Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nisrina Mufidatunnisa

FENOMENA CELEBRITY ENDORSER DALAM PERIKLANAN TOKOPEDIA

Bisnis | Monday, 18 Jul 2022, 14:40 WIB
Tokopedia https://tse4.mm.bing.net/thid=OIP.0wWPF6ldgyInFcOw0r8PYAHaCO&pid=Api&P=0&w=496&h=148

Seperti yang kita ketahui Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Tokopedia merupakan perusahaan yang didirikan oleh dua orang pria asli pribumi indonesia. Memiliki nama lengkap William Tanuwijaya dari Sumatra Utara dan Leontinus Alpha Edison berasal Pontianak. Tokopedia merupakan aplikasi platform yang bergerak di bisnis e-commerce yang dimana penjual dan pembeli berinteraksi secara online. Dibalik kesuksesan Tokopedia, Tokopedia juga memiliki strategi dalam mengiklankan perusahaannya tersebut diantaranya menggunakan Brand Ambassador (BA) terkenal seperti idol K-POP. Belakangan ini fenomena idol K-POP yang berasal dari industry musik Korea Selatan ini sangatlah ramai diperbincangkan bukan hanya di Indonesia saja tetapi hampir seluruh dunia menggemari idol K-POP. Banyak sekali Brand local yang menggunakan idol K-POP sebagai endorser dari produknya salah satunya yaitu Tokopedia.

BTSxTokopedia https://ecs7.tokopedia.net/img/attachment/2019/10/7/43940858/43940858_1f3add8e-1797-4bcb-aa69-cab1f1c52b8d.jpg?width=1876&height=702

Tokopedia memberanikan diri menggandeng idol K-POP fenomenal sebagai Brand Ambassadornya yaitu Bangtan Boys atau yang lebih akrab disebut dengan BTS. BTS merupakan grup mega bintang global asal Korea Selatan yang dinaungi oleh Big Hit Entertainment. Terdiri dari 7 personil diantaranya RM, Jin, Suga, J-Hope, V, dan Jungkook. Grup boy band ini diakui sebagai ikon global sejak debut pada Juni 2013 karena musik otentik mereka yang diproduksi sendiri serta penampilan dan interaksi mengesankan dengan penggemar mereka. Melalui kolaborasi ini, Tokopedia juga mengumumkan kampanye ‘Tokopedia #1Everyday’ dimana semua pengguna dapat mengunjungi Tokopedia setiap harinya untuk menemukan sederet kejutan, rekomendasi produk dan berbagai promo lainnya. Tokopedia melalui kampanye ini berharap dapat mendorong masyarakat untuk selalu berjuang dan melakukan yang terbaik setiap hari bersama Tokopedia yang akan menemani di setiap langkah mereka dalam menemukan dan mencapai impian. Sebagai Brand Ambassador, BTS juga akan merilis konten yang akan tersedia secara eksklusif di platform Tokopedia. William selaku founder Tokopedia menyatakan lebih dari 100 juta orang indonesia mengunjungi platform Tokopedia setiap bulannya.

TreasurexTokopedia https://ecs7.tokopedia.net/img/attachment/2019/10/7/43940858/43940858_1f3add8e-1797-4bcb-aa69-cab1f1c52b8d.jpg?width=1876&height=7
NCT DreamxTokopedia https://kpopchart.net/wp-content/uploads/2021/08/tokopedia-tv-show.png

Tidak hanya BTS saja tetapi Tokopedia juga mengundang sederet idol K-POP seperti Twice, Treasure, Secret Number, NCT dan masih banyak lagi dalam periode Tokopedia WIB. Waktu Indonesia Belanja (WIB), merupakan program belanja rutin yang digelar Tokopedia setiap tanggal 25 hingga akhir bulan. Tokopedia Waktu Indonesia Belanja merupakan even promo yang dihadirkan untuk menekan minat belanja masyarakat di Tokopedia. Tokopedia mengadakan promo di berbagai kategori produk seperti event Tokopedia Waktu Indonenesia Belanja memiliki format belanja yaitu flash sale. Flash sale memiliki konsep siapa cepat order maka ia yang berhak mendapatkan produk sale tersebut, event Promo Cashback Tokopedia, event Bebas Ongkir Sepuasnya Tokopedia, dan masih banyak lagi. Dengan adanya program seperti itu membuat masyarakat menjadi tertarik untuk berbelanja di Tokopedia.

Referensi

Adriennawati, Bianca. “BTS Jadi Brand Ambassador Tokopedia.” Tokopedia, 2019. Accessed July 17, 2022. https://www.tokopedia.com/blog/tokopedia-announces-bts-as-the-companys-brand-ambassador/.

“Apa Itu WIB Tokopedia?” Accessed July 18, 2022. https://www.dropshipper.co.id/blog/apa-itu-wib-tokopedia.

Penulis : Nisrina Mufidatunnisa (20200110400125), Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image