Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image chinta lumintang

Essay tentang Peluang dan Ancaman Sektor Logistik di Era Digitalisasi

Eduaksi | Wednesday, 24 Nov 2021, 13:48 WIB

Nama : Chintami Vina Lumintang

NIM : 200201072185

Mata Kuliah : Pengantar Manajemen Rantai Pasok MJ106

Mahasiswa Universitas Siber Asia

Essay tentang Peluang dan Ancaman Sektor Logistis di Era Digitalisasi

Logistik merupakan perpindahan barang yang berasal dari satu titik ke titik akhir yaitu konsumen untuk memenuhi permintaan konsumen tersebut. Contohnya pembelian suatu barang dari sebuah toko akan membutuhkan jasa logistik untuk mengantar barang tersebut sampai kepada konsumen.

Digitalisasi adalah proses peralihan media dari cetak, video, audio menjadi sebuah digital dengan tujuan untuk membuat arsip sebuah dokumen dalam bentuk digital. Perkembangan pengguna digitalisasi juga berlangsung sangat cepat seakan tidak pernah berhenti.

Digitalisasi Logistik merupakan rangkaian kegiatan logistik yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian aliran yang efisien dan efektif dari barang atau jasa dan informasi terkait mulai dari titik asal sampai titik penggunaan untuk memenuhi keperluan pelangganyang ditransformasikan ke dalam format digital

Industri Logistik menjadi salah satu sektor yang memiliki pertumbuhan positif diatas rata-rata ekonomi nasional mencapai 1-10% setiap tahunnya. Meski demikian, sektor logistik sangat terdampak selama pandemi sehingga banyak mengalami penurunan. Akan tetapi, beberapa perusahaan logistik dapat survive bahkan tumbuh selama pandemi karena mereka menerapkan teknologi digital.

Di Era Digitalisasi sekarang ini dimana pesatnya pertumbuhan bisnis telah banyak menciptakan peluang bagi sektor logistik dengan menggunakan teknologi digital, untuk dapat mengembangkan dan memberikan kemudahan pelayanan bagi konsumen. Dengan memanfaatkan teknologi digital sebuah perusahan dapat melayani berbagai macam permintaan konsumen hanya dalam hitungan detik serta dapat melayani dari satu tempat ke tempat lainnya diberbagai kota bahkan sampai luar negari dengan cepat.

Saat Pandemi Covid-19 ini juga dapat menjadi Peluang bagi sektor logistik dikarenakan adanya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga membuat permintaan pengiriman barang serta jasa logistik meningkat. Oleh karena itu, sektor logistik perlu mengembangkan teknologi digital.

Perkembangan teknologi digitalisasi tidak lepas dari akses internet yang cukup signifikan, untuk itu perusahaan logistik yang menggunakan teknologi digital juga harus memperhatikan dan waspada terhadap ancaman keamanan siber karena perusahaan logistik sangat bergantung pada sistem teknologi informasi sehingga perlu dilakukan mitigasi yang baik.

Digitalisasi akan terus mempengaruhi sektor logistik, konten dan arahannya menuntut perhatian yang serius dari pelaku dan pemangku kepentingan dalam sektor logistik jika tidak ingin ketinggalan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image