetap sehat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image