Dua Warga Binaan Terorisme Lapas Karanganyar Ucap Sumpah Ikrar Kesetiaan NKRI

Image
LAPAS KARANGANYAR NUSAKAMBANGAN
Info Terkini | Tuesday, 16 Aug 2022, 23:24 WIB
Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi, 2 (dua) Warga Binaan Terorisme Lapas Karanganyar Ucap Sumpah Ikrar Kesetiaan NKRI, 16/08/2022 (Foto : Humas Lapas Karanganyar Nusakambangan)

Nusakambangan (Selasa,16/08) - Dihadapan para saksi dan dibawah naungan Al-Qur’an 2 (dua) Warga Binaan Tindak Pidana Terorisme Lapas Karanganyar Ucap Sumpah Ikrar Kesetiaan NKRI.

Bertempat di Aula Lapas Karanganyar, 2 (dua) warga binaan (A) dan (S) mengikrarkan sumpahnya hari ini. Dihadiri oleh Densus 88 AT, BNPT, Kapten Pasi Intel Taryun dari Kodim 0703/Cilacap, AKP Gatot Sumbono Dari Polres Cilacap, Kapolsek Nusakambangan, PK Bapas dan Rohaniawan dari Kemenag Cilacap beserta Jajaran Pejabat Stuktural dan Petugas Lapas Karanganyar upacara ikrar kesetiaan NKRI berjalan dengan hikmat.

Bertindak selaku pembina upacara Plt. Kalapas Karanganyar, Riko Purnama Candra menyampaikan“Sebagaimana yang diamanatkan, Pemasyarakan merupakan sebuah sub unit peradilan hukum yang berwenang untuk melakukan pembinaan bagi narapidana agar mengalami perubahan perilaku, menyadari kesalahan dan memperbaiki diri sehingga dapat kembali diterima masyarakat.” - Ungkapnya sebagai pembuka dalam sambutan.

Dalam upacara kedua Warga Binaan mengucapkan pernyataan sebagai sumpah ikrar kesetiaan NKRI. Dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan, Pembacaan Pancasila dan Menggaungkan NKRI Harga Mati ditutup dengan Penciuman Bendera Merah Putih.

Terselenggaranya Ikrar Nkri ini tidak terlepas dari banyaknya upaya upaya pembinaan yang dilakukan oleh pihak lapas sendiri, dan stakeholder eksternal. Baik dari wali pemasyarakatan, Kasubsi Bimkemaswat, dan Kasi Binadik beserta pihak dari BNPT dan Densus yang telah melaksanakan program Deradikalisasi.

“Kepada warga binaan yang telah mengucapkan sumpah ikrar kesetiaan NKRI ini merupakan awal dari sebuah Perjalanan. Diharapkan untuk dapat lebih banyak belajar dan menerima berbagai hal yang dapat dijadikan bekal untuk menjadi warga negara yang baik ketika kembali ke masyarakat.” - pungkas Plt. kalapas.

Upacara ini menjadi motivasi untuk kita semua agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan tujuan dari pemasyarakatan itu sendiri. Ikrar ini menjadi tanda salah satu keberhasilan perubahan perilaku yang diukur tidak hanya dari segi penilaian Assesment tetapi juga realitas nyata tingkah laku dan kepatuhan warga binaan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image