Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image lailatul fitria

Luar Biasa! Supervisi Pendidikan Memberikan Dampak Positif di Lembaga PKBM Ken Dedes

Edukasi | Wednesday, 13 Dec 2023, 11:38 WIB

Beberapa waktu yang lalu 5 mahasiswi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Malang melakukan observasi mengenai, "Supervisi Pendidikan Pada Lembaga PKBM Ken Dedes."

Pada dasarnya sebuah kinerja ataupun proses berkembangnya lembaga harus diawasi dan diperhatikan dari segi manapun agar suatu kinerja dapat berjalan dengan baik dan tepat sesuai tujuan dari sebuah lembaga. Lembaga tidak bisa mewujudkan tujuan yang sudah dirancang tanpa adanya sebuah kerja sama dari berbagai pihak. Demi mewujudkan hal hal diatas perlu dilakukannya Supervisi, Supervisi merupakan sebuah layanan yang diberikan kepada pendidik untuk memperbaiki kinerja mengajar dalam suatu kurikulum ( Sabandi,2013).

Pada PKBM Kendedes Kota Malang supervisi diperlukan sebagai pengawasan dan pemantauan pemimpin kepada anggotanya yaitu ketua lembaga kepada tutor. Adanya supervisi ini dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui kinerja tutor. Sejalan dengan yang dikatakan oleh Ibu Dila selaku ketua lembaga PKBM Kendedes bahwa adanya supervisi yang dilakukan oleh lembaga ini sangat penting untuk keberlanjutan kegiatan pembelajaran.

Urgensi supervisi pendidikan sangat besar dalam meningkatkan mutu dan efektivitas sistem pendidikan. Supervisi pendidikan membantu pendidik atau tutor untuk meningkatkan keterampilan mengajar mereka. Dengan memberikan umpan balik yang konstruktif, supervisor dapat membantu guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, serta memberikan dukungan untuk pengembangan profesional.

PKBM Kendedes Kota Malang melakukan supervisi dengan cara memberikan angket kepada tutor.PKBM Kendedes memiliki cukup banyak tutor dan warga belajar, yaitu 25 tutor dan 400 warga belajar.

Angket diberikan dengan waktu yang terjadwal yaitu setiap awal semester. Angket tersebut dibentuk oleh pengurus lembaga itu sendiri. Isi dari angket itu sendiri mengenai penilaian kinerja tutor. Supervisi yang dilakukan oleh pemimpin yaitu ketua dari lembaga tersebut bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kinerja tutor. Supervisi dilaksanakan dari lembaga untuk lembaga itu sendiri. Supervisi yang diberikan adalah untuk penilaian tutor pada bidang akademik saja. Meskipun terdapat life skill program pada lembaga ini, namun tidak diberikan supervisi karena program tersebut hanya dilakukan sekali dalam satu tahun ajaran. Selain pemberian angket secara berkala, ketua lembaga juga memberikan pelatihan kepada tutor untuk meningkatkan tupoksi ataupun kinerja dari tutor itu sendiri.

Pelaksanaan supervisi yang dilakukan melalui angket pada setiap awal semester tersebut memiliki dampak positif bagi lembaga. Sebagaimana yang dikatakan oleh ketua lembaga PKBM Kendedes bahwa adanya supervisi yang dilakukan lembaga ini memberikan dampak positif karena dapat mengetahui dan mengukur kinerja tutor. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik karena kinerja tutor yang meningkat. Warga belajar juga menjadi lebih bersemangat karena tutor semakin baik dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Berita Artikel Kelompok 7 dengan Anggota

1. Alvia Zona Budiarti

2. Lailatul Fitria

3. Nofta Armelia Salva

4. Siti Afifah Yusfatama

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image