Perpeloncoan adalah Pemikiran Kuno

Image
Firhan Saefa
Eduaksi | Wednesday, 10 Aug 2022, 23:17 WIB

Jakarta, 11 Agustus 2022

Perpeloncoan yang masih terjadi di kampus adalah hal yang sangat disayangkan. Perlu ada evaluasi dalam pelaksanaan kegiataan penyambutan mahasiswa baru yang memulai perjalanan nya menimba ilmu di lingkungan kampus.

Tentu nya hal ini menjadi fokus para panitia atau para organisator dan yang terlibat dalam kegiatan orientasi tersebut. Balas dendam bukan menjadi solusi baik untuk generasi penerus di lingkungan kampus. Dengan melontarkan kalimat "Saya dulu lebih Parah dibanding kalian" , "Kalian belum seberapa" yang justru tidak menghasilkan apa-apa. Lantas mau seperti apa mahasiswa baru diperlakukan? Apakah itu masih dikatakan sebagai hal yang wajar? Tentu tidak!

Kita bicara sebagai mahasiswa insan terdidik, menjadikan kampus sebagai tempat belajar dan mencari pengalaman, bukan sebagai pemberi suntikan trauma yang sulit untuk dilupakan mahasiswa baru. Berikanlah contoh baik kepada mahasiswa baru yang ingin memulai mengemban ilmu di dunia perkuliahan.

Saya pribadi sebagai Anggota Pimpinan Cabang IMM Jakarta Pusat menghimbau kepada seluruh Kader IMM Jakarta Pusat, agar ini menjadi fokus kita sebagai mahasiswa dalam menyambut mahasiswa baru. Ciptakanlah lingkungan yang positif di dalam kampus yang membuat mahasiswa merasa nyaman dalam menuntut ilmu.

Sebab apa? Kita membawa nama instansi yang tentu nya perlu kita jaga nama baik dan marwah nya. Kita membawa nama baik Muhammadiyah dan IMM Jakarta Pusat khusus nya adalah tanggungjawab kita sebagai kader .

Dalam pelaksanaan menyambut mahasiswa baru yang biasa kita adakan dengan kegiatan MASTAMA (Masa Taaruf Mahasiswa), tentu perlu kita tunjukkan bukti kita sebagai mahasiswa yang terdidik dengan baik dan dengan cara yang elegan. Kita bisa memberikan pengajaran dan pendampingan dalam belajar, memperkenalkan kampus, memberikan semangat belajar, dan lain hal. Itu yang saya rasa perlu di lakukan para senior di kampus, bagaimanapun juga mahasiswa baru adalah generasi penerus.

Semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita semua.

Tertanda

Firhan Saefa Jamil

Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Jakarta Pusat

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Manusia membutuhkan Kata untuk menyampaikan Cinta

Perpeloncoan adalah Pemikiran Kuno

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Ketua DWP Rutan Temanggung Hadiri Pertemuan Rutin Persatuan Ibu-Ibu Pengayoman dan PIPAS Jateng

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Hadapi Indonesia Emas 2045, Begini Pesan Menko PMK Kepada Mahasiswa Baru UM Bandung

Image

Pamerkan Hasil Karya WBP, Rutan Demak Turut Ramaikan Car Free Day

Image

Mencerahkan! 414 Mahasiswa Baru Ramaikan Masta PMB UMS 2022 Gelombang 3

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image
-->