Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image penulis satu

Apa itu Freelance? 10 Tips Untuk Sukses yang Bisa Anda Coba

Info Terkini | Wednesday, 13 Jul 2022, 19:05 WIB

Apa itu Freelance? 10 Tips Untuk Sukses yang Bisa Anda Coba

Banyak orang meninggalkan pekerjaan mereka untuk berwiraswasta, tetapi membangun bisnis lepas (buka di tab baru) itu sulit – dan tidak semua orang bisa mengelolanya.

Jika Anda ingin mencobanya, atau jika Anda sudah memulai di jalan freelance tetapi ingin memastikan bahwa bisnis Anda tumbuh, maka Anda harus memperhatikan area utama dan tidak membiarkan standar tergelincir.

Itu mungkin terdengar menakutkan bahkan bagi seorang freelancer berpengalaman, itulah sebabnya kami telah menyaring beberapa saran freelance terbaik menjadi sepuluh tip untuk memberikan kesuksesan jangka panjang. Ikuti aturan ini sebaik mungkin dan Anda tidak akan salah besar – dan ketika Anda bekerja untuk diri sendiri, itu penting.

Freelancer juga akan menemukan banyak bantuan di tempat lain di situs ini: lihat daftar kesalahan freelance terbesar kami dan cara menghindarinya, dan jelajahi sepuluh hal yang tidak pernah diberitahukan orang tentang freelance.

Ketahui keterampilan Anda

Pasar freelance sedang sibuk – apa pun bidang Anda, Anda harus bersaing dengan banyak orang yang berpikir bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada Anda dengan harga yang lebih rendah.

Adalah tugas Anda untuk meyakinkan calon klien bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Anda perlu mencari tahu apa yang Anda lebih baik daripada orang lain dan memastikan bahwa portofolio Anda memiliki bukti untuk mendukung klaim Anda. Jika Anda memiliki pengetahuan atau pengalaman di industri tertentu, Anda dapat memanfaatkannya di bidang Anda, dan mempertimbangkan untuk mendapatkan kualifikasi profesional untuk meningkatkan kredensial Anda.

Anda dapat mengukir ceruk di dunia freelance yang sibuk jika Anda mengetahui keterampilan, bakat, dan bidang keahlian Anda – di samping kelemahan Anda juga. Dan jika Anda memiliki ceruk dan pengetahuan yang hebat, Anda akan dapat memberikan pekerjaan yang berkualitas, mendapat manfaat dari pelanggan tetap, mengalahkan pesaing, dan menaikkan harga Anda.

Pantau harga Anda

Ketika Anda memulai sebagai pekerja lepas, Anda harus mengenakan harga yang terjangkau – Anda mungkin memiliki bakat, tetapi jika Anda tidak memiliki pengalaman atau reputasi, Anda harus menjaga harga tetap rendah. Namun, jangan terlalu rendah – klien potensial tidak akan mempercayai Anda jika Anda jauh lebih murah daripada pasar lainnya.

Saat Anda mendapatkan landasan, Anda harus merevisi struktur harga Anda. Lihatlah ke sekeliling pasar dan lihat apa yang dikenakan oleh pesaing Anda – dan pertimbangkan apakah hasil dan pengalaman Anda berarti Anda dapat meminta jumlah yang sama atau bahkan lebih dari klien Anda.

Saat Anda ditugaskan, cari tahu berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk sebuah proyek dan biaya yang sesuai – tidak ada gunanya membebankan biaya tinggi jika itu dinegasikan dengan berapa banyak waktu yang harus Anda habiskan untuk pekerjaan itu. Dan beri orang banyak pemberitahuan jika Anda menaikkan tarif, karena tidak ada yang suka kejutan.

Membangun merek

Anda tidak akan memiliki karir lepas yang sukses jika Anda tidak memiliki kehadiran online yang baik. Anda harus memiliki situs web modern yang lugas (terbuka di tab baru) yang menunjukkan keahlian dan portofolio Anda, dan harus memiliki detail kontak yang jelas.

Selain itu, pertahankan kehadiran di situs freelance besar seperti Upwork, Guru, dan Toptal – mereka bagus untuk memungkinkan klien potensial untuk berhubungan. Pertahankan profil aktif di LinkedIn, dan tetap sibuk di jaringan media sosial (buka di tab baru) seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. Semakin aktif dan terlihat Anda di situs seperti ini, semakin besar peluang Anda untuk ditemukan oleh calon klien.

Jangan berhemat pada kontrak

Ketika Anda seorang pekerja lepas berpengalaman atau bahkan pekerja lepas baru yang berurusan dengan orang yang Anda kenal secara pribadi, Anda mungkin tergoda untuk melewatkan legalitas – terutama jika Anda lebih menyukai lingkungan kerja informal yang serba cepat.

Namun, jangan menyerah pada godaan. Anda harus memastikan bahwa semua pekerjaan Anda menggunakan kontrak yang tepat sehingga ada kebingungan tentang tingkat pembayaran, pekerjaan yang diminta untuk Anda lakukan, dan proses yang harus diikuti semua orang jika ada masalah atau keluhan. Tidak ada yang menginginkan pekerjaan lepas yang salah, tetapi kontrak akan melindungi Anda jika yang terburuk terjadi.

Mengandalkan referensi

Sebagai pekerja lepas, Anda mungkin bekerja di rumah, sendiri, tetapi tidak ada pekerja lepas yang beroperasi dalam ruang hampa. Jika klien senang dengan pekerjaan Anda, dekati mereka dan tanyakan dengan sopan apakah mereka akan merujuk Anda ke orang lain yang mungkin membutuhkan layanan Anda.

Selain meminta referensi dan mendapatkan manfaat dari bisnis dari mulut ke mulut yang dapat mereka bawa, Anda harus meminta klien untuk memberi Anda ulasan untuk situs web atau halaman media sosial Anda. Mungkin terasa canggung untuk meminta bantuan ini kepada orang-orang, tetapi mereka sangat penting untuk pertumbuhan bisnis.

Bersiaplah untuk penolakan

Bahkan pekerja lepas terbaik pun tidak selalu memiliki jalannya sendiri – tidak peduli seberapa bagus proyek Anda tidak berjalan dengan baik, anggaran dipotong dan orang-orang tidak kembali untuk bisnis yang berulang, dan semua itu bukan salah Anda.

Hal semacam ini tidak dapat dihindari oleh freelancer mana pun, jadi ada baiknya mengembangkan kulit yang tebal untuk menghadapi kekecewaan dan penolakan yang tak terhindarkan. Sangat mudah untuk meragukan diri sendiri, tetapi jika Anda pandai dalam pekerjaan Anda, setiap proyek yang gagal akan sebanding dengan banyak skenario yang berhasil. Ini adalah hubungan klise, tetapi sebagian besar waktu itu bukan Anda, itu mereka – dan setiap freelancer yang baik akan mengingatnya.

Percayai jadwal Anda sendiri

Jika Anda memiliki pekerjaan kantoran maka Anda mungkin terbiasa bekerja dari jam sembilan sampai jam lima, tetapi jika Anda pekerja lepas (buka di tab baru), Anda tidak harus bekerja sampai jam tersebut.

Alih-alih, menjadi terbiasa dengan cara Anda bekerja paling baik dan membentuk kehidupan kerja Anda di sekitar itu. Jika Anda paling produktif di pagi hari, sesuaikan hari kerja Anda di sekitar periode tersebut – dan jangan takut untuk bekerja larut malam jika saat itulah Anda dalam kondisi terbaik.

Jangan terisolasi

Bagi kebanyakan orang, kehidupan lepas akan melibatkan bekerja sendiri, tetapi pastikan Anda juga menjaga hubungan sosial dengan orang-orang. Apa pun industri Anda, Anda akan menemukan grup pendukung di jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn – dan banyak yang akan memiliki halaman khusus untuk diskusi lepas.

Ada baiknya juga menghadiri acara jaringan bisnis lokal (terbuka di tab baru), atau membayar untuk menggunakan ruang kerja bersama jika Anda menyukai interaksi manusia dalam kehidupan sehari-hari Anda. Melakukan gerakan ini tidak serta merta hanya memberi Anda kontak manusia yang sangat dibutuhkan – Anda dapat membuat koneksi yang akan menghasilkan lebih banyak pekerjaan di masa depan.

Jangan berhenti belajar

Anda dapat meluncurkan karir lepas Anda dengan otak yang penuh keahlian dan Anda mungkin sudah memiliki sebagian besar kompetensi utama yang dibutuhkan pekerjaan Anda, tetapi tidak ada industri yang diam – dan Anda hanya akan mempertahankan kesuksesan Anda jika Anda terus mengikuti perkembangan dan cara kerja yang segar.

Apa pun industrinya, Anda akan dapat mengikuti kelas online untuk mempelajari lebih lanjut tentang area baru, atau aspek pekerjaan di mana Anda tidak sekuat itu. Pertimbangkan juga kelas tatap muka, dan sertifikasi profesional.

Pada akhirnya, lepas itu kompetitif, dan jika Anda tidak bertahan di ujung tajam industri Anda, Anda akan berjuang untuk bersaing dengan orang-orang yang melakukannya. Jangan pernah berhenti belajar untuk memastikan bahwa Anda dan rekening bank Anda sama-sama merasakan manfaatnya.

Tetap pro-aktif

Jika Anda ingin membangun karier lepas yang sukses, Anda tidak bisa malu – online atau tatap muka.

Di internet, Anda harus memamerkan portofolio dan keterampilan Anda, dan Anda mungkin sering harus menawar pekerjaan atau menggunakan media sosial untuk membangun merek Anda. Secara langsung, jika Anda cukup ramah untuk membuat koneksi di grup lokal atau acara jejaring, koneksi tersebut dapat menghasilkan lebih banyak pekerjaan.

Menjadi ramah dan pro-aktif tidak diragukan lagi akan canggung bagi banyak orang, terutama jika Anda lebih suka kehidupan menyendiri sebagai pekerja lepas. Tetapi Anda harus keluar dari kotak Anda jika Anda ingin sukses – dan, paling tidak, Anda harus memalsukannya sampai Anda berhasil.

Cara bekerja dari rumah: semua yang Anda butuhkan untuk kerja jarak jauh. Baca juga artikel lainnya di smarteknologi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image