Atlet Yordania Tolak Bertanding dengan Atlet Zionis

Image
Zainab Al-Muhdar
Olahraga | Monday, 01 Aug 2022, 23:20 WIB
Maysir Al-Dahamsheh, Foto = almayadeen.net

Minggu (31/7), Atlet Taekwondo Yordania Maysir Al-Dahamsheh menolak untuk bertanding dengan atlet Zionis pada Kejuaraan dunia Junior dan Cadet 2022 yang diselenggarakan di Bulgaria. Ia mengundurkan diri dari pertandingan meraih medali perunggu sebagai protes terhadap normalisasi hubungan beberapa negara Arab dengan rezim Zionis serta solidaritas terhadap bangsa Palestina.

Maysir Al-Dahamsheh gagal mengantongi medali perunggu setelah melakukan pengunduran diri dan menolak untuk bertanding dengan atlet Zionis. Hal yang serupa juga dilakukan oleh atlet nasional pemain anggar Yordania pada bulan April silam yaitu Eyas Al-Zamer yang mengundurkan diri dari kejuaraan dunia ketika mengetahui dirinya harus berhadapan dengan atlet Zionis di Dubai, UEA. Aksi Eyas Al-Zamer tersebut juga menuai pujian dari beragam pihak termasuk dari Yordania movement lainnya (dikutip dari media albawaba) yang mengucapkan selamat kepada Eyas Al-Zamer dengan kutipan sebagai berikut :

“Pengorbanan atlet untuk mencegah Israel meninggalkan isolasi dan mengingatkan dunia tentang pentingnya menentang kejahatan dan pendudukan rezim melalui acara olahraga global internasional layak mendapat pujian,” dikutip dari media albawaba dalam tweet salah satu Jordania's movement.

Eyas Al-Zamer, Foto = middleeastmonitor dikutip dari Turki Shalhoub

Aksi menolak normalisasi dengan Zionis dalam bidang olahraga juga sebelumnya banyak dilakukan oleh beragam atlet yang berasal dari negara-negara timur tengah bahkan populer di media internasional seperti atlet Judo Aljazair Fethi Nournie yang mengundurkan diri dari kejuaraan Olimpiade Musim Panas 2020 yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang setelah mengetahui dirinya akan bertanding dengan Tohar Butbul atlet Zionis tersebut dan juga aksi boikot dalam bidang olahraga juga dilakukan oleh atlet Judo Sudan Mohamed Abdalrasool sebagai atlet kedua pada Olimpiade Musim Panas 2020 yang menolak bertanding dengan atlet Zionis. Aksi ini juga dilakukan oleh para atlet lainnya sebagai bentuk solidaritas mereka terhadap penderitaan bangsa Palestina atas penjajahan yang dilakukan oleh Zionis.

-ZM-

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image