Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Efendi

SMPM Jipat Karangasem Lamongan Peringati HUT RI dengan Tasmi Alquran

Eduaksi | Thursday, 18 Aug 2022, 14:57 WIB
Ust. Edy Purwanto, S.Pd.I Menyimak Peserta Didik SMPM Jipat Karangasem Sedang Menghafal Alquran Program Tasmi'

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 2022 lebih semarak dibandingkan dengan 2 tahun selumnya (2020-2021) karena kasus Covid-19 secara nasional telah melandai. Rakyat benar-benar merasakan merdeka dalam memperingati HUT RI tahun ini, beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Aneka perlombaan permainan tradisional, gerak jalan, karnaval, turnamen olahraga, pentas seni, pengajian, tasyakuran, dan sebagainya. Kegiatan diikuti oleh seluruh jenjang usia, mulai dari Anak Usia Dini (AUD) sampai dengan usia dewasa. Rakyak mengikuti kegiatan dengan motivasi tinggi untuk mengisi kemerdekaan.

SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan, Jawa Timur merupakan salah satu lembaga yang menyelengarakan peringatan HUT RI ke-77 bersamaan dengan Milad SMPM Jipat ke-39 tahun.

Tradisi Tasmi’ Alquran dalam Peringati HUT RI

SMPM Jipat Karangasem Paciran tahun ini mengadakan peringatan HUT RI dan Milad Sekolah dikemas dengan konsep Jipat Islamic Festival (JIP). Dalam pelaksaannnya seluruh kegiatan terintegrasi menjadi satu kesatuan antara program sekolah dengan program organisasi intra (IPM), bagitu juga dengan kepanitian tergabung menjadi satu.

JIF mengadakan beragam kegiatan, di antaranya; jalan sehat, tasmik Alquran, upacara bendera, dan pentas seni. Di samping itu, panitia mengadakan aneka perlombaan futsal, bulu tangkis, tata boga, tenis meja, makan kerupuk, tusuk balon, kebersihan kelas, dan gerak jalan.

Dari sekian ragam kegiatan yang diselenggarakan panitia ada satu tradisi baru di SMPM Jipat Karangasem Paciran, yaitu ‘Tasmik Alquran’. Tasmik Alquran merupakan kegiatan membaca Alquran sekali duduk dalam bilangan juz yang ditentukan berdasarkan kesiapan peserta didik dibawa kepengawasan ustadz.

Kepala Program Tahfidzul Quran (Kaprog. TQ) dan ustadz membidangi TQ menyiapkan peserta didik yang siap ditasmik, kemudian dijadwal berdasarkan urutan masing-masing. Terkadang ada yang langsung sekali duduk 1 sampai dengan 5 juz, ada juga sejumlah juz dibagi masing-masing peserta didik 1 juz.

Tasmik Alquran dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Milad SMPM Jipat Karangasem diadakan setelah upacara peringatan detik-detik kemerdekaan. Tepat pukul 08.30 WIB kegiatan Tasmik Alquran 5 juz yang diikuti peserta didik kelas VIII dan IX berjumlah 15 orang.

Syaikh Adil At-Turki dari Saudi Arabia Sedang Berbincang-bincang dengan Ustadz Fatih Futhoni, M.Pd. dan Ustadz Edy Purwanto, S.Pd.I

Tamu Saudi Arabia Kunjungi Tasmi’ Alquran SMPM Jipat

Pada saat kegiatan Tasmik Alquran Rabu, 17 Agustus 2022 bersamaan dengan kunjungan tamu istimewa Pondok Pesantren Karangasem Paciran dari Riyadh, Saudi Arabia. Tamu tersebut bernama Syaikh Adil At-Turki, Ph.D., dosen Majmaah University Saudi Arabia yang diutus langsung supupunya (Syaikh Fahad At-Turki, Ph.D.)

Tujuan tamu menyaksikan langsung proses pendidikan keagamaan dan tahfidzul Quran, serta meninjau langsung bantuan pembangunan masjid Fahad At-Turki di kampus II Pesantren Karangasem. Kebetulan SMPM Jipat Karangasem yang saat itu sedang melangsungkan kegiatan ‘Tasmik Alquran 5 juz’, Syaikh Adil At-Turki sempat berdialog dengan Ust. Edy Purwanto, S.Pd.I (Kaprog. TQ).

Isi pertanyaan singkat berapa jumlah santri dan bagaimana Program TQ di sekolah? Mendapat jawaban dari Ust. Edy Purwanto, Syaikh Adil At-Turki berkomentar pendek ’jayid-jayid’ (bagus-bagus) sambil mengacungkan jari jempol kanan dan menganggukan kepalanya.

Kedatangan Syaikh Adil At-Turki dengan wajah yang terlihat ceria dan menebarkan senyuman kepada santri-santri yang saat itu mengerumini membuat suasana menjadi ramai. Bahkan menyempatkan diri untuk foto bersama dengan guru dan santri, sampai pada rebutan untuk meminta bersalaman.(*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image