5 Alasan Mengapa Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan

Image
Seni Opriliani
Bisnis | Wednesday, 24 Nov 2021, 10:06 WIB

Pernahkah Anda berbelanja di minimarket? Pasti ada anak-anak kostl yang sering membeli sabun dan mi instan, terutama di mini market. Indonesia sendiri memiliki minimarket terbesar: Indomaret dan Alfamart. Indomaret pertama kali didirikan sebelum pesaingnya, Alfamart.

Kedua minimarket itu sendiri seperti pesaing abadi. Jika Anda memiliki indomaret, pasti ada Alfamart di sebelah atau di depannya. Kadang terlintas di pikiran, tapi kenapa kedua minimarket ini selalu bersebelahan saat membuka cabang di lokasi yang berbeda?

Tidak tertarik lagi, yuk simak lima alasan kenapa toko Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan, seperti dilansir yea-indonesia.com.

Baca juga: Perbedaan Gaji Indomaret dan Alfamart

1. Adu Persaingan

Indomaret dan Alfamart saling menunjukkan taringnya untuk merebut hati konsumen, layaknya sebuah pertandingan. Kehadiran dua minimarket yang sering berdekatan menunjukkan bahwa persaingan keduanya tentu sangat ketat.

Alfamart dan Indomaret tidak mau kehilangan satu sama lain. Kedua minimarket tersebut tidak keberatan saling bersaing di satu area yang sama untuk menunjukkan eksistensinya.

2. Targetkan pasar yang lebih luas

Dimana ada pembeli, disitu ada penjual. Hal ini tentunya tidak boleh diabaikan oleh Indomaret dan Alfamart. Menargetkan pasar yang lebih luas tentunya merupakan strategi pemasaran yang diprakarsai oleh dua orang, sekalipun pasar yang harus mereka jangkau adalah pasar yang sama di wilayah yang sama.

3. Pasar besar

Pengecer menjanjikan pasar yang tak terbatas. Kebutuhan masyarakat akan makanan, minuman, produk kebersihan, dll tidak pernah berkurang. Kebutuhan tersebut semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan perubahan gaya hidup dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Karena itulah Indomaret dan Alfamart tidak takut bersaing di tempat yang sama. Mereka berdua tahu bahwa pasar yang mereka bidik adalah pasar yang sangat besar. Kekurangan konsumen tidak akan pernah menjadi kendala yang mereka takutkan, karena hal itu tidak terjadi.

4. Target tambahan outlet

Indomaret, pemimpin pasar bisnis minimarket ini, memiliki lebih dari 3000 toko dan Alfamart adalah pesaing utama. Tak akan berhenti menebar kejayaan, meski menjadi simbol eksistensi minimarket Indonesia.

Baik Indomaret maupun Alfamart sama-sama memiliki tujuan yang tidak mudah untuk menambah gerai. Keduanya tampak seperti sedang lari maraton di toko, bahkan jika mereka harus membuka toko baru di dekat pesaing mereka.

5. Membawa berbagai manfaat

Sekilas, Alfamart dan Indomaret tidak jauh berbeda, terutama di mata konsumen. Keduanya seperti saudara yang memiliki banyak kesamaan. Namun, ternyata keduanya mengakui kelebihan masing-masing.

Konsep bisnis yang berbeda dihadirkan, dan nilai tambah yang berbeda juga ditawarkan. Beberapa memiliki keunggulan harga yang lebih murah, kapasitas toko yang lebih luas, pelayanan yang lebih ramah, dan suasana yang lebih nyaman. Segala sesuatu yang ditawarkan antara dua toko dianggap nilai tambah untuk membedakan mereka dari kompetisi.

Apa kabar lima alasan Indomaret dan Alfamart selalu mesra? Kami berharap dapat memenuhi rasa ingin tahu semua pembaca kami.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penyuka Mac dan Android bergelar S.E yang suka sekali dengan IT, sekarang tersesat didunia digital marketing.

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI MILENIAL

Image

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

Image

Hukum Kontrak dalam Muamalah Islam

Image

Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image

Peluncuran E-Book, 'Berbeda, Berdialog dan Berjuang Bersama'

Image

Pengembangan metode bank syariah sebagai solusi utama pencegahan adanya riba dalam pelaksanaan kegia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image