Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aldhea Nabila

KKN UPI Tematik 2022: Sosialisasi Antisipasi Pencegahan Pelecehan Seksual

Eduaksi | Tuesday, 02 Aug 2022, 15:46 WIB
Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Pelecehan Dan Kekerasan Seksual (dok.pribadi)

Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan kembali kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejak tanggal 11 Juli 2022. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh kurang lebih 7000 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung maupun di Kampus Daerah (KAMDA), memiliki tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM. KKN merupakan mata kuliah wajib yang harus dilakukan oleh seluruh mahasiswa UPI. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilakukan secara berkelompok dengan domisili tempat tinggal mahasiswa.

Sebanyak kurang lebih 7000 mahasiswa yang dibagi menjadi 188 kelompok, mendapatkan sub tema yang berbeda. Salah satunya, kelompok 67 yang mendapatkan sub tema yaitu desa ramah perempuan yang didampingi oleh bapak Dr. Mahmud Fasya, S.Pd., M.A selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pelaksanaan program yang dilakukan kelompok 67 dilaksanakan secara kelompok kecil berdasarkan kelurahan masing-masing anggota kelompok. Sosialisasi menjadi salah satu program kerja yang dilakukan untuk kegiatan KKN di Kelurahan Cihaurgeulis.

Aldhea Nabila, yang merupakan salah satu mahasiswa UPI dari kelompok 67.Pada pelaksanaanya, melakukan program sosialisasi mengenai pelecehan dan kekerasan seksual mengambil judul yaitu “ Menumbuhkan Keberanian Dengan Meningkatkan Kepercayaan Diri Untuk Mencegah Kekerasan Dan Pelecehan Seksual”. Sosialisasi dilakukan kepada remaja yang berada di Kelurahan Cihaurgeulis. Sosialisasi ini penting dilakukan mengingat maraknya kasus pelecehan di Indonesia.

“Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi saya apalagi masyarakat disini, banyak yang saya ketahui dari sosialisasi ini yaitu bentuk-bentuk, pencegahan, dan lain-lain mengenai pelecehan dan kekerasan seksual. Saya sebagai karang taruna disini pasti akan menyebarluaskan informasi-informasi penting dari sosialisasi ini” ungkap Vani selaku remaja di Kelurahan Cihaurgeulis, Minggu (31/07/2022).

Sosialisasi ini diharapkan dapat menambahkan informasi mengenai pelecehan dan kekerasan seksual yaitu pengertian, bentuk-bentuk, dan pencegahan pelecehan dan kekerasan seksual. Sehingga remaja di Kelurahan Cihaurgeulis ini tidak menjadi pelaku maupun korban dalam pelecehan dan kekerasan seksual. Selain sosialisasi juga terdapat infografis yang dibagikan kepada masyarakat di Kelurahan Cihaurgeulis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image