Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Mahasiswa AISKA Mengikuti Pelatihan BTCLS, Langkah Nyata AISKA Meningkatkan SDM

Edukasi | Monday, 18 Jul 2022, 08:48 WIB
Pemberian Bantuan Hidup Pada Pasien / Foto : Humas AISKA

Surakarta - Program Studi (prodi) Profesi Ners Universitas 'Aisyiyah Surakarta (AISKA) menggelar pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS). Pelatihan dimulai hari Rabu (13-17/07/2022). Dalam pelatihan kali ini, AISKA menghadirkan insruktur terlatih dan terampil dari Medical Service Training (MST) 119.

Pelatihan ini bertujuan sebagai bekal kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa prodi Profesi Ners. Selain itu, kompetensi yang didapat dalam pelatihan BTCLS ini menjadi salah satu 'mahar' mahasiswa untuk mengantongi gelar profesi Ners (Ns.). Apapun kompetensi yang didapatkan mahasiswa dalam pelatihan BTCLS antara lain: resusitasi jantung paru-paru (RJP), elektrokardiogram (EKG), code blue, airway management, dan initial assessment.

Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam pelatihan ini sejumlah 79 mahasiswa. Pelatihan BTCLS berlokasi di Kampus 1 Universitas 'Aisyiyah Surakarta, tepatnya di Jalan Ki Hajar Dewantara No. 10, Kentingan, Jebres, Surakarta. Menurut penuturan Kepala Program Studi (kaprodi) keperawatan AISKA, Norman Wijaya Gati, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp. Kep.J., pelatihan BTCLS ini terbagi menjadi dua kloter. Pelatihan ini berlangsung selama kurang lebih sepekan. Mulai dari tanggal 13 hingga 17 Juli mendatang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image