Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nuri Ninik

Cara Merawat Website

Bisnis | Monday, 15 Nov 2021, 16:04 WIB

Banyak orang ingin memiliki sebuah website tanpa tahu bagaimana cara merawat website. Ada banyak sekali dampak yang cukup serius ketika sebuah website tidak dirawat seperti posisi website yang merosot dari halaman pencarian, link yang tidak bisa diakses, hingga domain mati akibat tidak diperpanjang.

Tentu saja, Anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada website Anda bukan? Hal ini karena peranan website sangat penting apalagi bagi sebuah bisnis, hal ini dikarenakan segala informasi yang dibutuhkan oleh seorang calon pelanggan tersedia di website. Lantas, bagaimana cara untuk merawatnya?

Cara Merawat Website

Melakukan Update Konten

Pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan update konten konten untuk website Anda secara berkala. Melakukan update konten secara rutin selain mampu mendatangkan traffic juga mampu menjaga kredibilitas usaha yang Anda jalankan.

Perbarui Plugin, Themes, dan Core Wordpress

Ketika di dashboard website Anda sudah terdapat notifikasi update plugin, themes maupun core WordPress segera langsung perbarui. Hal ini karena jika tidak segera diperbarui maka Google atau hosting akan menganggap spam.

Sesekali, Lakukan Update Tampilan

Agar pembaca setia website Anda tidak gampang bosan, lakukan update tampilan beberapa kali misalkan saja 3 bulan sekali atau jangka waktu yang Anda inginkan. Jangan terlalu sering untuk melakukan perubahan tampilan ya.

Lakukan Back Up Data

Tindakan yang tak kalah penting adalah melakukan back up data. Hal ini bertujuan jika sewaktu waktu web server terjadi gangguan. Jika web server terjadi gangguan dan belum di back up maka semua data data akan hilang. Tentu, Anda tidak mau bukan?

Melihat statistik website

Tak hanya memperbarui konten konten untuk website Anda saja, Anda juga perlu untuk melihat statistik website Anda. Hal ini tentu saja bertujuan untuk melihat seberapa banyak jumlah views yang datang ke halaman Anda. Jika jumlah tersebut belum sesuai dengan keinginan Anda maka Anda bisa pengembangan situs dengan cara mencoba ide - ide baru yang unik.

Gunakan Foto yang Original

Ketika Anda menginginkan untuk posting menggunakan foto, jangan asal ambil foto dari Google. Hal ini penting dikarenakan ketika Anda asal mengambil foto dari Google maka website Anda akan diblok sehingga tidak pernah lolos verifikasi Google Ads.

Hindari Spam Backlink

Backlink memang memiliki peranan penting agar website kita bisa cepat berada di halaman satu Google, namun tentu saja backlink yang dimaksud bukan backlink sembarang backlink karena backlink yang bisa “menaikkan” posisi adalah backlink yang berkualitas.

Penambahan fitur

Untuk mengembangkan website Anda, Anda juga bisa menambahkan fitur yang menarik dan atraktif untuk website Anda. Fitur-fitur ini dapat berupa live chat, pesan langsung ke WhatsApp dan fitur-fitur yang lainnya.

Hindari Menginstall Plugin Gratis

Menginstall plugin yang gratisan nyatanya mampu membuat website yang Anda miliki terkena spam maupun malware yang berbahaya. Anda bisa menanyakan kepada ahlinya terlebih dahulu jika ingin menginstall sebuah plugin.

Nah itulah beberapa tips atau cara merawat website yang bisa Anda lakukan. Semoga dengan melakukan tips-tips yang telah dituliskan di atas, website Anda bisa jadi bisa berada di halaman pertama Google. Namun, jika Anda ingin cepat berada di halaman pertama Google, Anda bisa mengandalkan Jasa Google Ads.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image