Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Salsabil Yasjudan Noor

Dapatkah Robot Masa Depan Menggantikan Manusia dalam Dunia Kerja?

Teknologi | Thursday, 21 Jul 2022, 09:56 WIB

Pada tahun 2022, British company Engineered Art menemukan dan rilis sebuah robot bernama AMECA, robot humanoid pertama yang dapat menyerupai ekspresi manusia. Dalam beberapa dekade, suatu hari robot akan menyerupai manusia secara keseluruhan. Dan itu termasuk dalam dunia kerja. Apakah kerja manusia dapat diganti oleh robot?

Semenjak zaman Industri dimulai, robot sudah dipergunakan oleh manusia yang bernama robot Industri. Tujuan robot Industri adalah untuk melakukan sebuah langkah dalam pekerjaan berulang-ulang dengan kesalahan yang minimal. Dibandingkan dengan Robot sekarang yang jauh lebih mutakhir menggunakan AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan. Kecerdasan buatan adalah kemampuan suatu mesin untuk menyamai atau menstimulasi kecerdasan manusia. AI memiliki tujuan tertentu, yang akan dibekali dengan bank data untuk mencapai tujuannya tersebut. Tanpa disadari, setiap hari kita sudah memanfaatkan Al. Contohnya adalah ponsel pintar atau smartphone.

Jangan khawatir, karena tidak semua kerja dapat diganti oleh robot di masa depan. Salah satu yang akan punya masa depan cerah adalah pekerjaan yang terkait dengan software dan AI itu sendiri. Pekerjaan yang aman adalah para pembuat software atau program AI dan yang melibatkan partisipasi atau rekayasa orang, dikutip dari BGR.

Refrensi :
- https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211223125600-37-301448/robot-bakal-ambil-alih-pekerjaan-manusia-benarkah#:~:text=Dalam%20laporan%20World%20Economic%20Forum,KTP%20dan%20urusan%20terkait%20Samsat.

- https://blog.kejarcita.id/robot-akan-mengambil-alih-dunia-apakah-peran-guru-tergantikan/

- https://barrie360.com/ameca-robot-with-facial-expressions/#:~:text=Created%20by%20British%20company%20Engineered,the%20Consumer%20Electronics%20Show%202022.

- https://www.wartaekonomi.co.id/read195390/kecerdasan-buatan-dan-robot-siap-ambil-alih-peran-manusia-di-dunia-kerja.html

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image