Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Faizal Meyrandi

Mi Gomak Kuliner khas Batak Yang Jarang Terdengar

Kuliner | Saturday, 06 Aug 2022, 00:01 WIB

Jika anda berkunjung ke Danau Toba sangat di sayangkan bila tidak mencicipi makanan khasnya. Mungkin makanan khas yang biasa terdengar di telinga wisatawan adalah Arsik, soto medan, juga durian. Padahal Mi Gomak bisa juga menjadi refrensi kuliner andalan wisatawan. Mi Gomak adalah kuliner khas suku Batak Toba. Makanan ini juga merupakan andalan bagi provinsi Sumatera Utara.

Mi Gomak mudah di temukan di banyak warung pinggir jalan. Salah satu warung penjual Mi Gomak yang bisa saja menjadi referensi sobat travel adalah Mi Gomak Br Saragih. Rasa Mi Gomak di warung ini sangat kaya akan rempah-rempahnya. Eiits itu di karenakan Inang Boru Saragih (nama penjual) selalu menggunakan resep turun temurun dari sang ibu.

Mi Gomak memiliki rasa yang gurih, asam dan pedas yang berasal dari Andaliman (merica khas Batak) Proses pemasakannya pun masih menggunakan tungku tradisional, katanya untuk menjaga rasa dan penyerapan bumbu lebih terasa pada mie serta menjaga aroma bumbu andalimannya tetap wangi. Bu Saragih mengatakan bahwa Mi Gomak tidak boleh di masak sembarangan. Takaran bumbunya juga harus pas. Dan ketika proses memasaknya juga harus menggunakan tungku tradisional agar aroma bumbu terjaga dan juga meresap ke dalamnya.

Berlokasi di Simarjarunjung kabupaten Simalungun, warung ini tidak pernah sepi pembeli. Selain rasa Mi Gomaknya yang khas, warungnya juga sangat nyaman dan indah. Karena pengunjung juga bisa sekalian melihat gagahnya air terjun Sipisopiso. Rahmat seorang pengunjung Mi Gomak Br Saragih menuturkan kalau rasa dari Mi Gomaknya adalah juara, dan lokasinya juga sangat nyaman dan indah.

Nama Mi Gomak sendiri memang jarang terdengar di telinga wisatawan apalagi wisatawan yang datang dari luar pulau Sumatra. Mi Gomak sendiri sudah menjadi makanan khas turun temurun bagi suku Batak Toba. Mi Gomak selalu ada di tiap acara baik acara adat, maupun acara hajatan.

Jika anda berniat untuk berwisata ke sekitaran Danau Toba Mi Gomak Br Saragih bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda. Dan selalu ingat untuk selalu menjaga sikap, dan buang sampah pada tempatnya agar tempat yang kita datangi selalu bersih dan terjaga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image