Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

Apakah Awet Tekanan Ban yang Diisi Nitrogen? Cek Disini!

Eduaksi | Friday, 22 Jul 2022, 16:29 WIB

GPSKU - Banyak pengendara sepeda motor yang mulai menggunakan nitrogen saat menggembungkan ban sepeda motor. Karena penggunaan nitrogen dianggap jauh lebih menguntungkan dibandingkan angin biasa. Misalnya, tekanan ban lebih stabil saat diisi nitrogen daripada saat diisi udara biasa. Mencegah pengendara sepeda motor dari keharusan memeriksa pneumatik ban sepeda mereka sesering mungkin. Tapi bukan berarti ban yang berisi nitrogen tidak perlu dicek tekanan sama sekali lho.

1. Ban bisa dicek minimal 4 bulan sekali

Penggunaan Nitrogen sangat cocok untuk ban sepeda motor. Molekul nitrogen lebih besar dari udara normal, sehingga nitrogen dapat dengan mudah mengisi seluruh isi ban. Efeknya ban terasa lebih ringan dari tiup biasa, sehingga motor terasa lebih ringan saat berakselerasi di jalan. Ukuran molekul

yang besar dan kandungan oksigen yang hanya 5% membuat pemuaian dengan udara nitrogen berlangsung lebih lama daripada pemuaian ban dengan udara biasa. Oleh karena itu, tekanan ban sepeda motor yang dipompa nitrogen tidak perlu diperiksa sesering saat memompa ban dengan udara biasa.

Tapi itu tidak berarti bahwa tes ini tidak dijalankan sama sekali. Pengaturan waktu lebih jarang daripada ekspansi normal, tetapi ban yang diisi nitrogen juga harus diperiksa dan diisi ulang. Menurut laporan oleh Jax Tires & Auto, yang terbaik adalah memeriksa ban yang berisi nitrogen setiap 4-6 bulan. Selain itu, menguras nitrogen dari ban tidak mudah, tetapi tekanan ban harus diisi dengan nitrogen setidaknya setiap 3-4 bulan.

2. Di mana mengisi ban dengan nitrogen?

Tidak seperti memompa ban dengan udara biasa, ban dapat dengan mudah ditemukan hampir di semua tempat. B. Bahkan di pinggir jalan dan pemukiman penduduk. Hal ini karena nitrogen mengembang tekanan ban

terlihat lebih baru daripada memompa ban dengan udara biasa, sehingga penggunaannya tidak merata di seluruh lokasi.

Indonesia memiliki tiga lokasi di mana biasanya terdapat stasiun pengisian nitrogen yang dapat Anda kunjungi jika Anda ingin mengisi ban dengan nitrogen. Ini adalah:

SPBU

Saat SPBU penuh, pengemudi biasanya memeriksa kondisi kendaraan untuk melihat apakah masih dalam kondisi baik atau perlu diperbaiki. Alhasil, beberapa SPBU kini memiliki fasilitas untuk membantu perbaikan kendaraan, salah satunya mengisi udara dengan nitrogen.

Pengisian gas nitrogen ini mudah ditemukan karena penempatannya yang kontras tinggi di SPBU, dan pengunjung SPBU dapat langsung melihat pengisian gas nitrogen ini.

Dealer Resmi

Beberapa dealer resmi, yang juga terintegrasi dengan bengkel resmi pabrikan sepeda motor, biasanya menawarkan sistem tekanan ban berbasis nitrogen. Juga, jika Anda menggunakan sepeda motor pabrikan dealer dan memiliki program khusus, Anda mungkin dapat melakukan pengisian nitrogen ini secara gratis.

Pusat Penjualan Ban

Sesuai dengan namanya, pusat penjualan ban ini juga menawarkan produk ban otomotif lainnya, dan ada fasilitas pendukung lainnya di tempat yang satu ini, seperti perluasan ban nitrogen. Selain mengisi ban dengan nitrogen, outlet ban biasanya juga menyediakan layanan pemeriksaan ban. Ini karena biasanya ada beberapa teknisi atau mekanik. baca juga pajak honda cb150 disini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image