Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

Mengenal Bahasa Pemrograman, Siapa nih yang mau jadi ahli IT, yuk Simak !

Teknologi | Tuesday, 26 Jul 2022, 09:41 WIB

Di dalam ilmu pemrograman, baik itu mobile desktop, software game, maupun jenis aplikasi yang lainnya, pastinya membutuhkan bahasa pemrograman. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa itu Bahasa Pemrograman.

Bahasa pemrograman tersebutlah yang digunakan untuk menjadikan sebuah aplikasi memiliki isi statement, perintah, atau fungsi yang bisa disesuaikan oleh pihak programmer. Pemrograman web juga harus mempunyai banyak bahasa yang digunakan karena mempunyai banyak pilihan.

Apa Itu Pemrograman Web?

Bagi kamu yang belum paham, pemrograman web merupakan sebuah istilah yang mempunyai kaitan dengan website dan internet. Mengingat bahwa pemrograman web ini adalah proses pembuatan website untuk memenuhi kebutuhan internet.

Bahkan banyak orang yang mengenal web ini dengan istilah World Wide Web atau WWW. Web itu sendiri merupakan halaman website yang terkoneksi satu dengan yang lainnya. Hal ini juga seringkali disebut sebagai hyperlink yang telah membentuk samudra informasi berjalan.

Samudra informasi itulah yang berjalan melalui protokol hypertext Transfer Protocol atau http. Oleh karena itu, pentingnya para pengembang atau developer agar segera memperbaharui informasi mengenai kemanannya situsnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Bahasa Pemograman Web

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa pemrograman web ini memiliki beberapa bahasa yang sebaiknya diketahui sebelum kamu memutuskan membuat sebuah website Berikut ini bahasa pemrograman yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, yaitu:

1.SQL (Struktural Query Language)

SQL adalah domain spesifik language untuk mengolah data pada Relational Database Management System atau RDBMS. RDBMS itu sendiri banyak digunakan para programmer dari aplikasi website sebagai pengolah basis data MZ.

Fungsinya untuk membuat, membaca, mengubah maupun menghapus data SQL, lalu ditambahkan ke halaman website. Beberapa developer menggunakan SQL sebagai bahasa pemrograman yang bisa diandalkan, karena mudah dipahami dengan baik.

2.JavaScript

JavaScript merupakan bahasa script yang berjalan pada sisi client. Artinya bahwa pemrosesan script tersebut dilakukan melalui komputer user. Biasanya, Javascript ini berguna untuk membuat animasi interaktif di halaman website.

Untuk dapat menjalankan script yang ada di JavaScript, maka membutuhkan browser yang mendukung serta mampu menjalankan JavaScript. Hal ini seringkali disebut sebagai JavaScript Enable Browser.

3.PHP atau (Hipertech Pre Processor)

Bahasa pemrograman PHP adalah bahasa script yang harus dikuasai seorang web developer. Mengingat bahwa sifatnya server side scripting. Untuk itu kamu harus menjalankan bahasa pemrograman ini tidak dengan file berekstensi PHP saja.

Akan tetapi bahasa pemrograman ini membutuhkan sebuah web server untuk dapat menjalankannya. PHP bisa diintegrasikan dengan JavaScript, HTML, Jquery, A-jak, maupun yang lainnya. Pada biasanya bahasa pemrograman PHP ini digunakan secara bersamaan dengan file bertipe HTML.

Tujuannya supaya file tetap bisa menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Agar dapat merasakan kemudahan saat menggunakan bahasa pemrograman PHP ini, maka kamu juga dapat langsung download script web, tujuannya adalah agar pemula dapat langsung mempraktekan pemrogamanan itu sendiri, tanpa perlu membangun bahasa program dari awal.

4.CSS atau (Cashcading Stylesheet)

CSS adalah bahasa stylesheet yang berguna untuk mengatur tampilan pada dokumen dengan ditulis HTML. CSS itu sendiri mempunyai CSS framework yang digunakan sebagai penambah desain tertentu di halaman web supaya desain halaman tersebut menarik dilihat.

Secara umum, penggunaan CSS ini berguna untuk mengatur halaman web dengan ditulis XHTML atau HTML.

5.HTML atau (Hypertext Markup Language)

HTML sebenarnya tidak hanya sebuah bahasa pemograman, akan tetapi juga termasuk sebagai mark up language maupun bahasa penandaan dari kumpulan tag. HTML ini pada dasarnya hanya mendeskripsikan bagian tertentu yang ada di sebuah halaman web saja.

Misalnya saja seperti isi yang perlu ditambahkan pada browser melalui cara tertentu. HTML itu sendiri menjadi standar internet yang didefinisikan maupun dikendalikan oleh W3C atau Wall White Web Consorsium.

6.Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang sebelumnya bernama ABC. Sudah banyak perusahaan raksasa dunia yang menggunakan bahasa pemrograman Python. Contohnya seperti Yahoo, Google maupun NASA.

Script pemrograman ini juga disebut sebagai bahasa pemrograman yang mempunyai tingkat tinggi, karena bisa digunakan sebagai pembangun aplikasi website maupun mobile.

7.C Sharp

C Sharp adalah penggabungan yang berasal dari C dan C++. Untuk bahasa pemrograman itu sendiri juga dikembangkan oleh pihak perusahaan raksasa Microsoft. Sebab itu untuk saat ini penggunaannya sudah lebih dari pengembangan platform Windows.

Perlu diketahui bahwa C Sharp adalah bahasa pemrograman yang fleksibel, karena bisa dieksekusi pada perangkat komputer itu sendiri. Bahkan bisa juga ditransmisikan melalui web serta dieksekusi oleh komputer atau perangkat yang lainnya.

8.Objective C

Untuk bahasa pemrograman ini adalah bahasa pemrograman yang sejak awal digunakan sebagai pengembangan perangkat Apple ketika tahun 1983. Objective C ini sudah dimunculkan menggunakan bahasa pemrograman sebagai pengembang iOS.

Namun seiring berjalannya waktu, tidak sedikit dari programmer yang telah mengembangkan website menggunakan bahasa pemrograman Objective C.

9.Matlab

Matlab termasuk sebagai bahasa pemrograman yang banyak digunakan sebagai analisis data. Beberapa orang juga dapat melakukan download script web ini untuk komputasi numerik. Mengingat bahwa kemunculannya sejak tahun 1970 ini banyak yang menggunakan sebagai akses ke linpack.

Selain itu juga bisa digunakan untuk eispack tanpa mengalami votran. Walaupun sudah banyak digunakan sebagai pengembangan bidang matematika dan statistika, akan tetapi untuk bahasa pemrograman ini juga sangat berguna sebagai pengembang website.

10.VBA atau (Microsoft Visual Basic For Application)

VBA telah dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1993. Untuk bahasa pemrograman inilah yang lebih memudahkan pihak grammar untuk dapat mengembangkan program Visual Basic yang ada di aplikasi utama Microsoft Office untuk beberapa jenis aplikasi tertentu.

Keunggulan Menggunakan Script Language

Website script language maupun bahasa pemrograman memang sangat dibutuhkan dalam dunia web development. Namun bahasa pemrograman tersebut tidak hanya memberikan keunggulan dari segi kumpulan komando yang berguna bagi penggunanya.

Akan tetapi juga mempunyai banyak kelebihan yang harus kamu ketahui. Oleh karena itu pentingnya download script web agar kamu bisa mengoperasikan web development sebagaimana mestinya. Berikut ini kelebihan yang bisa kamu rasakan, di antaranya:

● Proses pengeditan maupun coding bisa berjalan dengan mudah dan cepat.

● Memungkinkan adanya penambahan aktivitas secara dinamis serta interaksi pada halaman website.

● Lebih memungkinkan adanya pembuatan maupun pengeditan di berbagai teks editor dengan mudah dan sederhana.

● Mempunyai tugas secara kompleks.

● Untuk pengguna tidak perlu mempunyai pengalaman dan pengetahuan pemograman.

● Setiap pengguna bisa menggunakannya lebih mudah dipelajari dan mudah digunakan.

Pada intinya, bahasa pemrograman merupakan bahasa yang telah ditafsirkan untuk kebutuhan web Developer. Selain memberikan kemudahan dari segi download script web, kamu juga bisa menikmati berbagai fitur unik yang tersedia di dalamnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image