Daftar Startup Pendidikan Untuk Dukung Literasi Di Indonesia

Image
Shafira Adlina
Eduaksi | Thursday, 11 Aug 2022, 13:12 WIB

 

Hadirnya startup pendidikan, tentu saja sangat memberi dukungan literasi di Indonesia yang semakin meningkat hingga ke pelosok negeri. Karena seperti diketahui, saat ini belajar tidak terbatas ruang sebab adanya ruang digital yang bisa diakses oleh siapa saja. Berkat adanya pembelajaran secara daring, membuka peluang besar bagi industri education technology atau edtech.

Seperti diketahui, di Indonesia sendiri ada cukup banyak perusahaan startup berbasis edtech yang semakin menggeliat sejak pandemi. Bahkan Indonesia sudah memiliki ratusan perusahaan startup. Artinya pembinaan startup di Indonesia memang cukup masif.

Salah satu startup yang banyak adalah dengan tema pendidikan yang berbasis layanan dan solusi belajar yang berbeda-beda untuk tujuan sama yaitu belajar yang juga dapat meningkatkan literasi digital masa kini.

Daftar Startup Digital di Indonesia

Untuk tingkatkan literasi digital masa kini, kalian juga perlu tahu berbagai macam startup berkaitan literasi yang dihadirkan lewat daftar berikut.

#1. Ruang Guru

Pada daftar yang pertama ada Ruang Guru. Startup ini tentu familiar bagi siapa saja dan merupakan salah satu yang terkemuka di Indonesia. Perusahaan startup ini sudah ada sejak tahun 2014 dengan menawarkan banyak produk seperti misalnya ruang belajar dengan video edukatif dan juga latihan. Ada juga kegiatan les online dengan layanan konsultasi daring dan panduan lewat tutor.

Bahkan kalian juga bisa memilih untuk melakukan les privat dengan tutor. Tidak hanya sampai di situ platform ini juga menyediakan berbagai paket langganan peningkatan skill academy mulai dari soft skill hingga technical skill. Dan semuanya harus diakses lewat Fast internet provider, yang tepat supaya kegiatan literasi tidak terganggu. Salah satu yang bisa kita gunakan adalah produk dari Telkom Group, IndiHome.

#2. Zenius

Zenius merupakan platform yang hampir sama dengan Ruang Guru gimana menjadi startup berbasis teknologi yang targetnya sendiri adalah anak SD sampai SMA. Namun di Zenius, kalian bisa mendapatkan banyak produk unggulan yang disesuaikan dengan kebutuhan agar bisa mencapai literasi digital masa kini.

Kalian bisa memilih produk seperti Zenius.net, Zenius Aplikasi, Zenius Prestasi dan Zenius Center. Pada platform ini, kalian bisa dengan mudah menemukan banyak pelajaran SD sampai SMA. Bahkan bisa menemukan program-program yang dapat membantu untuk persiapan diri, saat masuk perguruan tinggi.

#3. CoLearn

Platform ini sudah ada sejak tahun 2019 yang lebih berfokus pada solusi agar bisa mendapatkan tutor secara online. Terutama bagi kalian yang membutuhkan tutor matematika maka bisa memilih platform ini untuk lebih mudah, mempelajari konsep matematika.

Jika kalian ingin mendapatkan tutor dan kelas langsung juga ada program dari CoLearn. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan platform bisa diakses lewat Android dan iOS menggunakan fast internet provider yang stabil seperti IndiHome dari Telkom Group.

#4. Pintek

Apakah kalian pernah membayangkan ada sebuah platform yang dapat membantu pembiayaan uang sekolah untuk siswa? Pintek menjadi solusi untuk pinjaman modal kerja bagi siswa yang ingin tetap sekolah, tapi memiliki keterbatasan dana. Pintek juga dapat membantu untuk pembiayaan faktur untuk bisnis dan masih banyak lagi.

Startup ini sudah ada sejak tahun 2018 dan memang menargetkan pinjaman untuk berbagai kebutuhan anak-anak supaya tetap bisa tingkatkan literasi. Mulai dari pembiayaan kuliah, sekolah bahkan kursus. Pintek adalah platform yang bisa kalian akses secara mudah dengan fast internet provider tepat supaya tidak ada kendala tentunya.

#5. Hacktiv8

Untuk yang membutuhkan startup pendidikan agar bisa meningkatkan skill web atau ingin jadi webmaster bisa mengikuti bootcamp dari Hacktiv8. Perusahaan startup ini menyediakan belahan full stack JavaScript selama 12 minggu dengan 11 jam kelas setiap harinya. Adapun perusahaan ini sudah sudah berdiri sejak tahun 2016 dan semakin memperluas jaringannya dengan berbagai perusahaan terkemuka seperti Bornevia, Berry Kitchen, Dimo, Loket dan masih banyak lagi.

Menariknya setelah mengikuti kursus ini jika dalam waktu 120 hari setelah kursus kalian tidak bisa mendapatkan pekerjaan di bidang yang sama, maka Hacktiv8 akan menawarkan bantuan mencari kerja. Bahkan kalian juga bisa mendapatkan garansi jaminan uang kembali.

#6. HarukaEdu

Startup satu ini lebih fokus kepada penyelenggaraan pendidikan online untuk universitas, perusahaan dan juga karyawan. HarukaEdu diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia lewat pendidikan yang lebih fleksibel. Ada tiga layanan yang diberikan oleh startup satu ini yaitu CorporateEdu untuk perusahaan UniEdu untuk perguruan tinggi dan juga Pintaria untuk individu.

Adapun startup ini berdiri sejak tahun 2013 dan tentu saja sangat menjanjikan semua kalangan tingkatkan literasi digital masa kini.

#7. Arkademy

Arkademy merupakan startup pendidikan yang juga banyak membantu mencetak SDM berkualitas dan bisa bersaing dalam dunia kerja. Salah satu programnya yang populer adalah program bootcamp. Di mana lewat program ini, kalian akan melalui beberapa tahapan mulai dari pendaftaran hingga seleksi online, juga proses wawancara hingga on boarding.

Lewat program ini kalian bisa mendapatkan banyak keuntungan mulai dari pelatihan intensif dengan mentor berpengalaman, pengalaman tentunya dan juga pertemanan baru. Menariknya bootcamp ini dikhususkan untuk anak SMA atau SMK yang langsung hendak turun ke dunia kerja.

*

Lewat berbagai platform startup hadir untuk tingkatkan literasi digital masa kini, siapapun bisa belajar baik di usia pendidikan maupun pendidikan lanjutan. Bahkan jika kalian sedang bersiap-siap untuk masuk ke dunia kerja bisa meningkatkan berbagai skill lewat startup edukasi. Semoga kita bisa memanfaat dan mendukung startup pendidikan karya anak bangsa ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mengikat ilmu dan kisah dan tulisan. Seorang Ibu, Fasilitator, Asesor dan Eksportir yang hobi bercerita lewat tulisan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image