BAGAIMANA BERSIKAP TEGAS DALAM SITUASI APAPUN

Image
Gayuh Hayuning Rayi Citra Wati
Sastra | Friday, 26 Nov 2021, 09:05 WIB

Judul Buku : Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi

Penulis : Sue Hedfield dan Gill Hasson

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Tahun Terbit : 2019

Kota Terbit : Jakarta

Jumlah Halaman : xvi+289

Harga Buku : Rp. 84.000,-

Buku berjudul “Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi” mengawali tentang pembahasan mengenai makna ketegasan. Definisi bersikap tegas menurut penulis yaitu “Bersikap tegas adalah memberi tahu orang lain sesuatu yang anda inginkan dan tidak anda inginkan dengan cara yang lugas dan penuh percaya diri.” Dalam bab awal buku tersebut juga membahas tentang mempelajari keuntungan dan kerugian jika bersikap tegas dan tidak bersikap tegas. Bab awal buku ini juga dilengkapi kuis yang bertujuan untuk mengenali situasi-situasi yang dapat dihadapi dengan bersikap lebih tegas.

Buku Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi mengajarkan para pembaca untuk mengubah cara bersikap dan berkomunikasi. Salah satu langkah terpenting yaitu adalah bersikap jelas dan spesifik tentang aspek apa saja dari perilaku dan komunikasi yang ingin diubah untuk dapat bersikap lebih tegas. Buku ini juga menerangkan tentang bahasa tubuh yang baik ketika bersikap tegas. Bahasa tubuh memiliki pengaruh terhadap kemampuan untuk bersikap tegas. Sikap tubuh itu antara lain seperti jarak, isyarat, mata, suara, penampilan, memberi dan menerima pujian, bahkan berjabat tangan.

Melalui buku Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi ini penulis mengajarkan untuk memberi tahu orang lain mengenai hal-hal yang diinginkan dan tidak diinginkan. Buku ini juga menjabarkan upaya untuk menyadari perasaan dan menyatakan secara jelas dan lugas, pentingnya memilliki tanggung jawab serta tidak menyalahkan orang lain akibat hasil dari interaksi.

Dalam buku Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi membahas cara untuk bersikap tegas ketika ingin melontarkan kritik atau menjadi sasaran kritik. Memahami alasan-alasan yang mungkin membuat orang bereaksi secara negatif terhadap kritik dan akan membahas cara-cara untuk menanganinya dengan tegas. Di dalam buku ini pembaca akan menelaah alasan-alasan yang membuat beberapa orang mengintimidasi orang lain, dan memberikan sejumlah cara untuk menanggapi tindakan tersebut di rumah ataupun tempat kerja.

Untuk dapat bersikap tegas, diperlukan waktu, tekad, dan keberanian. Buku Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi juga memaparkan situasi-situasi yang membuat orang sulit untuk bersikap tegas, khususnya ketika di tempat kerja dan terhadap teman serta keluarga. Buku ini juga mengajarkan untuk bersikap tegas ketika menjalani wawancara dan membeli suatu produk.

Pada bagian akhir buku Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi membahas tentang pengambilan keputusan. Kemampuan untuk mengambil keputusan yang baik dalam kehidupan merupakan pembelajaran untuk dapat bersikap tegas. Pada bagian akhir buku ini akan membahas alasan-alasan yang terkadang membuat orang kesulitan untuk mengambil keputusan. Buku ini juga membahas kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan orang untuk menghindari pengambilan keputusan. Pembaca akan dipandu enam langkah logis untuk menjadi orang yang lebih mampu mengambil keputusan.

Pada bab-bab akhir buku ini diberikan pula studi kasus, cerita, dan permasalahannya serta solusi untuk menanggapinya dengan tegas. Selain itu buku ini juga dilengkapi kata-kata bijak dan motivasi. Salah satu motivasi dari penulis buku ini yaitu “Ingatlah jika kita bersikap pasif, tidak berarti bahwa tidak ada yang akan terjadi. Sikap semacam itu berarti membiarkan orang lain mengambil keputusan untuk kita, atau membiarkan hal-hal tak terduga memaksa kita berjalan ke arah yang mungkin tidak kita inginkan.” -sue Hadfield dan Gill Hasson

Salah satu kata-kata bijak yang dimuat dalam buku ini yaitu “Kritik adalah sesuatu yang mudah kita hindari dengan tidak mengatakan apapun, tidak melakukan apapun, dan tidak menjadi apapun.” -Aristoteles.

Bersikap tegas tidak menjamin orang akan bahagia dan diperlakukan dengan adil oleh orang lain, tidak membuat semua masalah akan terpecahkan, tidak pula menjadikan seseorang selalu mendapatkan segala sesuatu yang diinginkan. Namun ada satu hal yang pasti, bersikap tegas akan memperbesar peluang untuk mendapatkan semua itu.

Buku Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi cocok dibaca oleh semua kalangan karena di dalam buku ini dilengkapi tips dan solusi agar pembacanya lebih paham. Terdapat kelemahan dan kelebihan pada buku ini. Kelebihan pada buku ini yaitu bahasa yang digunakan penulis buku ini sangat komunikatif serta bahasanya jelas sehingga mudah dipahami ketika membacanya. Sedangkan kelemahannya yaitu cover dari buku ini kurang menarik perhatian.

Dengan membaca buku ini, berarti telah mengawali perjalanan yang akan mengubah kehidupan. Berikan waktu pada diri sendiri dan bersabarlah pada kemajuan. Setiap kali berhasil mengatasi rasa takut dan melakukan sesuatu dengan tegas, hal itu akan lebih mudah dilakukan pada kesempatan berikutnya. Membaca buku ini takkan menjadikan orang terkaya di dunia, tetapi dapat menciptakan perubahan yang penting dan memuaskan dalam kehidupan.

Peresensi :

Nama : Gayuh Hayuning Rayi Citra Wati

Mahasiswa : Universitas Muhammadiyah Malang

Fakultas : Ilmu Kesehatan

Prodi : Farmasi

Desen Pembimbing : Dr. Daroe Iswatiningsih, M.Si.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

TP PKK Tanjung Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw

Image

5 Tips Aman dan Cara Menggunakan WhatsApp Web

Image

Bisnis Waralaba/Franchise dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah

Image

Pengawas Apresiasi PKKM Kepala MTsN 6 Bantul

Image

PP. Muhammadiyah Sampaikan Belasungkawa dan Duka Untuk Korban Letusan Gunung Semeru

Image

Evaluasi KIP tahun 2021

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image