Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fadiyah Miftakhul

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom Yogyakarta Gelar Sosialisasi Pengolahan Kopi dan Teh di Desa Turgo

Edukasi | Wednesday, 13 Jul 2022, 14:52 WIB

Sejumlah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom Yogyakarta angkatan 2019 gelar sosialisasi pengolahan produk teh dan kopi di Desa Turgo pada Senin (4/7/2022), kegiatan tersebut merupakan puncak acara dari serangkaian Proyek Komunikasi yang dimulai dari tanggal 28 Mei 2022.

Sosialisasi dengan tajuk “Pemaksimalan Produk UMKM Dusun Turgo dan Pemberian Sarana Pemasaran” dihadiri oleh narasumber Muhammad Samsi Yancik selaku Assesor Barista BNSP serta seluruh petani kopi dan teh Desa Turgo, kegiatan ini merupakan inisiatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom karena melihat besarnya potensi yang ada baik dari segi wisata alam hingga produk UMKM nya.

Zyrka Rizkya selaku koordinator Proyek Komunikasi Desa Turgo, mengatakan sosialisasi pengolahan kopi dan teh ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya petani dalam mengolah kopi dan teh supaya memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat di Desa Turgo dapat meningkat.

Zyrka berharap, sosialisasi pengolahan kopi dan teh ini didukung oleh seluruh masyarakat “Diperlukan kerja sama serta sinergitas masyarakat dalam pengolahan hingga pemasaran produk ini, sehingga produk UMKM Desa Turgo dapat bersaing dengan kopi dan teh dari daerah lain.”

Sawitri selaku petani serta pemilik produk Merapi Volcano Coffee mengakui bahwa petani kopi dan teh di Desa Turgo masih terbatas dalam pengolahan produk sekaligus memasarkannya, “Petani kopi dan teh di Turgo hanya berani menjual ceri saja, karena masih terbatas pengetahuan dan alat untuk mengolah kopi hingga tahap biji siap olah. Selain itu, kami juga terkendala dalam pemasarannya sehingga produk kami dijual dengan harga murah.”

Tim Mahasiswa Ilmu Komunikasi turut membantu pemasaran produk UMKM dengan pembuatan packaging yang menarik, dengan begitu harga jualnya dapat meningkat sekaligus media beriklan Desa Wisata Turgo.

Acara sosialisasi pengolahan kopi dan teh ini sekaligus menutup kegiatan Proyek Komunikasi yang diadakan di Desa Turgo, meski berlangsung singkat. Tim Mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom telah mempersiapkan strategi pemasaran agar masyakarat dapat melanjutkan secara mandiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image