Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Unimuda Sorong

67 Sekolah Menjadi Sasaran, UNIMUDA Sorong Siap Ikuti Asistensi Mengajar

Info Terkini | Saturday, 20 Aug 2022, 10:09 WIB

UNIMUDANEWS | UNIMUDA Sorong mengadakan Pembekalan Asistensi Mengajar Tahun Akademik 2022/2023 pada Jum’at, (19/8/22) di Sportorium Gedung Prof. Zamroni, Ph.D. Sebanyak 352 Mahasiswa UNIMUDA Sorong terdaftar sebagai peserta dan 67 sekolah dari jenjang Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas akan menjadi lokasi program ini.

Program Asistensi Mengajar ini merupakan kegiatan akademik yang tercantum di kurikulum untuk semua program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Agama Islam UNIMUDA Sorong. Asistensi Mengajar dilakukan di sekolah dengan tujuan mencetak mahasiswa sebagai calon guru agar kelak menjadi guru dengan kinerja profesional.

Dalam hal ini, Lestari, M.Pd., sebagai Ketua Panitia Asistensi Mengajar 2022/2023 menjelaskan terkait manfaat-manfaat yang diperoleh dari dilaksanakannya program tersebut bagi semua pihak terkait. Peningkatan kemampuan dalam dunia pendidikan secara nyata bagi mahasiswa, dan dapat menjadi bantuan bagi sekolah sasaran,

“Asistensi Mengajar harus dilakukan karena ada manfaat, baik itu bagi peserta, sekolah, maupun perguruan tinggi itu sendiri. Manfaat yang pertama adalah meningkatkan kemampuan adaptasi peserta atau mahasiswa terhadap budaya sekolah. Kedua, menambah pemahaman, penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Ketiga, mahasiswa memperoleh pengalaman tentang cara berpikir dan bekerja secara intrapreneur, juga memahami adanya keterkaitan ilmu yang diperoleh di perkuliahan dengan kondisi yang nyata. Keempat, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun dan membuat rancangan pembelajaran dengan menggunakan teknologi tepat guna/tepat sasaran. Hal ini disesuai dengan potensi sumber daya di sekolah bersama kepala sekolah maupun tenaga pendidiknya serta siswanya” ucap Lestari.

Sementara itu, manfaatnya bagi bagi universitas ialah memperoleh umpan balik dari pelaksanaan asistensi mengajar ini di sekolah guna mengembangkan kurikulum perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Manfaat untuk universitas sendiri, kita dapat memperoleh umpan balik dari pelaksanaan asistensi mengajar ini di sekolah guna mengembangkan kurikulum perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. kemudian memperoleh berbagai sumber belajar dan menentukan berbagai permasalahan untuk mengembangkan penelitian dan pendidikan di perguruan tinggi. Tidak lupa, akan terjalin kerja sama yang baik dengan sekolah, pemerintah daerah, dan institusi terkait, untuk membangun catur dharma perguruan tinggi” tambahnya.

Peserta yang dapat mengikuti Asistensi Mengajar ini adalah mahasiswa yang terdaftar aktif dalam Program Sarjana UNIMUDA Sorong, telah menempuh 100 SKS, telah lulus mata kuliah utama dan mata kuliah yang dipersyaratkan, serta mahasiswa tersebut telah melewati semester 6 untuk dilanjutkan melakukan Asistensi Mengajar pada semester 7. Selain itu, mahasiswa yang ingin melaksanakan program ini harus mendaftar sesuai prosedur yang telah ditetapkan di Pusat Data dan Informasi UNIMDA Sorong. (nw~)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image