Startup dan Ruang Digital, Gerakan Masif Memerdekakan Bisnis Digital

Image
nur chafshoh
Bisnis | Thursday, 11 Aug 2022, 21:45 WIB
Startup dan ruang digital

Merintis bisnis startup menjadi tren di masa kini karena kecanggihan teknologi yang semakin menjadi. Kehadirannya, membuat para pebisnis di dunia digital semakin percaya diri dalam mengarungi dunia bisnis. Apalagi, kabarnya dunia bisnis startup, menjanjikan keberhasilan.

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat celah yang mampu menerobos dinding kegagalannya. Hal ini harus diwaspadai oleh banyak pebisnis startup saat ini baik mereka sebagai pemain baru maupun yang sudah lama menggeluti dunia teknologi.

Apa sih yang paling berperan penting dunia startup? Di antaranya ruang digital yang tak terbatas. Nah artikel kali ini akan membahas tentang mulai dari definisi Startup, hubungan startup dengan ruang tersebut?.

Juga tentang pentingnya pembinaan Startup yang masif, demikian informasi kendala yang sering dialami Startup sehingga banyak juga bisnis startup yang gulung tikar.

Apa Itu Startup? Lantas Apa Hubungannya Startup dengan Ruang Digital?

Sebagai pebisnis, kamu semua harus tahu bahwa tidak semua bisnis yang melakukan aktivitas jual-beli menggunakan alat teknologi seperti jual beli online adalah startup, malah yang seperti ini berpotensi dinamakan UMKM. Lantas apa yang dinamakan Startup?

Pengertian Startup

Startup adalah sebuah bisnis yang bisa dikatakan baru mulai, atau baru berkembang, dan mengandalkan bisnis di bidang teknologi. Jadi teknologinya ini merupakan bagian wajib dari bisnis itu, misalnya menjual aplikasi, atau bisnis tetapi memakai aplikasi sebagai kelancaran bisnisnya dan lain sebagainya.

Jika kamu masih bingung, contoh berikutnya tentang bisnis startup adalah penyewaan kantor bebasis digital. Sebuah tempat kantor ini sengaja didesain menggunakan hal-hal yang berbau teknologi, meskipun nantinya penyewaan kantor ini tidak dianggap startup, namun ada basis teknologi, di mana yang menempati kantor tentunya tertarik digunakan sebagai tempat yang berlatar belakang startup.

Intinya, Startup ini adalah bisnis yang tetap berputar pada bisnis berbasis teknologi, sekarang sudah ada gambaran kah?

Pengertian Ruang Digital dan Hubungannya dengan Teknologi Digital

Keluwesan digital, menjadi yang paling berperan di dalam kegiatan bisnis Startup. Tanpanya, sebuah bisnis yang berbasis digital tidak bisa lagi dinamakan Startup. Ruang pergerakan Startup memang dalam lingkup digital, yaitu lebih tepatnya yang berhubungan dengan teknologi.

Membahas soal ruang, ada yang mendefinisikan sebagai wadah atau tempat yang terdapat di bumi, dan bisa diisi dengan sesuatu. Sedangkan digital, bisa didefinisikan sebagai sinyal atau data yang direalisasikan dalam bentuk angka, mulai dari 0 dan 1.

Sangat bisa nih memaknai Startup dengan tempat digital secara bersamaan. Di mana keduanya bisa berjalan selaras, bahkan saling mendukung.

Lalu, apa makna keduanya jika digabungkan? Makna Startup, sebagai bentuk bisnis yang berhubungan dengan teknologi, akan sangat layak jika dikawinkan dengan tempat digital.

Hal ini berarti, usaha Startup ini adalah ruang teknologi atau digital itu sendiri. Contoh usaha Startup dengan basis teknologi, atau digital di antaranya adalah Ojek Online.

Pembinaan Startup yang Masif, Merdeka dengan Bisnis Digital

Bisnis apapun memang membutuhkan modal. Adakalanya besar, adakalanya juga modal yang dikeluarkan bisa kecil. Namun, bisnis apapun, jika dilakukan dengan jalur digital, semua akan lebih mudah dan murah.

Ngomongin tentang hal itu, pemerintah Indonesia baru-baru ini juga melakukan gerakan masif untuk mendigitalisasi bisnis-bisnis yang sekarang sedang berkembang pesat.

Setelah bangun dari masa pandemi, para Startup selalu mendapatkan arahan dari Kominfo, baik yang termasuk Startup Digital atau tidak. Menkominfo memberikan penekanan pada 3 aspek, yaitu modal, produk dan juga pelayanan yang harus dilaksanakan secara maksimal.

Tiga hal itu, yang benar-benar harus mendapatkan perhatian khusus dari para pemain bisnis. Namun agaknya, jika kamu memilih jalan Startup Digital, beberapa hal lebih teratasi, antara lain terkait modal dan juga pemasaran yang lebih mudah serta luas.

Bagaimana tidak? Dengan Startup Digital, kamu juga bisa memasarkan produk melalui media sosial dengan strategi yang betul-betul mapan dan bisa dipelajari, contohnya penggunaan copywriting yang tepat.

Namun sayangnya, setiap bisnis mempunyai resikonya masing-masing. Begitu juga dengan Startup yang mempunyai kelemahan pada lihai atau tidaknya pemain Startup. Pasalnya, biasanya pebisnis Startup ini mengembangkan bisnis mulai dari 0 dengan jalan yang menggebu-gebu.

Lalu, jika demikian, faktor apa yang paling berperan mengakibatkan bisnis ini dengan mudahnya gulung tikar? Jawabannya adalah modal yang sudah dihambur-hamburkan di awal pemasaran.

Biasanya, karena Startup yang paling dominan dibahas dalam tulisan ini adalah Startup digital, mereka menghamburkan uang dengan teknik iklan di sosial media, baik melalui internet langsung, atau sosial media khusus seperti facebook dan lain sebagainya.

Pada intinya, bisnis atau Startup Digital ini sangat menjanjikan, bagi kamu yang bisa memanage dengan smart. Perhatikan seperti yang Menkominfo bilang, 3 aspek. Yaitu Modal, Produk, dan juga Pelayanan.

IndiHome Sebagai Ajang Memperbesar Ruang Digital

Sebagai upaya penanganan keterbatasan ruang, IndiHome adalah salah satu pelayanan di dunia internet yang bisa membantu para Startup nodalam memasarkan produk yang mereka miliki. Apakah kamu pemain bisnis Startup Digital?

IndiHome yang merupakan jaringan internet dari perusahaan Telkom Group ini punya kecepatan akses yang lebih cepat dari banyak jaringan. Sehingga tagline Fast Internet Provider sangat layak disematkan. Hal ini tentu sangat membantu para Startup Digital.

Meskipun saya bukanlah seorang pebisnis Startup, namun digitalisasi bisnis yang saya jalankan sangat terasa dimudahkan. Jika boleh bercerita, jaringan internet inilah yang membantu saya dalam memperlancar akses komunikasi saya dengan klien.

Sebagai penulis, dan juga pemain literasi digital masa kini, perangkat seperti laptop, jaringan internet, dan kecepatan dalam bekerja sangat berperan.

Telkom Group pun sangat membantu banyak orang, baik para pekerja perseorangan seperti saya, yang tugasnya dengan cara freelance atau jarak jauh. Telkom ini tentunya juga sangat membantu para Startup Digital dimanapun berada.

Pekerjaan menulis artikel, di mana saya harus mencari referensi melalui internet, so pasti membutuhkan internet yang jaringannya Fast Internet Provider.

Apa peran layanan internet ini cukup hanya di bagian skala kecil saja? Tentu tidak, ternyata Telkom Group bersikeras mengupayakan membantu usahanya tetap berjalan normal meski habis diterjang Pandemi.

Bahkan sebelum pandemi memanas, perusahaan ini berusaha melakukan pertemuan dengan para Startup untuk membantu mengembangkan usahanya.

Itulah beberapa pengamatan saya terkait bisnis berbasis digital, apa saja yang harus diperhatikan dan mencari solusi seperti mencari jaringan internet yang Fast Internet Provider, semoga bermanfaat ya!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang ibu rumah tangga, yang suka nulis dan jalan-jalan. Ia kini tinggal di Sidoarjo Jatim, kesibukannya ngeblog, freelance artikel, penulis di medi

...

yayu arundina  

Bisnis digital sepertinya menjadi andalan zaman now ya

19 Aug 2022, 16:50 WIB

Artikel Lainnya

Image

Analisa Inkuiri Apresiatif dalam Melihat Film G30S/PKI

Image

Mewujudkan Pemuda Islam yang Kuat dan Tangguh

Image

Mahsa Amini, Perempuan dan Islam

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image