Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muh Ilham

Panduan Mudah Cara membuat Aplikasi iOS

Teknologi | Thursday, 21 Jul 2022, 21:14 WIB

Ketahui Panduan Mudah Cara membuat Aplikasi iOS yang bisa dikerjakan dengan menggunakan laptop secara online dan offline.

Membuat aplikasi iOS bisa Anda lakukan melalui beberapa tahapan. Anda bisa mulai membuat aplikasi sederhana. Simak informasi berikut.

Mengatur Lingkungan Pengembangan Aplikasi iOS

Dalam metode pertama ini, Anda harus mendownload dan menginstal Xcode. Yang mana, Xcode merupakan sebuah lingkungan pengembangan yang biasa digunakan untuk melakukan tahan pengembangan terhadap aplikasi iOS yang hendak dibuat.

Xcode ini dapat Anda download secara gratis dari Apple, namun untuk melakukan proses pengembangan aplikasi Anda memerlukan Xcode dengan versi terbaru.

Namun sayangnya, Xcode hanya bisa dijalankan oleh Mac, sehingga bila tidak memilikinya, maka Anda harus membelinya terlebih dahulu.

Anda juga perlu membaca cara membuat aplikasi iOS tanpa koding yang mudah dan ringan untuk dicoba.

Selain Xcode versi 6.0.1, Anda juga memerlukan iOS 8 SDK. Keduanya sudah disediakan secara gratis oleh Apple, sehingga Anda bisa langsung mengunduhnya.

IOS 8 SDK sendiri memiliki sejumlah API yang memungkinkan Anda untuk memiliki pengalaman sebagai pengguna baru, termasuk dalam hal integrasi iCloud dan Touch ID.

Dan, berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mengatur lingkungan pengembangan aplikasi iOS yang akan Anda buat.

1. Memasang Aplikasi Penyunting Teks

Anda harus memasang aplikasi penyunting teks dengan baik, meski Anda dapat menuliskan program dengan menggunakan Xcode,

namun Anda bisa membuat coding dengan lebih mudah apabila memiliki penyuntingan teks khusus untuk pemrograman, contohnya seperti Textmate dan JEdit.

2. Memasang Aplikasi Grafis Vektor

Selanjutnya, Anda harus memasang aplikasi grafis vektor. Apabila Anda berniat untuk membuat aplikasi yang memiliki desain khusus, maka gunakanlah aplikasi grafis vektor dengan kemampuan terbaik,

yakni yang dapat dikembangkan tanpa mengorbankan kualitas dan dapat menghasilkan aplikasi dengan desain semenarik mungkin.

Contoh program vektor yang bisa Anda gunakan adalah, Xara Designer, Inkscape, CorelDraw atau Adobe Illustrator.

3. Memahami Tentang Objective C

Anda harus memahami tentang Objective C, yakni bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat fungsi dalam aplikasi iOS dan dapat digunakan untuk memanipulasi data hingga objek.

Selain itu, objective C juga termasuk bagian dari keluarga C, karena memang merupakan jenis bahasa berorientasi objek, sehingga Anda dituntut untuk memahami C atau Java agar mudah untuk memahami objective C.

Walaupun Anda bisa menciptakan aplikasi dasar tanpa memahami Objective C, namun nantinya Anda tidak akan bisa membuat fungsi tingkat lanjut tanpa coding.

Karena tanpa menggunakan Objective C Anda hanya akan menghasilkan aplikasi yang hanya bisa berpindah antar layar saja.

Apabila Anda benar-benar ingin belajar tentang program aplikasi iOS, itu tidaklah sulit karena tutorialnya banyak beredar dan dijual di dunia maya dalam bentuk buku,

Sehingga Anda harus membelinya untuk bisa belajar dengan sumber daya yang luas. Bagi Anda yang suka menggunakan Swift, silahkan simak berikut Membuat aplikasi iOS dengan Swift yang simpel dan mudah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image