Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AGIL MEILANA

Pentingnya Fasilitas dan Kenyamanan Berolahraga di Sekolah

Olahraga | Tuesday, 09 Aug 2022, 23:14 WIB
Sabtu, 30 Juli 2022, oleh Agil Meilana Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang sadar dan sistematis bagi individu atau anggota suatu masyarakat. Pendidikan jasmani dalam rangka pendidikan manusia dilaksanakan melalui berbagai kegiatan jasmani untuk mencapai pertumbuhan jasmani, kesehatan jasmani, keterampilan dan kemampuan, kecerdasan, kepribadian, dan perkembanga

Ada beberapa permasalahan dalam penedidikan jasmani disekolah seperti kurangnya sarana dan prasarana sekolah, terbatasnya waktu belajar yang tersedia bagi guru, dan rendahnya minat terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah merupakan penyebab utama permasalahan di Indonesia. Ada juga dampak pada siswa seperti. siswa cenderung apatis, tidak termotivasi untuk belajar, mudah bosan, dan kurang kreativitas dan inovasi.

Berdasarkan Undang-Undang Keolahragaan Nasional Nomor 3 Tahun 2005, Pasal 5 menyebutkan bahwa keselamatan dan keamanan merupakan salah satu asas penyelenggaraan olahraga. Hal ini sangat masuk akal karena keselamatan merupakan hal yang utama dalam segala bentuk kegiatan dan keselamatan merupakan inti dari kehidupan. Menurut undang-undang, yang dimaksud dengan olahraga pendidikan, olahraga massa, dan olahraga kompetitif, yang hanya melayani kepentingan bidang olahraga untuk menghasilkan manusia yang sehat, bugar, dan efisien.

Dalam pendidikan jasmani di Indonesia, selain undang-undang di atas, unsur keselamatan dalam pendidikan olahraga merupakan salah satu komitmen Badan Standar Nasional Pendidikan dengan mencantumkan ketentuan bahwa semua proses olahraga harus selalu diperhatikan dan diberikan keselamatan. Hal senada juga disampaikan Melograno (1996.:46), namun faktor keamanan sangat penting karena kegiatan olahraga pendidikan mengandung risiko yang kompleks.

AL-LATHIF ISLAMIC SCHOOL (AIS) Bandung adalah Sekolah Islam Internasional dengan kurikulum Cambridge yang memadukan antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Islam serta Program Tahfidz dengan mengedepankan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter anak dari jenjang SD, SMP dan SMA. Pembaharuan infrastruktur keolahragaan diperlukan untuk menunjang keselamatan, minat dan motifasi siswa dalam pendidikan jasmani di sekolah.

Adanya pemasangan jaring dilapangan berpengaruh terhadap kenyamanan belajar pendidikan jasmani sehingga siswa dapat berolahraga dengan leluasa. Lapanganpun didesain sebagai upaya peningkatan minat berolahraga disekolah. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil pengisian kuesioner pemasangan jaring dan desain lapangan yang menyebutkan bahwa 97% siswa merasa terbantu dalam keleluasaan berolahraga dan meningkatkan motifasi pembelajaran siswa dalam pendidikan jasmani disekolah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image