Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Alfi

PENGARUH DAN FAKTOR PENDUKUNG PERKEMBANGAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Edukasi | Wednesday, 20 Jul 2022, 12:02 WIB

Pendidikan luar sekolah adalah terjemahan dari kata social education. Kegiatan pendidikan luar sekolah atau pendidikan non formal teal hadir didunia ini sama satunya dengan keadiran manusia yang berinteraksi dengan lingkungannya.

Pengaruh perkembangan pendidikan luar sekolah:

1. Pengaruh Pendidikan informal

Pendidikan luar sekolah dipengaruhi oleh pendidikan informal, yaitu kegiatan yang terutama berlangsung dalam keluarga. Dalam kehidupan keluarga terjadi interaksi antara orang tua dan anak atau sebaliknya.

2. pengaruh tradisi masyarakat

Dalam masyarakat terdapat tradisi dan adat istiadat yang mendorong penduduk untuk belajar, berusaha dan bekerjasama. Kegiatan pembelajaran dilakukan untuk melestarikan dan mewariskan kebudayaan secara turun-temuru.

3. pengaruh agama

Agama telah memberikan sebuah motivasi terhadap masyarakat, bahwasanya belajar merupakan sebuah kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah SWT bagi setiap manusia dimuka bumi ini. Syarat utama yang perlu dimiliki oleh tiap-tiap individu adalah kemampuan membaca dalam melakukan kegiatan belajar-mengajar.

Faktor pendukung perkembangan pendidikan luar sekolah

1. para pkraktisi masyarakat

Pelakasaaan sebuah pendidikan di masyarakat yang dilakukan oleh para praktisi berawal dari dorongan hasrat dan rasa mengabdi yang mereka miliki untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan bangsa dalam pendidikan. para praktisi msyarakat ini terdiri dari para pemuda yang terdidik, pemuka masyarakat, pemimpin organisasi, jajaran guru sekolah dan tenaga sukarela lainnya.

2. Berkembangnya kritik terhadap pendidikan sekolah

Kririk terhadap pendidikan sekolah ini mulai berkembang dalam dunia pendidikan pada tahun 1960. Gejala-gejala yang menunjukkan adanya krisis pendidikan sekolah adalah:

a. Tidak berkesinambungan antara sebuah kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan yang nyata terhadap peserta didik.

b. Tidak sesuai antara pendidikan dengan perkembangan kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat.

c. Tidak seimbang antara pendidikan dan dunia kerja yang terus menerus.

3. para perencanaan pendidikan untuk pembangunan

Bahwasanya pendidikan luar sekolah sangat dipengaruhi oleh sejumlah laporan penelitian dan karya ilmiah lainnya yang dihasilkan oleh berbagai lembaga atau badan-badan Internasional. Pada tahun 1972 Seers menitik beratkan tujuan pembangunan pada 3 hal yakni:

a. Untuk mengurangi kemiskinan

b. Menangggulangi pengangguran

c. Mengatasi ketidakadilan dalam pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.

Apabila teman-teman memiliki pengetahuan yang lebih dalam dan ingin memberikan masukan silahkan komen. Terimakasih..

#pengaruh#faktor#pendidikanluarsekolah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image