Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image IHSAN HAMDI

Menerapkan Pola Hidup Sehat dan pemberdayaan tentang lingkungan yang bersih dan sehat

Olahraga | Thursday, 04 Aug 2022, 16:53 WIB
Kamis, 04 Agustus 2022 oleh Ihsan Hamdi Aripin Mahasiswa Kepelatihan Fisik Olahraga (KFO) Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Pola hidup sehat merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan oleh seluruh orang. Serta pola hidup ini menjadi tren pada masa sekarang ini. Hal ini dikarenakan pada jaman ini semakin banyak timbul penyakit – penyakit baru.

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit untuk dijalani. Namun sebenarnya, ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk menjaga diri kita tetap sehat.

Gaya pola hidup sehat merupakan suatu pilihan yang sangat tepat untuk melangsungkan kehidupan kita, sedangkan pola hidup sehat adalah jalan yang harus di jalani untuk memperoleh fisik yang sehat serta jasmani dan rohani. Jadi sesungguhnya hal utama dari kesehatan adalah gaya hidup sehat yang menopang kesehatan kita saat ini, karena dengan gaya hidup sehat maka akan menciptakan pola hidup sehat yang secara otomatis kita lakukan.

Melalui kegiatan KKN Tematik UPI yang telah dibagi berdasarkan kelompok maka dilaksanakanlah program sosialisasi dan edukasi mengenai Pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih dan sehat di lingkungan Yayasan Noor Rakhmah Al Lathif Kota Bandung.

sosialisasi yang kita berikan di awal yaitu mengenai lingkungan yang bersih dan sehat,Lingkungan bersih dapat diartikan sebagai kondisi dari kawasan bersih,sehingga daerah tersebut terbebas dari berbagai penyakit dan nyaman untuk dihuni,agar lingkungan di sekitar kita bersih maka perlu usaha bersama dalam mewujudkannya,sediakan juga tempat sampah agar kebersihan lingkungan menjadi terjaga.

Salah satu alasan membuang sampah pada tempatnya yaitu agar diri terhindar dari beragam penyakit yang mengintai. Sampah yang dibuang sembarangan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab penyakit. Tak hanya itu, sampah juga menyebarkan virus dan parasit melalui kontak langsung misalnya kontak fisik dengan sampah.
pembuatan dan pegecetan tempat sampah

Yang kedua yaitu Berolahraga, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh, seperti contohnya sepak bola, berenang, dan lain-lain. Olahraga juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan dari individu atau tim, dilakukan untuk hiburan.Sebagian besar orang umumnya memilih untuk berolahraga di pagi hari atau sore hari. Namun, beberapa orang meyakini kalau waktu terbaik untuk berolahraga sebenarnya adalah di pagi hari. Selain udaranya yang masih sejuk, tubuh juga masih segar untuk berolahraga.

Manfaat Berolahraga

1.Meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, serta stres.

2.Membantu menurunkan berat badan.

3.Membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan tulang.

4.Menjaga kesehatan kulit.

5.Menjaga kesehatan dan memori otak.

6.Membantu meningkatkan kualitas tidur.

Yang ketiga yaitu Pola Hidup Sehat Dengan Mengonsumsi Makanan Bergizi,

Makanan adalah salah satu faktor utama dalam hidup sehat. Kamu dapat mengganti makananmu dengan mengonsumsi makanan yang penuh gizi ,Makanan penuh gizi akan sangat membantu untuk menjadikan tubuh kamu lebih sehat. Hindari makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh.Perbanyaklah sayur dan buah, baiknya kamu mengonsumsi lima sampai enam porsi setiap harinya. Jika merasa terlalu banyak, kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi satu porsi setiap hari, lalu dalam waktu seminggu kamu tambah lagi satu porsi.

Select an ImageBody Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah angka yang menjadi penilaian standar untuk menentukan apakah berat badan Anda tergolong normal, kurang, berlebih, atau obesitas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image