Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rukhan Asrori, S.S.

Luar Biasa! Sabet Satu Emas dan Tujuh Perak, MA DAFI Sidoarjo masuk TOP FOUR

Eduaksi | Sunday, 21 Nov 2021, 21:24 WIB
Tim MA DAFI Sidoarjo (santri putra) saat menjadi juara satu pada salah satu lomba Musabaqoh Fahmil Qur'an Porseni Kab. Sidoarjo 2021

Retizen Republika.co.id. MA DAFI Sidoarjo memang luar biasa dalam mempersiapkan santri putra putrinya ini. Betapa tidak, dengan waktu yang sangat terbatas kontingen sekolah ini mampu meraih posisi terhormat dalam ajang yang dinamakan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) MA Tingkat Kabupaten/Kota Sidoarjo Tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI Kabupaten Sidoarjo dimana menjadi ajang tahunan.

PORSENI Tingkat Kabupaten Sidoarjo kali ini dilaksanakan pada tanggal 08 - 13 November 2021 dan ajang ini diadakan di beberapa lokasi yang berbeda. Diantaranya di lokasi MAN Sidoarjo, GOR Stadion Delta Sidoarjo, dan MA Manbaul Hikam Tanggulangin-Sidoarjo. Lomba yang diikuti oleh MA DAFI Sidoarjo hampir semua cabang lomba diikuti dan hanya beberapa lomba yang tidak ikut serta yakni lomba menyanyi, lomba pencak silat putri, dan lomba tenis meja ganda putri. Dan rasa semangat lomba sangat dirasakan oleh para santri putra dan santri putri dengan rela berlatih dari pagi sampai malam hari dengan waktu yang sangat terbatas. "Alhamdulillah ada hasil yang maksimal dengan meraih medali emas dan perak", jelasnya Ustadz Surendra Purusottama Rangga, S.E. selaku koordinator kontingen sekolah.

Santri putri MA DAFI Sidoarjo (tengah) raih juara dua lomba lari 5000 meter di GOR Delta Sidoarjo dalam ajang Porseni Kab. Sidoarjo 2021

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan membuat seleksi kabupaten secara ketat, dan menjadikan ajang ini sangat serius ditangani secara profesional oleh pihak Kementerian Agama RI Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, PORSENI juga memberikan stimulus bagi potensi-potensi para santri MA untuk menunjukkan bakatnya di bidang non-akademik. Ustadz Surendra juga menjelaskan, "komposisi panitia dan juri pun sangat ahli di bidangnya sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan akbar ini dengan sangat baik". Beliau juga menuturkan adanya atmosfer antusiasme para peserta dari sekolah-sekolah lain se Kabupaten Sidoarjo juga muncul dengan ikut meramaikan ajang akbar ini.

MA DAFI Sidoarjo (santri putri) raih juara dua kategori lomba pidato bahasa arab Porseni Kabupaten Sidoarjo 2021

Raih emas di bidang seni telah mengantarkan satu kontingen MA DAFI Sidoarjo untuk melanjutkan ke tingkat provinsi dengan mewakili kabupaten Sidoarjo. Sedangkan ada tujuh medali perak diraih oleh para santri putra maupun putri ini pun sangat luar biasa, kenapa demikian? karena MA DAFI Sidoarjo baru mengikuti PORSENI Kabupaten kali ini adalah kedua kalinya. Akhirnya dalam klasemen babak akhir pun menunjukkan MA DAFI Sidoarjo raih "TOP FOUR" (Empat Besar) dalam perolehan medali di dalam ajang akbar tahun 2021 ini. Para pelatih lomba langsung ditangani secara profesional oleh para gurunya sehingga walaupun dengan persiapan dan latihan berdurasi hanya kurang lebih dua minggu ini sanggup menghasilkan prestasi yang luar biasa yakni satu medali emas dan tujuh medali perak. Dengan hasil ini menunjukkan bahwa bakat seluruh santri yang dimiliki oleh santri MA DAFI Sidoarjo dan sekaligus menjadi bukti kepada para wali santri bahwa potensi santri tidak hanya dalam bidang Tahfizh maupun akademik, tetapi para santri disini sangat berbakat dan mampu juara di kategori lomba-lomba yang dipertandingkan dalam ajang PORSENI Kabupaten tahun ini.

MA DAFI Sidoarjo (santri putra) raih juara 2 lomba catur putra dalam Porseni Kabupaten Sidoarjo 2021

Berikut daftar nama santri MA DAFI Sidoarjo yang berhasil menjuarai lomba-lomba dalam Porseni Kementerian Agama RI Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021 :

1. Rahmad Husyairi Putra Kelas 12 Saintek A (Juara 2 Catur Putra)

2. Zhafran Bobsaid Kelas 11 IPA A dan Muhammad Hanif Rantisi Kelas 12 Saintek A (Juara 2 Ganda Putra)

3. Amal Rahmad Mutathahharun Kelas 12 Keagamaan A (Juara 2 MTQ)

4. Farhana Fitrah Amalina Kelas 12 IPS A (Juara 2 Pidato Bahasa Arab)

5. Hilya Zahiro Kelas 11 IPA B dan Salma As Syahidah Al Haq Kelas 12 Keagamaan B (Juara 2 Badminton Ganda Putri)

6. Farrosa Aurelia Basyasya Kelas 11 IPA B (Juara 2 Atletik Lari 5000m Putri)

7. Mas Ayu Alyaa Al Mardhiyyah Kelas 11 IPA B (Juara 2 Atletik Lari 400m Putri)

8. Ulul Albab Abdillah Kelas 12 Keagaamaan A , bersama TIM bayangan Porseni MA Sidoarjo (Juara 1 Futsal U18 se Jawa Timur yang diselenggarakan BEM FIO UNESA)

9. Azya Dauzy Abyan Muhammad kelas 11 Keagamaan A, Raul Ghozali Ahmad Kelas 11 Keagamaan A dan Muhammad Faruq Ariyanto Kelas 11 IPA A (Juara 1 Musabaqoh Fahmil Al-Qur’an)

Harapannya setelah menjuarai berbagai lomba dan meraih prestasi tinggi, pihak MA DAFI Sidoarjo akan memasang target lebih tinggi lagi di tahun berikutnya dalam ajang akbar ini. Ustadz Surendra pun kian semangat luar biasa memberikan motivasi kepada seluruh santri yang telah meraih juara maupun yang belum meraih predikat sama sekali. "Ini adalah kali kedua, dan tahun depan kita akan raih prestasi yang lebih baik lagi", sambung Ustadz Rendra dalam wawancara eksklusif via chat WA.

"Terima kasih diucapkan kepada seluruh guru yang telah melatih dan membina para santri putra dan putri dengan gigih. Semoga terus menjadi ladang pahala dalam mendidik anak bangsa untuk berprestasi di edisi berikutnya", sambung Ustadz Surendra.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image