Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwi Yulianti, S.Mat, S.Pd.

TAHUN BARU 1 MUHARAM 1444 H DI SEKOLAH TUNAS IBLAM

Sekolah | Sunday, 31 Jul 2022, 19:15 WIB
Sambutan Kepala Sekolah Dasar Nasional Plus Tunas Iblam

1 Muharam 1444 Hijriyah diperingati pada Jumat, 30 Juli 2022. Sekolah Tunas Iblam ikut merayakan pergantian Tahun Hijriyah ini. Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Andalusia ini mengusung tema "Dengan Semangat Hijriyah, Kita Cerdaskan Anak Bangsa".

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini, diawali dengan kegiatan Salat Dhuha berjamaah. Pagi itu, kedatangan peserta didik disambut dengan sholawat yang dikumandangkan melalui speaker. Alunan sholawat juga mengiringi langkah kaki peserta didik menuju masjid. Himbauan untuk berangkat ke sekolah dalam kondisi berwudhu juga telah diinfokan sore hari sebelumnya. Reminder juga diinfokan pada pagi hari.

Tepat pukul 07.20 peserta didik melaksanakan salat Dhuha. Dilanjutkan dengan doa serta merapikan peserta didik membentuk saf yang lurus dan rapi.

Pembawa acara kali ini adalah Ustzah Iis Arniyani. Setelah sambutan kepala sekolah dan penampilan bakat peserta didik berupa puisi islami dan sholawat, tibalah acara inti yaitu pemaparan peristiwa seputar tahun baru islam atau tahun Hijriyah.

Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Saw. dari Kota Mekah ke Kota Madinah, menjadi awal kisah. Bagaimana akhirnya Nabi dan rombongan diselamatkan oleh sarang laba-laba di Gua Tsur mengalir menjadi rangkaian kisah teladan dari Nabi Muhammad Saw. Peserta didik yang hadir terrlihat semangat mendengakan. Sesekali tanya jawab berpadu di antara kisah yang disampaikan. Hingga tak terasa akhir dari kegiatan ini tiba. Ditutup dengan doa akhir dan awal tahun oleh Ustz Noval serta diakhiri dengan doa penutup oleh Ustz Andriansyah.

Setelah merapihkan saf dan menentukan saf yang lebih dahulu kembali ke dalam kelas, kami dewan guru beranjak mengiringi peserta didik untuk kembali melakukan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, setelah istirahat sejenak untuk snack time bersama-sama.

Semoga Tahun Baru yang diawali dengan doa bersama, Semua civitas Sekolah Tunas Iblam dapat menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dalam setiap kegiatannya.

"Selamat Tahun Baru. 1 Muharam 144H"

Rangkaian Kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H

Penulis: Dwi Yulianti

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image