Pentingnya Fasilitas dan Kenyamanan Berolahraga di Sekolah

Image
AGIL MEILANA
Olahraga | Tuesday, 09 Aug 2022, 23:14 WIB
Sabtu, 30 Juli 2022, oleh Agil Meilana Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang sadar dan sistematis bagi individu atau anggota suatu masyarakat. Pendidikan jasmani dalam rangka pendidikan manusia dilaksanakan melalui berbagai kegiatan jasmani untuk mencapai pertumbuhan jasmani, kesehatan jasmani, keterampilan dan kemampuan, kecerdasan, kepribadian, dan perkembanga

Ada beberapa permasalahan dalam penedidikan jasmani disekolah seperti kurangnya sarana dan prasarana sekolah, terbatasnya waktu belajar yang tersedia bagi guru, dan rendahnya minat terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah merupakan penyebab utama permasalahan di Indonesia. Ada juga dampak pada siswa seperti. siswa cenderung apatis, tidak termotivasi untuk belajar, mudah bosan, dan kurang kreativitas dan inovasi.

Berdasarkan Undang-Undang Keolahragaan Nasional Nomor 3 Tahun 2005, Pasal 5 menyebutkan bahwa keselamatan dan keamanan merupakan salah satu asas penyelenggaraan olahraga. Hal ini sangat masuk akal karena keselamatan merupakan hal yang utama dalam segala bentuk kegiatan dan keselamatan merupakan inti dari kehidupan. Menurut undang-undang, yang dimaksud dengan olahraga pendidikan, olahraga massa, dan olahraga kompetitif, yang hanya melayani kepentingan bidang olahraga untuk menghasilkan manusia yang sehat, bugar, dan efisien.

Dalam pendidikan jasmani di Indonesia, selain undang-undang di atas, unsur keselamatan dalam pendidikan olahraga merupakan salah satu komitmen Badan Standar Nasional Pendidikan dengan mencantumkan ketentuan bahwa semua proses olahraga harus selalu diperhatikan dan diberikan keselamatan. Hal senada juga disampaikan Melograno (1996.:46), namun faktor keamanan sangat penting karena kegiatan olahraga pendidikan mengandung risiko yang kompleks.

AL-LATHIF ISLAMIC SCHOOL (AIS) Bandung adalah Sekolah Islam Internasional dengan kurikulum Cambridge yang memadukan antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Islam serta Program Tahfidz dengan mengedepankan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter anak dari jenjang SD, SMP dan SMA. Pembaharuan infrastruktur keolahragaan diperlukan untuk menunjang keselamatan, minat dan motifasi siswa dalam pendidikan jasmani di sekolah.

Adanya pemasangan jaring dilapangan berpengaruh terhadap kenyamanan belajar pendidikan jasmani sehingga siswa dapat berolahraga dengan leluasa. Lapanganpun didesain sebagai upaya peningkatan minat berolahraga disekolah. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil pengisian kuesioner pemasangan jaring dan desain lapangan yang menyebutkan bahwa 97% siswa merasa terbantu dalam keleluasaan berolahraga dan meningkatkan motifasi pembelajaran siswa dalam pendidikan jasmani disekolah.
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rutan Salatiga Sah Memiliki Kepala Subseksi Pengelolaan

Image

Layanan PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor Berbasis Digital

Image

5 Rekomendasi Restoran Legendaris Terbaik Di Jakarta

Image

Islam Solusi Jitu Atasi Stunting

Image

Cegah Gangguan Kamtib, Rutan Jepara Gelar Razia kamar Blok Hunian

Image

Petugas Lapas Narkotika Samarinda Gagalkan Penyelundupan Sabu Melalui Pengunjung Perempuan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image