Sisi Gelap dari Kehidupan Manusia

Image
Nur laelah
Sastra | Thursday, 25 Nov 2021, 14:45 WIB

Judul buku : Bising

Penulis : Kurniawan gunadi

Tahun terbit : Cetakan 1, November 2020

Tenerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta

Jumlah halaman : 156 Halaman

Email :nurlaelahella0901@gmail.com

Presensi : Nur Laelah

Didalam buku ini terdiri dari 60an cerita pendek hasil pemikiran dari seorang penulis Kurniawan Gunadi yang kisahnya hampir setiap hari kita temui didalam kehidupan sehari-hari. Mungkin ketika membaca buku ini akan terasa sama dengan apa yang kita alami, tidak semuanya bisa jadi ada 1 atau 2 cerita yang sangat mewakili diri kita.

Buku ini banyak memberikan pelajaran hidup, saat kita memahami dan mencermati kandungan didalam buku Bising ini. Seperti jangan pernah takut dalam mengambil sebuah keputusan, jangan pernah lari dari sebuah masalah, dan berani untuk memperjuangkan mimpi-mimpi yang kita miliki, dan yang terpenting buku ini juga mengingatkan kita bagai mana caranya untuk tetap bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini, karena banyak diluar sana yang masih jauh kekurangan dan menginginkan kehidupan yang layak. Namun didalam buku ini belum bisa menyajikan solusi dari setiap permasalahan. Karena banyak kisah yang ditulis didalaam buku ini menggantung sehingga tidak memberikan jalan keluar yang jelas untuk masalah yang diangkat dalam kisahnya.

Karena buku ini tidak sepenuhnya menyajikan solusi dari setiap masalah yang diangkat dalam kisah-kisah yang ditulis dibuku ini, melainkan penulis mengajak para pembaca untuk memahami alur masalah dan mengatasi kebisingan dalam permasalahan hidup. Dari awal penulis juga ingin pembaca memahami dan melihat setiap masalah dari berbagai sudut pandang, tidak semua orang memiliki jalan yang seperti kita miliki dan mampu mengambil keputusan yang seperti kita lakukan. Maka dari itu perlu adanya kesadaran dalam menghargai pilihan masing-masing, karena setiap orang memiliki prioritas tersendiri.

Dengan membaca buku ini diharapkap kita dapat untuk belajar berempati kepada orang lain yang memiliki kehidupan yang tidak sama seperti kita, atau mereka yang sedang berusaha untuk memperjuangkan kehidupannya. Tidak semua yang terlihat dari luar adalah apa yang sebenarnya terjadi. Maka dari itu bijaklah dalam mengeluarkan pendapat terhadap orang lain dan jangan pernah mudah menyimpulkan suatu permasalahan.

Saat membaca buku Bising ini, kita merasa seperti sedang berjalan diantara problematika kehidupan yang ada ditengah masyarakat yang beberapa ceritanya seperti apa yang kita rasakan. Didalam kehidupan yang penuh dengan kebisingan, serat akan berisik dengan berbagai lika liku permasalahan. Dengan membaca buku ini mungkin kita akan merasa sedikit terganggu karena sebagian besar permasalahan termasuk dalam ranah pribadi masing-masing.

Buku ini mengajak kita untuk banyak belajar memahami tentang hal-hal yang disekitar kita yang perlu dibicarakan namun tidak untuk dinilai salah benarnya. Kita bisa memilih nilai yang akan kita yakini, cara kita menyikapi hal-hal yang perlu kita sikapi dengan bijak, dan bagaimana belajar terus menjadi manusia yang lebih baik dengan cara masing-masing.

Setiap cerita yang ada dalam bukiu ini, mengajak kita menentukan endingnya sendiri bagaimana porsi kita dalam menangani permasalahan sebagai manausia. Seringkali kita menghadapi masalah yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya atau bahkan jauh dari apa yang pernah kita pikirkan. Buku ini tentu saja mengajak pribadi masing-masing pembaca untuk berbicara dengan hati, menemukan suatu ke-Bising-an dan menerimanya sebagai suatu cara untuk mendewasakan. Bagaimana bertoleransi dengan nilai nilai yang dimiliki oleh orang lain.

Topik yang banyak diangkat dalam buku ini adalah tentang keluarga, relasi, pertemanan, dan bagaimana cara berkomunikasi kita dengan orang lain. Bagaimana kita mampu menempatkan diri kita yang selalu memiliki banyak sekali peran dalam kehidupan. Menjadi orang tua, seorang anak, menjadi seorang teman atau sahabat, atau seorang yang memiliki pangkat, kekuasaan atau seseorang yang memiliki banyak pengakuan, atau kita sebagai seseorang yang bahkan tidak memiliki apapun dalam kehidupan.

Setiap manusia memiliki alur dalam menempuh jalan sunyi dan sepi yang akan menuntun diri dalam banyak mendengar suara bising. Semakin sunyi dan sepi jalan yang kita tempuh maka akan semakin jelas kebisingan yang akan kita dengar. Dan dari buku ini kita akan mampu belajar bersyukur akan masalah-masalah dan lebih berempati terhadap orang lain dibalik wajah yang terlihat baik-baik saja

Keunggulan buku

Buku ini banyak memberikan pelajaran hidup saat kita dapat memahami dan mencermati kandungan didalamnya. Misalnya jangan pernah takut dalam mengambil sebuah keputusan, memiliki rasa tanggung jawab, jangan pernah lari dari sebuah masalah, dan berani untuk memperjuangkan mimpi-mimpi yang kita miliki, melatih untuk lebih memahami dan berempati terhadap orang lain dan yang terpenting buku ini juga mengingatkan kita bagai mana caranya untuk tetap bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini, karena banyak diluar sana yang masih jauh kekurangan dan menginginkan kehidupan yang seperti kita rasakan.

Kekurangan buku

Kisah yang ada didalam buku banyak menggantung para pembaca sehingga menimbulkan rasa gregetan dan penasan terhadap kelanjutan cerita.

*)Mahasiswa fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang

Nama : Nur laelah

Tempat /Tanggal Lahir : Sari, 30 Januari 2001

Alama : Nusa Tenggara Barat

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sisi Gelap dari Kehidupan Manusia

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI MILENIAL

Image

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

Image

Hukum Kontrak dalam Muamalah Islam

Image

Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image

Peluncuran E-Book, 'Berbeda, Berdialog dan Berjuang Bersama'

Image

Pengembangan metode bank syariah sebagai solusi utama pencegahan adanya riba dalam pelaksanaan kegia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image