Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mister Wixa

Kenali Istilah dalam Pengiriman Ekspedisi dan Kargo

Bisnis | Tuesday, 19 Jul 2022, 14:19 WIB

Dalam dunia pengiriman ekspedisi dan kargo, ada berbagai istilah yang belum dikenal oleh banyak orang. Anda harus mengetahui istilah-istilah tersebut, terutama jika ingin memakai jasa pengiriman ekspedisi dan kargo.

Pada artikel ini, kami akan sebutkan istilah-istilah tersebut beserta penjelasannya yang bisa disimak di bawah ini!

Istilah-Istilah dalam Pengiriman Ekspedisi dan Kargo

1. Full Container Load (FCL)

 

FCL adalah istilah pengiriman barang berskala besar dalam suatu kontainer penuh. Dalam FCL, satu kontainer hanya dikirim oleh satu pengirim/perusahaan, serta barang yang dikirim tidak boleh tercampur barang lainnya.

2. Less Container Load (LCL)

Seperti halnya FCL, LCL juga mengharuskan pengiriman barang dilakukan dalam skala besar, serta dalam satu kontainer penuh. Bedanya, kontainer yang dipakai pada LCL juga memuat barang lain yang berasal dari pengirim lainnya.

3. Palet

Sederhananya, palet adalah lapisan kayu yang disusun satu arah dan diletakkan di antara balok melintang. Lapisan kayu ini nantinya akan digunakan untuk menumpuk beban, sehingga beban pun bisa diangkat sekaligus.

4. Shipper

Shipper adalah pihak yang menyewa truk dari jasa ekspedisi untuk pengiriman barang. Shipper bisa siapa saja, bisa individu atau perusahaan.

5. Bill of Lading (BL)

Istilah yang dikenal dengan sebutan Daftar Muatan Kapal ini adalah suatu dokumen yang dijadikan tanda terima, pengembalian barang, serta bukti pengiriman. Dokumen ini juga bisa dipakai untuk membuktikan adanya bukti kepemilikan barang atau perjanjian untuk mengangkut barang.

6. Gudang

Semua orang pasti tahu arti dari istilah ini, yaitu sebuah tempat penyimpanan barang. Dalam dunia ekspedisi dan kargo, gudang difungsikan sebagai tempat penampungan sementara barang-barang yang akan dikirim. Barang-barang itu nantinya akan dikirimkan ke alamat tujuan atau dikirim ke gudang ekspedisi lainnya.

7. Koli

Dalam dunia pengiriman ekspedisi dan kargo, terdapat suatu satuan pengukuran khusus, yaitu koli. Satu koli bisa berbentuk apa saja, entah satu kardus, satu karung, atau satu kotak.

8. Volume

Istilah yang bernama lain berat volumetrik adalah berat suatu barang yang didapat dari hasil pengukuran dimensi barang dalam satuan sentimeter (cm). Setelah hasil pengukuran didapat, pihak ekspedisi akan melakukan perhitungan khusus untuk mengetahui berat volume dari barang tersebut.

9. Ekspedisi

Tidak afdol rasanya jika kita tidak membahas arti dari istilah ekspedisi itu sendiri. Ekspedisi rupanya memiliki berbagai macam arti. Istilah ini bisa diartikan sebagai proses pengiriman dari tempat penyedia jasa ekspedisi ke tempat tujuan. Bisa diartikan juga sebagai perusahaan yang menerima pengiriman barang ke suatu tempat.

10. Kargo

Menurut KBBI, kargo adalah barang berskala besar yang dikirim dengan muatan besar pula, serta akan dikirim lewat jalur udara, darat, atau laut. Kargo biasanya dipakai untuk pengiriman barang berskala besar dengan harga terjangkau, seperti material, alat berat, dan mesin pabrik.

Itulah berbagai istilah dalam pengiriman ekspedisi dan kargo. Semoga bisa menjadi referensi untuk pembaca sekalian. Jika Anda tinggal di Surabaya dan ingin memakai jasa ekspedisi dan kargo, Anda bisa hubungi Jasa Ekspedisi Cargo Surabaya Tarakan Ongkir Murah. Sesuai namanya, jasa ekspedisi ini menawarkan pengiriman barang dengan harga ongkos kirim yang terjangkau, terutama dari Surabaya ke Tarakan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image