PK Bapas Nusakambangan Kunjungi Penjamin Klien Asimilasi

Image
Bapas Nusakambangan Bapas NK
Info Terkini | Thursday, 11 Aug 2022, 18:45 WIB

Raut kegembiraan tak dapat disembunyikan oleh BR selaku penjamin dari MS yang beralamat di Desa Sampang, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap. Hari ini, Kamis (11/08/2022) BR mendapat kunjungan dari Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan dalam rangka meninjau kesiapannya sebagai penjamin.

Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan, Nurul Fatimah dan Endang Sriningsih melakukan kunjungan ke rumah Klien pemasyarakatan yang mendapatkan program Asimilasi di Rumah. Tidak hanya itu, Pembimbing Kemasyarakatan juga mendatangi kantor balai desa guna berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat. Kunjungan tersebut merupakan salah satu tugas pokok Pembimbing Kemasyarakatan dalam rangka melaksanakan monitoring atau pengawasan terhadap klien pemasyarakatan yang mendapatkan program reintegrasi sosial. Pengawasan terhadap klien pemasyarakatan sebagai tugas Pembimbing Kemasyarakatan, sebagaimana dimaksud dalam Permenkumham No 41 tahun 2017 tentang Jabatan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan.

“Saya mewakili masyarakat desa setempat, siap menerima kembali dan membantu semaksimal mungkin untuk memberikan arahan bagi MS sehingga diharapkan nantinya dapat berubah menjadi pribadi yang baik serta tidak timbul tindakan pengulangan dikemudian hari”, ujar Gisa Satriya Nanda selaku Kepala Desa Sampang.

Pembimbing Kemasyarakatan Bapas memiliki peran penting pada rangkaian pelaksanaan program reintegrasi sosial dan Asimilasi di Rumah. Rekomendasi Pembimbing Kemasyarakatan yang dituangkan di dalam Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) menjadi salah satu penentu pemberian program reintegrasi sosial dan Asimilasi di Rumah. Pada tahap pembuatan Litmas reintegrasi sosial dan Asimilasi di Rumah mensyaratkan adanya Home Visit atau kunjungan ke rumah penjamin Klien Pemasyarakatan dan unsur pemerintahan setempat yang ada pada lingkup tempat tinggal penjamin.

Setelah melakukan kunjungan ke penjamin dan pemerintah setempat, nantinya data yang telah diperoleh akan dituangkan menjadi penelitian kemasyarakatan (litmas) yang di dalamnya terdapat rekomendasi serta saran dari Pembimbing Kemasyarakatan yang telah diajukan dalam sidang bersama Tim Pengamat Pemasyarakatan Bapas Kelas II Nusakambangan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mewujudkan Pemuda Islam yang Kuat dan Tangguh

Image

Mahsa Amini, Perempuan dan Islam

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image