Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gendon Latuperisa

Begini Cara Kerja AC Mendinginkan Setiap Ruangan

Eduaksi | Tuesday, 12 Jul 2022, 16:05 WIB

Pendingin udara datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi semuanya beroperasi pada premis dasar yang sama. AC menyediakan udara dingin di dalam rumah atau ruang tertutup Anda dengan benar-benar menghilangkan panas dan kelembaban dari udara dalam ruangan.

Hal ini mengembalikan udara yang didinginkan ke dalam ruangan, dan mentransfer panas dan kelembaban yang tidak diinginkan ke luar. Sebuah AC atau sistem pendingin standar menggunakan bahan kimia khusus yang disebut refrigeran, dan memiliki tiga komponen mekanis utama:

kompresor

kondensor

kumparan evaporator

blower

zat pendingin kimia

Komponen-komponen ini bekerja sama untuk dengan cepat mengubah refrigeran dari gas menjadi cair dan kembali lagi. Kompresor menaikkan tekanan dan suhu gas pendingin dan mengirimkannya ke koil kondensor di mana ia diubah menjadi cairan. Kemudian refrigeran kembali ke dalam ruangan dan masuk ke koil evaporator.

Di sini refrigeran cair menguap, dan mendinginkan koil dalam ruangan. Sebuah kipas meniupkan udara dalam ruangan melintasi coil evaporator dingin di mana panas di dalam rumah diserap ke dalam zat pendingin. Udara yang didinginkan kemudian disirkulasikan ke seluruh rumah sementara gas evaporasi yang dipanaskan dikirim kembali ke luar ke kompresor. Panas kemudian dilepaskan ke udara luar saat refrigeran kembali ke keadaan cair.Siklus ini berlanjut sampai rumah Anda mencapai suhu yang diinginkan.

sebagian besar unit AC sentral beroperasi dengan sistem split. Artinya, mereka terdiri dari sisi 'panas', atau unit kondensasi termasuk koil kondensasi, kompresor, dan kipas yang terletak di luar rumah Anda, dan sisi 'dingin' yang terletak di dalam rumah Anda.

Sisi dingin terdiri dari katup ekspansi dan kumparan dingin, dan biasanya merupakan bagian dari tungku Anda atau beberapa jenis penangan udara. Tungku meniup udara melalui coil evaporator, yang mendinginkan udara. Kemudian udara sejuk ini disalurkan ke seluruh rumah Anda melalui serangkaian saluran udara. Unit jendela beroperasi pada prinsip yang sama, satu-satunya perbedaan adalah bahwa sisi panas dan sisi dingin terletak di dalam unit rumah yang sama.

Baca Juga Informasi: Merk Ac Hemat Listrik Berbagai Ukuran Sesuai Kamar

Kompresor (yang dikendalikan oleh thermostat) adalah 'jantung' dari sistem. Kompresor bertindak sebagai pompa, menyebabkan refrigeran mengalir melalui sistem. Tugasnya adalah untuk menarik tekanan rendah, suhu rendah, refrigeran dalam keadaan gas dan dengan mengompresi gas ini, menaikkan tekanan dan suhu refrigeran. Gas bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi ini kemudian mengalir ke koil kondensor.

Baca Juga Informasi : Apa Itu Mesin Cuci Inverter Kelebihan dan kekurangannya

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman dasar tentang cara kerja AC, mari kita gali lebih dalam dan jelaskan seluruh prosesnya.

Termostat, yang biasanya dipasang di dinding di lokasi sentral di dalam rumah, memantau dan mengontrol suhu udara dalam ruangan. Proses pendinginan dimulai ketika termostat merasakan suhu udara perlu diturunkan dan mengirimkan sinyal ke komponen sistem pendingin udara baik di dalam maupun di luar rumah untuk mulai bekerja.

Kipas dari unit dalam-ruang menarik udara panas dari dalam rumah melalui saluran udara balik. Udara ini melewati filter tempat debu, serat, dan partikel udara lainnya dikumpulkan. Udara dalam ruangan yang hangat dan disaring kemudian melewati coil evaporator dingin. Saat refrigeran cair di dalam coil evaporator berubah menjadi gas, panas dari udara dalam ruangan diserap ke dalam refrigeran, sehingga mendinginkan udara saat melewati koil.

Gas refrigerant meninggalkan rumah melalui tabung tembaga dan masuk ke kompresor di unit AC di luar. Pikirkan kompresor sebagai pompa listrik besar. Kompresor menekan gas refrigerant dan mengirimkan refrigeran ke koil kondensor unit outdoor.

Kipas besar menarik udara luar melalui koil kondensor, memungkinkan udara menyerap energi panas dari rumah dan melepaskannya ke luar. Selama proses ini, refrigeran diubah kembali menjadi cairan. Kemudian berjalan melalui tabung tembaga kembali ke unit dalam ruangan di mana ia melewati perangkat ekspansi, yang mengatur aliran refrigeran ke koil evaporator. Refrigeran dingin kemudian menyerap lebih banyak panas dari udara dalam ruangan dan siklus berlanjut.

JENIS AC

Seperti yang Anda lihat, mengajukan pertanyaan "bagaimana cara kerja AC" dapat menghasilkan penjelasan yang sangat sederhana atau sangat rumit. Sama halnya dengan mendeskripsikan jenis-jenis AC. Dan karena ruangan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran sistem pendingin udara perumahan juga tersedia dalam berbagai gaya dan konfigurasi yang sesuai. Ada tiga jenis utama:

AC split-system

AC kemasan

AC tanpa saluran

Masing-masing memiliki kegunaan khusus, tetapi mereka semua pada dasarnya melakukan hal yang sama membuatnya sejuk di dalam rumah Anda. Jenis sistem pendingin yang paling cocok untuk Anda bergantung pada lokasi geografis Anda, ukuran dan keterbatasan fisik rumah Anda, dan cara Anda menggunakannya.

PENDINGIN UDARA SISTEM TERPISAH

Sistem split menawarkan jawaban paling umum untuk pertanyaan, "apa itu AC sentral?" Sistem ini mencakup unit indoor dan unit outdoor. Unit dalam ruangan, biasanya tungku atau koil kipas, termasuk koil evaporator dan kipas peniup (penangan udara) yang mensirkulasikan udara ke seluruh rumah. Unit outdoor memegang kompresor dan koil kondensor.

Pendingin udara sistem split menyediakan berbagai pilihan, termasuk sistem satu tahap dasar, sistem dua tahap yang lebih tenang dan lebih efisien, dan sistem multi-tahap yang paling tenang dan paling hemat energi. AC sistem split menawarkan kontrol suhu yang konsisten dan andal ke seluruh rumah. Dan, karena sistem ini menggunakan filter di pengendali udara dalam ruangan, sistem ini dapat membersihkan udara Anda saat didinginkan.

PENDINGIN UDARA DALAM KEMASAN

Sistem paket adalah solusi all-in-one, sistem yang dikemas berisi koil evaporator, kipas blower, kompresor, dan koil kondensasi semuanya dalam satu unit. Mereka bekerja dengan baik ketika tidak ada cukup ruang di loteng atau lemari untuk unit indoor AC split-system.

Mereka juga merupakan pilihan yang baik di area di mana instalasi atap lebih disukai. Seperti sistem split, sistem paket menarik udara hangat dari rumah, melalui saluran udara balik, ke bagian koil evaporator. Udara melewati koil evaporator dan udara yang lebih dingin kembali ke rumah melalui saluran pasokan udara. Dan, seperti halnya sistem split, panas yang tidak diinginkan dilepaskan ke luar melalui koil kondensor.

Sistem yang dikemas juga menawarkan berbagai pilihan untuk memberikan efisiensi energi yang lebih baik. Mereka tersedia dalam sistem dua tahap dan sistem satu tahap. Model efisiensi yang lebih tinggi termasuk kipas blower multi-kecepatan. Di Amerika Serikat, sistem paket paling umum di wilayah selatan dan barat daya negara itu.

PENDINGIN UDARA TANPA SALURAN

Sistem tanpa saluran tidak dianggap sebagai sistem udara sentral karena memberikan pendinginan ke area tertentu yang ditargetkan di dalam rumah. Mereka membutuhkan instalasi yang kurang invasif karena, seperti namanya, mereka tidak bergantung pada saluran untuk mendistribusikan udara dingin.

Seperti sistem split, sistem ductless termasuk unit luar ruangan dan setidaknya satu unit dalam ruangan, dihubungkan oleh pipa pendingin tembaga. Dalam sistem tanpa saluran, setiap unit dalam ruangan dirancang untuk menyediakan udara sejuk hanya untuk ruangan tempat unit tersebut dipasang.

Unit indoor dapat dipasang di dinding, di langit-langit, atau di lantai. Beberapa sistem tanpa saluran dapat mencakup beberapa unit dalam ruangan yang terhubung ke satu unit luar ruangan. Terlepas dari jumlah unit dalam ruangan, pengoperasiannya mirip dengan sistem split. Unit indoor berisi coil evaporator dan kipas blower untuk menarik udara hangat dari ruangan, melintasi coil evaporator yang dingin, lalu kembalikan udara yang lebih dingin ke dalam ruangan.

Refrigeran mengalir melalui pipa tembaga ke unit luar tempat koil kompresor dan kondensor berada. Panas dari dalam dilepaskan melalui koil kondensor luar. Refrigeran kembali ke unit dalam-ruang, dan siklus berlanjut.

Sistem fleksibel ini memberikan kenyamanan yang tepat di area dimana unit dalam ruangan ditempatkan. Mereka juga bertindak seperti sistem zonasi dengan menawarkan kontrol suhu individu atas setiap ruangan yang terpisah.

Misalnya, jika Anda menginginkan kantor rumah yang lebih sejuk tetapi kamar tidur yang lebih hangat, pasang unit tanpa saluran di setiap ruangan. Sekarang Anda dapat mengatur suhu yang berbeda di setiap ruangan tergantung pada kebutuhan kenyamanan Anda.

Terlepas dari jenis sistem mana yang berfungsi untuk rumah atau properti Anda, mengetahui jawaban untuk “bagaimana cara kerja AC?” dapat membantu Anda memilih sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image