Ingin Memulai Bisnis? 5 Hal Ini Sebaiknya Anda Pahami!

Image
Endar Julian
Bisnis | Thursday, 18 Nov 2021, 16:56 WIB
Sumber gambar: pexels.com/fauxels - diedit oleh Endar Julian

Memulai bisnis sendiri adalah salah satu cara potensial untuk menjadi mapan secara finansial di masa depan. Meskipun tidak akan mudah, namun cukup banyak pengusaha yang membuktikan bahwa membangun bisnis yang sukses bukanlah hal yang mustahil.

Untuk anda yang ingin memulai bisnis anda sendiri, terdapat beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui dan pelajari terlebih dahulu?

Namun apa saja hal tersebut?

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskannya secara tuntas untuk anda. Berikut ulasan selengkapnya.

Hal Penting Yang Wajib Diketahui Sebelum Memulai Bisnis

Melansir informasi dari halaman jurnal entrepreneur, disebutkan bahwa terdapat 7 hal yang wajib untuk anda ketahui sebelum memulai bisnis. Adapun ketujuh hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Jenis Badan Usaha

Salah satu hal yang harus anda ketahui sebelum memulai sebuah bisnis adalah jenis badan usaha dari bisnis anda nantinya. Pada umumnya, terdapat 4 jenis badan usaha yang biasanya digunakan oleh banyak bisnis hari ini yakni:

- Perusahaan Perorangan (Anda menjadi pemilik tunggal dari bisnis yang didirikan)

- Frima (Anda berkolaborasi dengan sejumlah anggota firma (bisnis), setiap anggota memiliki tanggung jawab pribadi dalam pelunasan tunggakan dana perusahaan).

- Persekutuan Komanditer/CV (Terdapat mitra aktif dan mitra pasif dalam operasi bisnis. Mitra aktif terlibat dalam pengelolaan bisnis dan mitra pasif hanya terlibat dalam penyediaan modal).

- Perseroan Terbatas ( Badan usaha dengan skala struktur yang sangat jelas)

Anda harus menentukan dengan jelas mengenai jenis badan usaha dari bisnis anda, agar masa depan bisnis anda menjadi lebih terarah, terutama dalam hal penyediaan modal.

2. Mengetahui Kompetitor Anda

Mengetahui kompetitor anda adalah salah satu hal wajib dan juga mendasar jika anda ingin memulai sebuah bisnis. Dengan mengetahui siapa yang menjadi kompetitor anda, terdapat 2 poin penting yang dapat anda ambil.

Yang pertama adalah strategi dan pendekatan yang digunakan oleh kompetitor anda. Anda dapat menganalisa dan menggunakan strategi marketing yang mirip atau sama dengan kompetitor anda. Akan lebih baik lagi jika anda dapat mengembangkan strategi tersebut menjadi lebih baik.

Yang kedua adalah kegagalan kompetitor anda. Anda juga dapat mempelajari kompetitor bisnis anda. Dalam hal ini, anda dapat menyimpulkan secara sederhana bahwa kegagalan kompetitor anda adalah tanda bahwa inovasi yang mereka lakukan tidak cocok dengan pasar. Sehingga anda dapat lebih aware dan tidak menggunakan strategi atau inovasi yang sama.

Untuk menganalisa kompetitor sendiri, terdapat banyak cara yang dapat anda lakukan. Namun kebanyakan pebisnis saat ini menggunakan google untuk melakukan analisa bisnis kompetitor. Biasanya mereka akan mengecek website dari kompetitor mereka dang exploring beberapa ide dan inovasi yang mereka miliki.

3. Target Pasar

Memulai sebuah bisnis, mengenali target pasar dapat menjadi salah satu kunci dalam pemasaran bisnis anda nantinya. Jika anda tidak mengenali target pasar anda dengan baik, maka anda akan sulit untuk menjual produk bisnis anda nantinya.

Informasi mengenai target pasar akan menjadi penentu bagaimana cara anda menjangkau mereka. Misalnya, misalkan target pasar anda adalah konsumen senior, maka metode promosi tradisional seperti penggunaan banner dan iklan fisik menjadi pilihan pemasaran yang kemungkinan akan efektif.

Sedangkan jika target pasar anda adalah konsumen junior (muda), media sosial dan website tentu menjadi pilihan terbaik untuk memasarkan bisnis anda.

4. Perencanaan Bisnis yang Matang

Yang juga tidak kalah penting dalam langkah memulai bisnis adalah perencanaan bisnis yang matang. Sebelum memulai bisnis, pastikan bahwa perencanaan bisnis anda benar-benar matang, mulai dari sumber modal (mencari investor), media pemasaran yang anda gunakan hingga SOP penanganan customer.

Rencanakan hal-hal terkait dengan bisnis anda dengan matang, sehingga ketika bisnis anda berjalan dan mendapatkan customer, maka anda dapat mengelolanya dengan baik. Sekali lagi, kompetitor anda dapat menjadi model yang anda pilih.

5. Sertifikasi

Hal terakhir yang juga harus anda ketahui sebelum memulai bisnis adalah memahami mengenai sertifikasi. Untuk membuat bisnis dan juga produk anda legal, maka anda harus mendaftarkan bisnis anda secara resmi. Hal ini adalah bagian yang sangat penting agar produk ataupun bisnis anda tidak bermasalah dengan masalah legalitas di kemudian hari.

Misalnya, jika anda memutuskan memulai bisnis kosmetik dengan brand anda sendiri, maka anda harus mengetahui perihal pengurusan beberapa sertifikasi seperti BPOM, MUI dan lainnya.

Untuk bagian ini, cara paling instan untuk dilakukan adalah memanfaatkan jasa pendaftaran merek. Namun dalam hal ini, anda mungkin harus mempersiapkan beberapa cost lebih.

Sekian sedikit ulasan mengenai beberapa hal penting yang sebaiknya atau bahkan wajib untuk anda ketahui sebelum memulai bisnis. Semoga ulasan saya ini bermanfaat dan dapat membantu anda memulai langkah sebagai entrepreneur di masa depan. Terima kasih.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah seorang content writer dan blogger. Suka menulis dan berbagi hal informatif. Sekarang bekerja di sebuah perusahaan digital di Jakarta.

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Dual Akun,GB WhatsApp (GB WA) Versi Update

Image

7 Penginapan di Asia Tenggara dengan Pemandangan & Fasilitas Terbaik

Image

Viral Video Kuburan Upin Ipin, Ini Klarifikasi Tim Produksi

Image

Produk Wisata Untuk Mengoptimalkan Potensi Desa Wisata

Image

5 Game NFT Penghasil Uang, Wajib Coba Nih!

Image

Pada Suatu Paragraf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image