Dukung UMKM Berbasis Digital, Umsida Lakukan Pelatihan Aplikasi Akuntansi

Image
Umsida Menyapa
Edukasi | Thursday, 21 Jul 2022, 13:58 WIB

Sidoarjo – Dukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis digital, tim dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan pelatihan keuangan usaha berbasis aplikasi Akuntansi UKM dan pendampingan PIRT, Minggu (17/07).

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program pengabdian kepada masyarakat di Desa Kebonanom. Tim dosen terdiri dari Nur Ravita Hanun SE MA, Rima Azzara S TP MT, Indah Aprialiana Sari MT.

Dalam sambutannya Suci Utami, ketua penggerak PKK Desa Kebonanom menyampaikan bahwa di Desa Kebonanom banyak warga yang memiliki usaha baik makan, minuman maupun sejenisnya. Ia berharap peserta mengikuti kegiatan ini dengan seksama sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas produk UMKM Kebonanom.

Pemaparan pertama dalam kegiatan ini disampaikan oleh Nur Ravita Hanun SE MA terkait Pelatihan Keuangan Usaha melalui Akuntansi UKM. Akuntansi UKM merupakan aplikasi terinovatif 1 tingkat kabupaten Sidoarjo dan Provinsi Jawa Timur dalam ajang Inotek Award. Melalui Akuntansi UKM, pelaku usaha dimudahkan mencatat transaksi keuangannya.

Pemaparan selanjutnya terkait PIRT di sampaikan oleh Arief Rahman Hakim dari Dinas Kesehatan Kab. Sidoarjo. Pengurusan ijin PIRT saat ini lebih mudah sebab melalui OSS, ijin PIRT bs langsung terbit. Dalam kegiatan ini juga di simulasi kan bagaimana mekanisme pendaftaran PIRT. Yanti pemilik usaha keripik Gayam Raff Snack mengucapkan terima kasih atas pelatihan dan pendampingan diberikan, Alhamdulillah usaha saya skrg sudah pny NIB dan Nomor PIRT.

H Mamik Sutopo sekretaris Tim penggerak PKK Desa Kebonanom juga menyampaikan terima kasih atas pelatihan dan pendampingan yang telah dilaksanakan. Aplikasi akuntansi UKM sangat memudahkan pelaku UMKM dalam mencatatkan keuangan usahanya.

Di akhir sesi tim abdimas UMSIDA menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus berkelanjutan sebagai bentuk komitmen kami untuk mendampingi pelaku UMKM khususnya di desa Gambiranom. Terima kasih kepada UMSIDA dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi yang telah mendukung kegiatan abdimas ini. (*)

*Humas Umsida

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Ketua DWP Rutan Temanggung Hadiri Pertemuan Rutin Persatuan Ibu-Ibu Pengayoman dan PIPAS Jateng

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Hadapi Indonesia Emas 2045, Begini Pesan Menko PMK Kepada Mahasiswa Baru UM Bandung

Image

Pamerkan Hasil Karya WBP, Rutan Demak Turut Ramaikan Car Free Day

Image

Mencerahkan! 414 Mahasiswa Baru Ramaikan Masta PMB UMS 2022 Gelombang 3

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image
-->