Muslim Life Fest Dukung Pergerakan Industri Halal Indonesia

Image
Siti Nurjanah
Gaya Hidup | Tuesday, 16 Aug 2022, 22:50 WIB

Agustus identik dengan bulan kemerdekaan, beragam kegiatan kerap di lakukan memeriahkan HUT Indonesia ini. Namun di tahun ini bulan ke delapan dalam penanggalan Masehi juga akan di selenggarakan acara yang sangat menarik.

Bertajuk Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) akan kembali digelar setelah sempat vakum kurang lebih 2 tahun lantaran pandemi. Merupakan ajang bisnis produk halal dan industri syariah diselenggarakan oleh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) bersama PT Lima Event Indonesia (Lima Events) dengan mengusung tema #Salingdukung.

Acara Muslim Life Fest ini akan diikuti oleh 298 exhibitor dari 12 kategori baik dari Jabodetabek maupun daerah lainnya. Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD - Tanggerang Selatan, akan menempati area seluas 10.000 M2.

Nantinya ada beragam macam tenant mulai dari menampilkan berbagai kebutuhan produk halal dan islami seperti islami education, Hobbies and Communities, Islamic Book and Publisher, Halal travel, Thibbun Nabawi Herbal, hingga Beauty and Pharmaceutical.

Bagi kaum muslimah yang ingin mencari inspirasi pakaian muslimah, ada beragam produk UMKM yang menyuguhkan berbagai pakaian islami seperti jilbab, gamis, hingga khimar untuk memenuhi kebutuhan para muslimah akan pakaian syar’i.

Jika merasa lapar dan haus atau ingin berwisata kuliner ketika berada di gelaran Muslim Life Fest, maka tak perlu khawatir karena ada beragam stand kuliner yang bisa di singgahi.

Di balik semarak ajang pameran produk UMKM, Muslim Life Fest 2022 juga dimeriahkan dengan banyak kegiatan menarik. Dimana para pengunjung bisa sekaligus belajar dan mengenali bisnis serta trend syariah.

Tak hanya itu saja, Muslim Life Fest juga bisa jadi momentum yang pas untuk quality time bersama keluarga. Sebab ada workhshop parenting yang tentu akan memberikan segala hal yang informatif.

Ingin meningkatkan dan mengembangkan potensi anak ada beragam lomba yang bisa di ikuti. Misalnya Lomba MTQ untuk anak, lomba coding untuk anak. Disamping itu ada juga kids corner, storytelling, pony ride, wahana andong, kelas robotic dan masih banyak lagi ragam kegiatan seru lainnya.

Jangan sampai terlewatkan acara sebagus ini, bahkan yang tengah mencari pekerjaan bisa juga berkesempatan mengikuti job fair Muslim Life Fest. Ada banyak lowongan pekerjaan baik didalam maupun diluar negeri, baik untuk alumus SMK-Sarjana hingga yang sudah memiliki pengalaman kerja.

"Event ini diharapkan mampu membangkitkan ekonomi umat sekaligus mengajak peserta untuk bangkit, berkarya, berproduksi, bermuamalah secara offline melalui kegiatan pameran." Ungkap Deddy Andu, Direktur PT Lima Event Indonesia (Lima Events).

Melihat antusiasme pengunjung di event sebelumnya, Muslim Life Fair di Jakarta dan Yogyakarta mampu menarik perhatian pengunjung untuk hadir secara langsung, membuat Deddy Andu, yakin dan optimis akan gelaran Muslim Life Fest ini.

Pelaksanaan Muslim Life Fair di Jakarta diselenggarakan di Istora Senayan (GBK) pada akhir Maret lalu mampu menarik pengunjung hingga 30 ribu. Sementara itu Muslim Life Fair di Yogyakarta yang berlangsung di Jogja Expo Center pada awal Juni mencatatkan jumlah pengunjung mencapai 21 ribu. Dan gelaran Muslim Life Fest yang akan dilaksanakan pada 26-28 Agustus 2022 ini, KPMI dan Lima Events menargetkan jumlah pengunjung mencapai 40 ribu.

Yang cukup spesial pada event kali ini adalah Muslim Life Trade yang merupakan area khusus untuk perdagangan ekspor produk halal ke sejumlah negara. Di sini kita akan menemukan partner perusahaan-perusahaan dari negara sahabat seperti Jepang, Malaysia, Bahrain, Pakistan dan sebagainya.

Menurut Rachmat Suparmas Marpaung, Ketua KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia), "Peluang produk halal di mancanegara sangat besar. KPMI mengarahkan anggota agar mengenali potensi pasar ekspor produk halal dan meningkatkan kapasitas pelaku usaha sehingga siap memenuhi kebutuhan pasar mancanegara".

Ada begitu banyak negara Islam yang bisa menjadi target pemasaran. Meski begitu, juga terbuka untuk negara-negara non muslim. Permintaan produk halal di dunia terus meningkat, yang meminati produk halal karena sehat dan bersih.Tentu saja ini menjadi suatu kesempatan dan peluang potensial bagi Indonesia.

Gelaran Muslim Life Fest dan Muslim Life Trade ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Kementrian Koordinator Perekonomian, Bank Indonesia (BI) dan Badan Penyelengara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Pameran ini sekaligus bisa dikatakan menjadi bagian dari event road to 'Indonesia' Sharia Economic Festival (ISEF) 2022.'

Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis dan kewirausahaan Syariah, Manajemen Eksekutif KNEKS, memaparkan "Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah mendukung inisiatif atas diselenggarakannya Muslim Life Fest dan Muslim Life Trade ini. Selain membantu menggerakan roda usaha para pelaku industri halal, juga turut berperan dalam upaya peningkatan ekspor produk-produk halal Indonesia sebagai bagian untuk mewujudkan Indonesia menjadi pusat produsen Produk Halal Tahun 2024."

Sektor industri halal merupakan bagian dari ekosistem dengan potensi ekonomi yang sangat besar untuk saat ini dan ke depannya. Sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia. Hal ini harus didukung dengan sumber daya yang dimiliki serta para pelaku usaha muslim, pemerintah, komunitas dan masyarakat sama-sama bergandengan tangan dalam memperkokoh perkembangan ekonomi bangsa.

Oleh karenanya meningkatkan upaya menjadi pusat produsen Produk Halal Tahun 2024, perlu dilakukan berbagai langkah strategis, salah satunya melalui penyelenggaraan event berskala nasional dan internasional untuk mendorong promosi dan publikasi produk muslim Indonesia.

Lewat ajang Muslim Life Fest dan Muslim Life Trade diharapkan bisa menjadi ajang promosi dan peningkatan daya saing produk halal Indonesia, sehingga muncul loyalitas konsumen produk halal Indonesia yang dapat meningkatkan peran serta Indonesia dalam perdagangan produk halal di tingkat global.

Yuu.. kunjungi Muslim Life Fest dan Muslim Life Trade yang berlangsung di bulan Agustus ini. Untuk pembelian tiketya, bisa melalui website https://muslimlifeshop.com . Nantinya selain berbelanja dan melihat berbagai produk halal, para pengunjung tentunya bisa ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti talkshow, aneka lomba dan kegiatan acara seru lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Blogger yang nice-nya lebih ke lifestyle. Yang memiliki hobi traveling juga tertarik pada musik dan Film.

...

lendyagasshi  

Keseruan yang dinantikan setiap tahunnya, Muslim Life Fest 2022. Karena ada berbagai macam informasi yang mungkin saja dicari dan dibutuhkan termasuk produk halal dan mungkin juga produk UMKM yang menarik.

19 Aug 2022, 15:41 WIB

...

Maria G Soemitro  

auto nyari alamatnya karena pingin banget datang dan ternyata di Tangerang kapan ya Muslim Life Fest dihelat di Bandung?

19 Aug 2022, 09:51 WIB

Artikel Lainnya

Image

Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan Malang

Image

Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Rutan Demak Adakan Kegiatan Tes PCR

Image

Gali Potensi Risiko K3 dan Kebencanaan di Desa Wisata, DRRC UI-Kemenparakraf Lakukan FGD

Image

Hidayat Kalapas Narkotika Samarinda Melantik dan Mengambil Sumpah Pejabat Administrasi Baru

Image

Tingkatkan Kualitas Kinerja, Kepala LPKA Klas I Kutoarjo Beserta Jajaran Ikuti Pengarahan Kakanwil

Image

Rutan Salatiga Sah Memiliki Kepala Subseksi Pengelolaan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image