Mengenal Bentuk Pemerintahan Amerika Serikat

Image
Sekar Setyo Rini
Politik | Saturday, 27 Nov 2021, 13:52 WIB

Sesuai dengan Konstitusi Amerika Serikat dan tertulis dalam Undang-undang Konfederasi (1781-1789) Amerika Serikat menganut sistem pemerintahan yang federal. Federasi merupakan sebuah bentuk pemerintahan yang terdiri atas beberapa negara bagian yang setiap negara bagian tersebut saling bekerja sama antara satu negara bagian dengan negara bagian lainnya serta membentuk satu kesatuan yang diberi nama negara federal. Dalam menjalankan pemerintahan nasional dibagi menjadi tiga bagian yaitu lembaga eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Namun, dalam praktiknya tidak ada satu bagian yang dapat mensubordinasi bagian lain.

Konstitusi Amerika Serikat

Konstitusi Amerika Serikat adalah konstitusi nasional yang tertua di dunia dan masih berlaku hingga saat ini. Konstitusi ini diratifikasi pada tahun 1788 namun mulai diberlakukan pada tahun 1789 saat George Washington dilantik menjadi presiden pertama Amerika Serikat. Konstitusi Amerika Serikat dianggap menjadi dokumen yang hidup. Hal ini dikarenakan dalam konstitusi tersebut masih terdapat berbagai kekurangan dan dianggap belum mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks sehingga konstitusi AS dianggap hidup dan dapat berubah dari waktu ke waktu. Hingga saat ini Amerika Serikat telah melakukan amandemen konstitusi sebanyak 27 kali. Dalam melakukan amandemen konstitusi, diperlukan sebuah proposal yang berisi dua pertiga dari suara majelis kongres atau konvensi nasional atas dasar permintaan dari legislatif dua pertiga negara bagian dilanjutkan dengan adanya ratifikasi tiga perempat legislatif dari negara bagian.

Badan eksekutif Amerika Serikat

Presiden merupakan pemimpin badan eksekutif Amerika Serikat. Syarat umum yang harus dipenuhi sebagai calon presiden Amerika Serikat adalah warga negara Amerika Serikat, telah menjadi penduduk Amerika Serikat kurang lebih 14 tahun, dan berusia minimal 45 tahun. Presiden Amerika menjabat selama empat tahun dengan maksimal dua kali masa jabatan. Sistem pemilihan presiden dilakukan dengan “Electoral College” dan tidak secara langsung dipilih rakyat. Selain presiden, dalam badan eksekutif juga terdapat badan pengatur independent contohnya Securities and Exchange Commission dan Federal Reserve System. Fungsi dari kedua badan ini adalah untuk melindungi berbagai kepentingan publik, menyelesaikan perselisihan tentang peraturan federal, dan menegakkan aturan. Pemilihan anggota badan-badan tersebut diatur komisi yang telah ditunjuk presiden dan dikonfirmasi senat.

Badan yudikatif Amerika Serikat

Badan yudikatif Amerika Serikat dipimpin oleh Mahkamah Agung yang bertugas untuk menafsirkan konstitusi dan undang-undang federal. Mahkamah Agung Amerika Serikat berisi Sembilan orang hakim agung yang ditunjuk langsung oleh presiden dan dengan persetujuan senat. Anggota Mahkamah Agung Amerika Serikat menjabat selama seumur hidup. Mahkamah Agung juga berfungsi sebagai pengadilan dalam menyelesaikan kasus yang melibatkan menteri, duta besar asing, dan kasus yang melibatkan negara bagian Amerika Serikat.

Badan legislatif Amerika Serikat

Badan legislatif pemerintahan federal atau kongres terdiri atas dua majelis yaitu Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Kongres memiliki berbagai fungsi seperti mengatur perdagangan antar negara, pemakzulan presiden, menghukum presiden, memungut pajak, meminjam uang, mendisiplinkan anggota, menentukan aturan, dan menyatakan perang. Sementara hanya Dewan Perwakilan Rakyat yang bertugas mengajukan RUU Pendapatan. Salah satu majelis dapat mengubah dan mengajukan RUU legislatif. Untuk mengajukan RUU dan amandemen harus melewati dua majelis yang sama lalu ditandatangani Presiden. Presiden juga berhak untuk memveto undang-undang tetapi veto tersebut dapat dikesampingkan dua pertiga suara dari kedua majelis yang ada tersebut. DPR memiliki hak untuk dapat melakukan pemakzulan presiden dan pejabat negara apabila telah mendapat suara terbanyak. Anggota DPR dipilih secara langsung melalui pemilihan yang diadakan di distrik setiap negara bagian dan jumlahnya tergantung pada populasi negara bagian tempat dilakukannya pemilihan tersebut. Penghitungan populasi dilakukan melalui kegiatan sensus yang diadakan setiap sepuluh tahun sekali.

Pejabat yang terkena kasus akan melakukan proses pengadilan dan dapat dimakzulkan. Pengadilan tersebut akan dilakukan oleh senat. Untuk dapat memberikan hukuman atau memberhentikan pejabat yang terkena kasus, dibutuhkan mayoritas sebesar dua pertiga suara.Umumnya, setiap negara bagian dapat memilih sebanyak dua orang senator. Syarat umum yang diperlukan untuk menjadi seorang senator adalah merupakan warga negara yang tinggal di Amerika Serikat kurang lebih sembilan tahun, berusia minimal tiga puluh tahun, dan berasal dari negara bagian yang dipilih. Masa jabatan senator adalah enam tahun dan setiap dua tahun diadakan pemilihan sepertiga dari jumlah senator tersebut.

Pemerintahan negara bagian

Pemilihan gubernur negara bagian dipilih secara langsung oleh rakyat dengan masa jabatan dua hingga empat tahun. Namun, ada beberapa negara bagian yang membatasi masa jabatan gubernur.

Hingga saat ini Amerika Serikat memiliki lima puluh negara bagian. Negara-negara bagian tersebut memiliki struktur yang sejajar dengan pemerintah federal. Setiap negara bagian memiliki konstitusi masing-masing. Dalam setiap negara bagian juga terdapat gubernur, yudikatif, dan legislatif. Semua legislatif yang ada di negara bagian merupakan sebuah bikameral kecuali Nebraska yang unikameral.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Peran Aktif Indonesia dalam ASEAN

Mengenal Bentuk Pemerintahan Amerika Serikat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

RUTAN KELAS IIB MAMUJU KEMBALI TERIMA TAHANAN BARU

Image

Tunggal Putra Tak Tersisa, 7 Wakil Indonesia ke Semifinal dan Pastikan Sumbang medali SEA Games 2021

Image

Kalapas Brebes Libatkan Warga Binaan Ikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022

Image

Gus Lur Silaturahmi dengan Para Tokoh Sijunjung

Image

Senja Tersipu

Image

Tere Liye: Selena dan Akademi Bayangan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image