Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Choiri Setiawan

BNNP DIY Berikan Pembekalan 3 Dimensi Ketahanan Diri Remaja di SMAN 1 Wates

Eduaksi | Tuesday, 26 Jul 2022, 07:25 WIB
Foto : Istimewa/BNNP DIY

Badan Narkotika Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (BNNP DIY) menggelar pelatihan pengembangan softskill di SMA Negeri 1 Wates pada 19 Juli 2022 sampai dengan 21 Juli 2022.

Kegiatan Pelatihan Pengembangan Softskill yang diikuti oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Komite, dan Siswa SMA N 1 Wates tersebut merupakan Program Prioritas Nasional.

Pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber yaitu, Kepala BNNP DIY, Brigjen Pol Andi Fairan,S.I.K.,M.S.M, dan dua orang psikolog masing-masing Wresti Wrediningsih, M.Psi. dan Zahra Santika Utari, M.Psi.,Psikolog.

Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman serta mengembangkan kemampuan yang Aplikatif kepada Sekolah dalam menciptakan siswa yang Adaptif dalam menolak penyalahgunaan Narkoba.

Kemuduan juga memberikan Kesempatan kepada Sekolah untuk makin memperkuat Nilai dan Mutu anak Didik dalam menghadapi Tantangan dan Kemajuan Teknologi, yang sifatnya dapat diaplikasikan pada Anak Didik selanjutnya.

Adapun Materi yang disampaikan mencakup 3 dimensi ketahanan diri remaja yaitu, Self Regulation, Assertiveness dan Reaching Out. Materi dikemas dalam paparan dan praktik.

Regulasi diri/self regulation yaitu bagaimanma kita mengelola waktu, berpikir kritis dan analisis, serta mengelola perasaan. Materi assertiveness disampaikan dengan poster asertif, konsekuensi jika tidak asertif, mengutarakan keberatan.

Sedangkan materi reaching out, peserta diajak untuk membuat peta “harapanku”, menghadapi tantangan, membuat rencana penyelesaian masalah, serta meningkatkan keterampilan sosial.

Dengan pelatihan ini diharapkan pada peserta mampu memahami dan mengimplementasikan materi-materi yang telah disampaikan utamanya lingkungan Sekolah dan Keluarga. Peserta harus memiliki Daya Cegah, Daya Tangkal, dan Daya Lawan terhadap Penyalahgunaan Narkoba dengan bekal Ketahanan Diri Remaja dan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba yang kuat pada Keluarga dan remaja.

Selain itu juga dikuatkan dengan adanya Regulasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Sekolah, Pembentukan Satgas Anti Narkoba dan Dukungan Anggaran serta kegiatan P4GN untuk Civitas Akademika di SMA N 1 Wates.

Dari pelatihan ini diharapkan Anak dan Remaja (siswa) memiliki Kesiapan untuk Bersih dari Narkoba, menumbuhkan kepercayaan diri diri dalam bersosial sehingga akan memperkuat Citra Positif Siswa.

Adanya Kematangan Pola Pikir dan Mental, serta Kemampuan Sebagai Problem Solver untuk diri Siswa dan Lingkungan nya. Serta memiliki Ketahanan Diri Remaja, yaitu Kemapuan Remaja untuk mengendalikan diri, menghindar dari dan menolak segala bentuk penyalahgunaan Narkoba.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image