Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lola Kurnia Ayu

PESERTA KKN TEMATIK UPI 2022 KELOMPOK 1 MENYELENGGARAKAN SEMINAR DAN WORKSHOP untuk masyarakat DI RW

Info Terkini | Wednesday, 10 Aug 2022, 13:35 WIB

Peserta KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Bumi Siliwangi Bandung menggelar Seminar dan Workshop “Mewujudkan Masyarakat Berdaya dan Berdampak melalui Karya” menjadi Tema untuk Seminar dan Workshop kali ini,dilaksanakan sabtu,30 juli 2022 bertempat di TK An-Nur RW O6 kelurahan Gegerkalong, kota bandung.

Berdasarkan Pendataan serta Observasi kepada setiap warga, menunjukkan bahwa warga di RW 06 kelurahan Gegerkalong, bandung. Rata-rata memiliki penghasilan minim, serta banyak yang perlu mendapatkan bantuan, karena mengingat pandemi covid yang belum berakhir, ada beberapa yang tidak bekerja karena PHK.

Dimana tema KKN kelompok 1 yaitu Desa Tanpa Kemsikinan, dalam Rangka mencapai Tujuan Desa Tanpa Kemiskinan, pertama hal yang dilakukan kelompok 1 yaitu melakukan pendataan dikelurahan Gegerkalong, dimana pemerintah daerah serta pemerintah desa harus saling bekerja sama dalam meningkatkan pendapatan penduduk miskin, disini kelompok 1 ikut serta membantu pemerintah desa untuk mendata masyarakat terutama RW 06, dari hasil yang kami dapatkan masih banyak warga yang belum mendapatkan bantuan seperti BPNT,PKH,KIS,KIP,DTKS dan lain-lain.

Dari hasil yang kami dapatkan dari pendataan tersebut, kelompok 1 termotivasi untuk mengadakan Seminar dan Workshop yang dapat membantu mengubah pola pikir masyarakat umum menjadi inspirasi sebagai alternatif sumber pendapatan baru dikeluarga serta masyarakat mampu mengelola keuangan keluarga dengan baik.

Dimana Seminar ini terdiri dari 2 bagian materi, sesi pertama "Pola Pikir Merubah Pola Hidup dimana pematerinya oleh Ryfa Meriam Mahasiswa Psikologi UPI 2019, sesi kedua “Strategi Mengelola Keuangan Keluarga oleh Muhamad Sultan Agung Mahasiswa Bimbingan Konseling UPI 2019, dan sesi ketiga Workshop atau Pelatihan Membuat Buket Bunga Snack oleh Ema Ernayani Mahasiswa Manajemen UPI 2019, dimana Workshop ini untuk mendorong masyarakat untuk memulai usaha kecil sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan serta mengatasi kenaikan angka kemiskinan masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh masyarakat umum RW 06 ibu-ibu maupun Remaja, serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ibu Dr. HJ.Yayah Rahyasih,M.Pd dan dan ketua Rw 06 Bapak Dian Handian, dengan diadakannya Seminar dan Worksop ini diharapan dapat meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) dan dengan diadakannya seminar dan Workshop ini dapat memotivasi masyarakat setempat Dan membuat masyarakat semangat memulai usaha kecil untuk menambah pendapatan keluarga.

Dengan diadakan Kegiatan ini terlihat antusiasme partisipasi peserta dan pada saat sesi tanya jawab yang terlihat sangat interaktif, dari banyaknya pertanyaan yang mereka tanyakan kepada pemateri. Kehadiran mahasiswa UPI ditengah masyarakat mendapatkan feedback yang positif dari masyarakat RW 06 Kelurahan Gegerkalong untuk menghadiri kegiatan Seminar dan Workshop, terutama bagi masyarakat umum RW 06 ibu-ibu maupun Remaja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image