Sosialisasi Dan Pembinaan Pariwisata Berkelanjutan KKN Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Image
Mochamad Rifqi Zulfikar
Wisata | Tuesday, 09 Aug 2022, 21:10 WIB

Pariwisata adalah suatu kegiatan untuk melakukan suatu perjalanan yang bertujuan mendapatkan sebuah kenikmatan, mencari kepuasan, mengetahui sesuatu, memperbaiki kesehatan, menikmati olahraga atau istirahat, menunaikan tugas, berziarah dan tujuan lainnya.

Saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) tidak lagi fokus mengejar angka kunjungan wisatawan di Indonesia saja, tapi lebih fokus pada usaha mendorong pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism di Indonesia.

Singkatnya, sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan adalah pengembangan konsep berwisata yang dapat dapat memberikan dampak jangka panjang. Baik itu terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi untuk masa kini dan masa depan bagi seluruh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung.

Dalam kesempatan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Pariwisata Berkelanjutan", kami mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan KKN di salah satu desa yang berada di Kabupaten Bogor, yaitu Desa Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor selama kurang lebih dua minggu.

Setelah melakukan Riset pada sebelumnya kami tertarik dengan sebuah desa yang berlokasikan di bawah kaki Gunung salak ternyata memiliki berbagai macam atraksi yang berpotensi untuk di kembangkan guna terciptanya Pariwisata Berkelanjutan atau sustainable tourism.

Melimpahnya sumberdaya Alam dan Atraksi yang berada di desa tersebut seharusnya dapat mendongkrak dan memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat setempat, namun masih minimnya pengetahuan masyarakat mengenai potensi yang di miliki oleh lingkungan mereka membuat kami tergerak untuk membuat program kerja yang dapat memajukan potensi Desa Sukajaya agar dapat bersaing dengan Destinasi Wisata lokal lain maupun Destinasi Wisata yang telah mendunia.

Program kerja yang kami lakukan dalam upaya memajukan potensi Pariwisata Berkelanjutan di Desa Sukajaya antara lain melakukan observasi, sosialisasi, dan pengarahan kepada paara pelaku pengelola Objek wisata di sana dan generasi muda di Desa Sukajaya agar terciptanya sikap sadar wisata.

Dengan didampingi oleh ketua karang taruna Desa Sukajaya, kami menyambangi beberapa Objek wisata di sana untuk melakukan observasi dan riset mengenai potensi Pariwisata Berkelanjutan atau sustainable tourism. dan memberikan arahan untuk mengelola berbagai Objek Wisata tersebut dengan memanfaatkan teknologi berupa sosial media agar dapat menarik minat wisata masyarakat domestik maupun internasional.

Setelah melakukan observasi dan riset, kami mahasiswa UPI melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai strategi dalam membangun Pariwisata berkelanjutan khususnya pada pengelolaan Objek wisata berbasis teknologi dengan memnfaatkan media sosial, dengan target audience generasi muda dan anggota karang taruna di Desa Sukajaya, dengan tujuan generasi muda dapat ikut andil dalam memajukan berbagai potensi yang ada di Desa Sukajaya.

Selain itu kami juga telah membuatkan Akun Media Sosial beserta Brosur Digital yang bertujuan sebagai media Digital marketing. Akun Media sosial tersebut dikelola oleh penanggung Jawab Objek Wisata agar masyarakat bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai Destinasi wisata yang beraada di Desa Sukajaya. Akun Media Sosial tersebut menggunakan Platform Tiktok Yang bernama Camping Ground Desa Sukajaya dapat diakses oleh wisatawan untuk mengetahui berbagai kabar mengenai fasilitas dan atraksi yang di miliki oleh Destinasi Wisata tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Water Quality Monitoring System Untuk Solusi Pemantauan Kualitas Air

Image

Adakan Penguatan Untuk PPNPN, Koordinator PPNPN : Kalian Bagian dari Sistem

Image

Gandeng Yatim Mandiri, BSI Maslahat Launching Ambulance Gratis untuk Dhuafa di Jawa Timur

Image

Tim Satops Patnal Rupbasan Surakarta sidak kerapian Pakaian Dinas dan Atribut Pegawai

Image

Sampaikan Beberapa Hal Penting, Karutan Majene Pimpin Apel Pagi Staf

Image

Gelar Dialog Publik RUU KUHP, Ini yang disampaikan Wamenkumham

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image