Cara Perbankan Syariah Menghadapi Pandemi Covid-19

Image
Amy Setiawan
Lomba | Sunday, 28 Nov 2021, 05:23 WIB

Di Indonesia, ada dua jenis sistem perbankan: bank konvensional dan bank syariah. Bank Syariah adalah lembaga keuangan yang mengikuti aturan Syariah. Selanjutnya, perbankan syariah diatur oleh fatwa DSN-MUI serta undang-undang perbankan syariah Indonesia. Di Indonesia, Perbankan Syariah digunakan untuk memerangi wabah Covid-19.

Pertama, menyesuaikan kebiasaan bisnis dengan digitalisasi layanan bank, termasuk penghimpunan dana tunai dan pembiayaan melalui digitalisasi. kedua, mencari alternatif pasar baru, sebaiknya pasar yang tidak terdampak pandemi Covid-19, seperti sektor bisnis terkait kesehatan, agar industri perbankan syariah dapat tetap eksis menghadapi pandemi.

Bank syariah akan terus melakukan mitigasi risiko, salah satunya dengan melakukan restrukturisasi pembiayaan karena pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor riil tentunya akan mengganggu kemampuan bayar debitur. Bank akan memetakan debitur mana yang layak untuk direstrukturisasi dan mana yang tidak.

Pasalnya, ketentuan restrukturisasi ini akan menekan pendapatan bank. Selain itu, perbankan juga dihadapkan pada risiko likuiditas yang berpotensi mengetat akibat adanya ketentuan restrukturisasi.Bank syariah akan terus memacu pertumbuhan karena di sisi lain bank juga harus mengeluarkan biaya bunga yang harus dibayarkan kepada deposan.

Karena pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor riil niscaya akan mengganggu kemampuan bayar debitur, bank syariah akan terus membatasi risiko, salah satunya melalui restrukturisasi keuangan.

Kreditur mana yang memenuhi syarat untuk direstrukturisasi dan mana yang tidak akan ditentukan oleh bank.Pasalnya, keuntungan bank akan tertahan akibat restrukturisasi ini. Selain itu, bank terekspos risiko likuiditas, yang dapat mengetat sebagai akibat dari ketentuan restrukturisasi.Bank syariah akan terus tumbuh karena di sisi lain bank harus memberikan bunga kepada deposan.

Digitalisasi layanan perbankan adalah langkah selanjutnya. Menurutnya, digitalisasi perbankan sudah dimulai sebelum epidemi, tetapi sekarang ada dorongan untuk melihat apakah pelanggan akan menggunakan perbankan digital milik bank atau tidak.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

MAHASISWA UIN JAMBI

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Belajar Gigih dari Sosok Wayang Bambang Ekalaya

Image

Kemenkumham Sumsel: Pemohon Paspor di Sumsel Meningkat

Image

Silaturahim Lewat Main Futsal

Image

Pimpin Apel Pagi, Kadiv Keimigrasian Ajak Pegawai Disiplin Waktu dan Disiplin Kerja

Image

Rekomendasi Pelatihan Ternak Kambing Domba Unggulan

Image

STOP KEKERASAN TERHADAP ANAK

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image