Menikmati Minuman Khas Kota Dawet Ayu

Image
ardian nur wicaksono
Kuliner | Saturday, 06 Aug 2022, 15:26 WIB

Ada banyak hidangan lezat yang bisa dicoba di Jawa Tengah, salah satunya adalah Dawet Ayu. Semua orang tahu minuman ini. Banjarnegara memiliki cita rasa minuman yang unik yang tidak ditemukan di tempat lain. Minuman ini memiliki campuran gula Jawa yang manis dengan sentuhan santan putih dari kelapa, dan sedikit pandan. Rasanya sederhana, tetapi sangat menyegarkan karena kesegarannya. Minuman ini paling cocok diminum siang hari atau musim kemarau.

Di Banjarnegara, penjual es memanggul dagangannya di pundak. Bawa berkeliling dan lihat di mana itu terasa paling nyaman bagi Anda. Sebenarnya alat jual es dawet ayu ini memiliki arti tertentu. Selidiki klasifikasi gagang sendok yang digunakan untuk mengambil hidangan ini, yang terbuat dari kayu pohon kanthil dan nama-namanya saling berhubungan. Sendok ini memiliki sosok putri boneka yang cantik pada gagangnya. Sang putri konon memiliki wajah yang lebih cantik dari tokoh pewayangan lainnya.Hal ini terlihat dari lekuk sendok yang mirip dengan wajah Dewi Srikandi.

Tentu saja, kami tidak terlalu memperhatikan makna patung Wayang di Dawet Ayu, atau menganggapnya sebagai hiasan khas pedagang. Patung wayang memiliki filosofi unik yang berbeda dari kebanyakan patung lainnya. Mereka adalah Semar dan Gareng yang masing-masing dilambangkan dengan kehadiran tokoh pewayangan yang mewakili kata mareng. Minuman ini terkenal dan populer karena harganya yang murah dan rasanya yang menyegarkan.

Jika Anda mencari dawet ayu, mungkin tidak perlu jauh-jauh. Beberapa tempat di mana Anda dapat menemukannya termasuk alun-alun kota, di sepanjang jalan raya, dan di pasar tradisional. Minuman dawet ayu ini terbuat dari tepung beras rebus dan warna hijaunya berasal dari bahan alami, seperti daun pandan. Rasa manisnya berasal dari gula kelapa dan santannya terbuat dari segar.

Berdasarkan cerita ini, Profesor Murdijati percaya bahwa orang yang minum minuman dawet dapat menemukan bahwa mereka memiliki lebih banyak energi. Minuman dawet terbuat dari cendol yang merupakan minuman yang banyak mengandung karbohidrat dan santan yang merupakan minuman dengan kandungan lemak yang tinggi. “Dawet dan santan adalah sumber energi yang dibutuhkan tubuh kita,” tambahnya. (ard)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Teknik Membuat Sop Ayam Tanpa Ribet dan Enak

Image

Semarak Persiapan Virtual Run Lapas Perempuan Palembang Ikuti Arahan Kakanwil Harun Sulianto

Image

Lapas Kelas IIB Kayuagung Melakukan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan dalam rangka HDKD

Image

Budayakan Juara, UKM Tapak Suci Umpo raih Medali di TS Jember Championship 2022

Image

Jelang HUT Ke-77 RI, MTsN 3 Bantul Persiapkan Berbagai Lomba

Image

Peringati HDKD ke-77, Kalapas Sekayu Pimpin Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image