Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LAPAS PAGARALAM

Pelatihan Pangkas Rambut, Modal Berwirausaha Warga Binaan Lapas Pagar Alam

Info Terkini | Tuesday, 26 Jul 2022, 21:05 WIB
Pelatihan Pangkas Rambut, Modal Berwirausaha Warga Binaan Lapas Pagar Alam

Pagar Alam – Dalam meningkatkan keterampilan dan keahlian warga binaan guna menjadi modal untuk berwirausaha, Lapas Kelas III Pagar Alam Kanwil Kemenkumham Sumsel melakukan pelatihan kerja bagi warga binaan, Selasa (26/07/22).

Bertempat di lapangan Lapas Pagar Alam, kegiatan di buka langsung oleh Kepala Lapas Pagar Alam, Jalaluddin. Dalam sambutannya beliau mengingatkan betapa pentingnya program pelatihan kemandirian di Lembaga Pemasyarakatan.

“Program pelatihan kemandirian ini merupakan salah satu fungsi Lembaga Pemasyarakatan sebagai lembaga pembinaan dan pendidikan yang bertujuan meningkatkan nilai tambah bagi warga binaan pemasyarakatan,” Kata Kalapas.

Sambungnya “Alhamdulillah, pada tahun ini Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Pagar Alam kembali melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan balai latihan kerja kota pagar alam. Terdapat sebanyak tiga kegiatan dalam lingkup perjanjian kerja sama kali ini diantaranya : pelatihan pangkas rambut, florist (papan bunga) dan buket (karangan bunga),” ujarnya.

Kemudian Kalapas secara resmi membuka program pembinaan kemandirian tahun 2022 di Lembaga pemasyarakatan kelas III Pagar Alam.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Lapas Kelas III Pagar Alam dengan Balai Latihan Kerja Kota Pagar Alam, kemudian secara simbolis penyematan rompi pelatihan kepada warga binaan oleh Kalapas, Kepala BLK Pagar Alam dan dilanjutkan Kasubsi Pembinaan.

Kasubsi Pembinaan, Rifqi Affandi mengatakan “Alhamdulillah penandatanganan perjanjian kerja sama ini dapat terjalin kembali, tidak lain kegiatan ini merupakan inisiasi dari Bapak Kalapas Pagar Alam dan tentunya tidak terlepas dari bantuan Balai Lingkungan Kerja Kota Pagar Alam sebagai pihak pemberi pelatihan,” ucapnya.

Pada kegiatan awal ini program pembinaan kemandirian yang pertama adalah pelatihan kerja pangkas rambut bagi warga binaan yang mendatangkan tenaga profesional pada bidangnya.

Wirausaha sendiri adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

Seorang wirausaha berperan dalam menyediakan lapangan kerja bagi para pencari kerja. Dengan terserapnya tenaga kerja oleh kesempatan kerja yang disediakan oleh seorang wirausaha, tingkat pengangguran secara nasional menjadi berkurang.

Menurunnya tingkat pengangguran berdampak terhadap naiknya pendapatan per kapita dan daya beli masyarakat, serta tumbuhnya perekonomian secara nasional. Selain itu, berdampak pula terhadap menurunnya tingkat kriminalitas yang biasanya ditimbulkan oleh karena tingginya pengangguran.

Penyematan Rompi Pelatihan oleh Kepala BLK Pagar Alam
Kalapas Menyaksikan Pengajar saat Mempraktikkan Cara Memangkas Rambut

#Kemenkumham

#KemenkumhamSumsel

#LapasPagarAlam

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image