Mi Gomak Kuliner khas Batak Yang Jarang Terdengar

Image
Faizal Meyrandi
Kuliner | Saturday, 06 Aug 2022, 00:01 WIB

Jika anda berkunjung ke Danau Toba sangat di sayangkan bila tidak mencicipi makanan khasnya. Mungkin makanan khas yang biasa terdengar di telinga wisatawan adalah Arsik, soto medan, juga durian. Padahal Mi Gomak bisa juga menjadi refrensi kuliner andalan wisatawan. Mi Gomak adalah kuliner khas suku Batak Toba. Makanan ini juga merupakan andalan bagi provinsi Sumatera Utara.

Mi Gomak mudah di temukan di banyak warung pinggir jalan. Salah satu warung penjual Mi Gomak yang bisa saja menjadi referensi sobat travel adalah Mi Gomak Br Saragih. Rasa Mi Gomak di warung ini sangat kaya akan rempah-rempahnya. Eiits itu di karenakan Inang Boru Saragih (nama penjual) selalu menggunakan resep turun temurun dari sang ibu.

Mi Gomak memiliki rasa yang gurih, asam dan pedas yang berasal dari Andaliman (merica khas Batak) Proses pemasakannya pun masih menggunakan tungku tradisional, katanya untuk menjaga rasa dan penyerapan bumbu lebih terasa pada mie serta menjaga aroma bumbu andalimannya tetap wangi. Bu Saragih mengatakan bahwa Mi Gomak tidak boleh di masak sembarangan. Takaran bumbunya juga harus pas. Dan ketika proses memasaknya juga harus menggunakan tungku tradisional agar aroma bumbu terjaga dan juga meresap ke dalamnya.

Berlokasi di Simarjarunjung kabupaten Simalungun, warung ini tidak pernah sepi pembeli. Selain rasa Mi Gomaknya yang khas, warungnya juga sangat nyaman dan indah. Karena pengunjung juga bisa sekalian melihat gagahnya air terjun Sipisopiso. Rahmat seorang pengunjung Mi Gomak Br Saragih menuturkan kalau rasa dari Mi Gomaknya adalah juara, dan lokasinya juga sangat nyaman dan indah.

Nama Mi Gomak sendiri memang jarang terdengar di telinga wisatawan apalagi wisatawan yang datang dari luar pulau Sumatra. Mi Gomak sendiri sudah menjadi makanan khas turun temurun bagi suku Batak Toba. Mi Gomak selalu ada di tiap acara baik acara adat, maupun acara hajatan.

Jika anda berniat untuk berwisata ke sekitaran Danau Toba Mi Gomak Br Saragih bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda. Dan selalu ingat untuk selalu menjaga sikap, dan buang sampah pada tempatnya agar tempat yang kita datangi selalu bersih dan terjaga.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image