Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kelompok 1 sawunggaling

Mahasiswa KKN UM Surabaya Lakukan Kegiatan Sosialisasi Penghijauan dan Bagikan Bibit Tanaman

Edukasi | Wednesday, 17 Aug 2022, 21:08 WIB
Foto bersama anak anak warga Rw.05 Sawunggaling

Surabaya, Dalam kesempatan kali ini mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya mengajak anak sedini mungkin untuk ikut menjaga lingkungan disekitarnya,kami mengadakan sosialisasi penghijauan di wilayah Bumiarjo Rw.05 kel. Sawunggaling, Wonokromo, Surabaya untuk berpartisipasi khususnya anak anak. kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program kerja KKN Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan.

Penghijauan merupakan suatu hal yang sangat penting, terlebih lagi ketika kita yang berada di area pemukiman kota. Kami berharap dengan mengajak adik-adik usia dini mulai dari PAUD hingga SD kelas 3 dapat membangun jiwa semangat anak-anak untuk membuat lingkungan menjadi asri dan hijau.

Sebelumnya, kami sudah melakukan survei ke berbagai wilayah disekitar RW.05. Survei tersebut berguna untuk mengetahui hal apa saja yang kurang di lingkungan RW.05 khususnya dalam hal penghijauan.

Sabtu, 6 Agustus 2022 kami membagikan poster dan undangan kepada pengurus RT 1-10 didampingi oleh Ketua RW.05 Bapak Satriyo.

Minggu,7 Agustus 2022 kami melaksanakan kegiatan sosialisasi penghijauan di balai RW.05. Awalnya kami merasa sangat takut jika acara ini gagal karena tidak ada antusiasme dari anak-anak setempat, ternyata tidak dipungkiri banyak anak-anak yang datang mengikuti acara ini. Kira-kira sekitar 30 anak yang hadir, pembukaan kegiatan kami mengajak anak anak bermain bernyanyi dan membagikan hadiah bila ada salah satu yang mau angkat tangan dan maju kedepan. Selesai pembukaan, kami melakukan acara selanjutnya yakni mengecat pot bunga dengan kuas,cat air dan sarung tangan yang sudah kami bagikan satu persatu. Setelah semua sudah mengecat dan menghias pot bunga nya dengan berbagai macam bentuk dan kreatifitas anak anak. Kami mengumpulkan pot bunga tersebut untuk menunggu kering.

proses pengecatan pot dan menaruh tanaman dalam pot

Selanjutnya kami mengajak anak anak menanam tanaman kedalam pot bunga yang sudah dihias. Ada banyak macam tanaman yang kami sediakan seperti tomat,cabai,mint dll. Semua kegiatan kami lakukan dengan senang dan bahagia bersama anak anak RW.05.

Dari hasil karya anak-anak tersebut pot bunga yang sudah dihias dan tanaman akan dibagikan di taman sekitar RW.05.

Hasil karya anak-anak

Dengan adanya program kerja penghijauan ini selain menciptakan suasana yang asri dan hijau kami berharap mampu mempererat silaturahmi seperti semboyan RW.05 “guyub rukun saklawase” serta lebih mengenal dan akrab lagi antar anak anak warga RW.05 dengan para mahasiswa KKN RPA Sawunggaling UMSurabaya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image